Beranda Otomotif Yamaha Klaim Aplikasi Y-Connect Bawa Banyak Kemudahan Buat Para Rider

Yamaha Klaim Aplikasi Y-Connect Bawa Banyak Kemudahan Buat Para Rider

2
0
Yamaha Klaim Aplikasi Y-Connect Bawa Banyak Kemudahan Buat Para Rider

Royyan.net – Peluncuran All New Yamaha Nmax 155 Connected/ABS pada Desember 2019 lalu turut dibarengi dengan hadirnya aplikasi Y-Connect. Aplikasi tersebut dapat menghubungkan antara motor dengan smartphone pengendara melalui teknologi Communication Control Unit (CCU).

Ini merupakan teknologi pertama pada motor buatan Indonesia yang dapat membantu pengguna All New Nmax 155 Connected/ABS dalam mendapatkan banyak informasi seputar kondisi sepeda motor dan data berkendara. Beragam layanan fitur pada aplikasi Y-Connect diklaim Yamaha dapat memberikan pengalaman yang mendukung kehidupan sehari-hari konsumen khususnya para riders yang sehari-hari beraktivitas dengan tunggangan mereka.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Agung Nugroho, salah satu rider All New Nmax 155 Connected/ABS yang juga anggota dari komunitas Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI). Pria yang hobi melakukan touring ini mengaku memiliki pengalaman terkait penggunaan aplikasi Y-Connect yang sangat membantunya ketika sedang melakukan riding bersama rekan-rekan komunitas.

“Waktu itu saya sempat terpisah dari rombongan ketika sedang touring, dan saya gak sadar. Nah, untungnya handphone sudah terkoneksi dengan Y-Connect jadi tahu ada notif telepon masuk di dashboard speedometer. Saya langsung minggir berhenti untuk angkat telfon, dan ternyata itu teman saya. Dia minta saya untuk pelan menunggu rombongan yang dibelakang.” Jelas pria yang berprofesi sebagai pegawai swasta tersebut.

Tidak hanya itu, Agung juga mengatakan dengan aplikasi Y-Connect dirinya bisa memantau konsumsi bahan bakar selama perjalanan touring.

“Satu fitur lain yang menurut saya oke itu adalah fuel consumption. Jadi, pas touring bisa kepantau terus tuh konsumsi bahan bakarnya seperti apa. Kalo mau main irit pun kita punya patokan (ukuran) dengan melihat di aplikasi, jadi tinggal menyesuaikan gaya ridingnya (cara berkendara) saja,” tambahnya.

Selain dapat memberikan notifikasi telepon dan pesan masuk serta mengecek konsumsi bahan bakar, aplikasi Y-Connect juga dilengkapi dengan fitur fungsional lainnya seperti informasi lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan yang menunjukan kondisi baterai atau aki dan oli, notifikasi malfungsi sampai dengan fitur Revs Dashboard yang menarik bagi pengguna.

Adapun cara menghubungkan smartphone dengan Y-Connect pada perangkat CCU cukuplah mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang mudah. Pertama, cukup download dan login aplikasi Y-Connect, kemudian scan QR Code pada Quick Start Y-Connect dan download aplikasi Y-Connect, install aplikasi Y-Connect di smartphone dan buka aplikasi Y-Connect dan login dengan menggunakan alamat email.

Aplikasi Y-Connect Yamaha diklaim bawa banyak kemudahan buat para rider. (Yamaha)

Selanjutnya, saat mengkoneksikan smartphone dengan perangkat CCU di unit motor dengan koneksi bluetooth. Terdapat tiga cara yang bisa dipilih yaitu scan QR Code pada perangkat CCU di unit motor yang berada dekat dengan aki dan lakukan koneksinya, scan barcode nomor rangka unit motor (pada motor baru biasanya barcode menempel pada plastik jok) dan lakukan koneksinya serta masukan nomor rangka unit motor secara manual.

Kemudian hidupkan unit motor dengan memutar main switch (knob) ke posisi ‘On’ lalu perangkat CCU akan mulai mencari koneksi dengan Smartphone-ID anda. Setelah itu, Smartphone-ID akan terkoneksi di perangkat CCU dan keduanya akan saling terhubung. Ditandai dengan munculnya indikator Y-Connect App dan baterai smartphone pada tampilan layar Multifunction-Meter di unit motor.

Aplikasi Y-Connect saat ini sudah dapat di download di platform Android maupun iOS melalui Play Store dan App Store. Namun sayangnya, aplikasi ini baru bisa dimanfaatkan hanya terbatas pada motor-motor Yamaha tertentu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini