Beranda Gadget Yakin Teknologi Hologram Diadopsi di 2030, Samsung Siapkan Jaringan 6G

Yakin Teknologi Hologram Diadopsi di 2030, Samsung Siapkan Jaringan 6G

2
0
Yakin Teknologi Hologram Diadopsi di 2030, Samsung Siapkan Jaringan 6G

Royyan.net – Perusahaan telekomunikasi di seluruh dunia saat ini sedang bekerja keras untuk menerapkan konektivitas 5G dalam kehidupan sehari-hari. Meski belum secara merata diadopsi, tampaknya beberapa sudah bekerja di jaringan 6G di masa depan.

Beberapa konsorsium perusahaan teknologi dan akademisi malah diketahui sudah ancang-ancang mempersiapkan teknologi jaringan seluler generasi ke enam (6G) itu. Samsung dikabarkan juga mempersiapkan hal serupa.

Menurut Samsung, komersialisasi 6G yang paling awal bisa dilakukan paling awal 2028. Sedangkan komersialisasi massal dapat terjadi pada 2030. Perusahaan Korea Selatan (Korsel) itu mengatakan manusia dan mesin akan menggunakan 6G, dan akan membawa XR, hologram mobile, dan replika digital ke level berikutnya.

Kepala Pusat Penelitian Komunikasi Tingkat Lanjut Samsung Sunghyun Choi  mengatakan, timnya telah meluncurkan tim riset dan pengembangan teknologi 6G dan berkomitmen untuk memimpin standardisasi 6G bekerja sama dengan para pemangku kepentingan lintas industri, akademisi, dan bidang pemerintahan.

Ada tiga kategori persyaratan yang ditandai oleh Samsung sebagai rintangan menuju masa depan 6G yakni persyaratan kinerja, arsitektur, dan kepercayaan. Agar 6G dapat bekerja dengan mudah, harus menyediakan kecepatan data puncak 1000 Gbps (50 kali lebih cepat dari 5G), dengan latensi udara kurang dari 100 mikrodetik (sepersepuluh latensi 5G).

Masa depan 6G juga berarti termasuk pita frekuensi terahertz (THz), solusi antena baru, teknologi dupleks canggih, topologi jaringan yang lebih baik, dan penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam komunikasi nirkabel, yang semuanya perlu dikembangkan dari awal.

Jelas, masa depan 6G masih dalam fase teoretis tetapi melihat sudah ada perusahaan yang mengerjakannya berarti sudah selangkah lebih dekat. Jika teknologi ini akan membuat kehidupan kita sehari-hari lebih baik, maka kita harus menerima dan merangkulnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini