Beranda Otomotif Wujud Nissan Z Proto Akhirnya Terkuak, Gabungkan Gaya Retro Modern

Wujud Nissan Z Proto Akhirnya Terkuak, Gabungkan Gaya Retro Modern

1
0
Wujud Nissan Z Proto Akhirnya Terkuak, Gabungkan Gaya Retro Modern

Royyan.net – Nissan 370Z diperkenalkan lebih dari satu dekade yang lalu dan sudah melewati masa jayanya. Nissan kini bersiap atas penerus mobil Z-nya yang ikonik, mereka akhirnya memberikan pratinjau model generasi berikutnya dengan Z Proto yang terinspirasi dari gaya retro dan berpadu dengan style modern.

Disebut sebagai “mobil sport yang benar-benar modern” yang tetap menjaga warisan Z selama 50 tahun. Z Proto menampilkan eksterior berwarna pearlescent kuning cerah yang mirip dengan yang digunakan pada mobil sport aslinya. Aspek pewarnaan bukan satu-satunya sentuhan retro, ada juga area kap mesin yang mencerminkan wujud asli dari Nissan Z selama bertahun-tahun yang khas dengan bentuk memanjang ala roadster.

Masih di bagian depan, ada wujud lampu depan LED berbentuk tetesan air mata. Bentuk ini mengingatkan kita pada bentuk mobil JDM 240ZG tahun 1970-an silam. Oh iya, kami tegaskan sekali lagi, wujud desain Nissan Z Proto yang diungkap ini resmi.

Ilustrasi: Nissan Z Proto akhirnya diungkap. (Nissan).

Beralih ke area kisi-kisi atau grill bagian depan, bentuknya tampak unik dengan pola persegi panjang. Lagi-lagi, ini mengingatkan kita pada model sebelumnya atau khas pada mobil Nissan Z dan kini desainer menambahkan sirip yang semakin mengingatkan pada bentuk masa lalu.

Begitu juga dengan garis atap dan rumah kaca yang digunakan pada mobil Z klasik. Bagian belakangnya sedikit lebih modern karena terinspirasi dari 300ZX dan menampilkan lampu belakang khas yang telah “ditafsirkan ulang untuk dunia modern”. Mereka dibingkai oleh surround hitam dan Nissan mengatakan ini memberi lampu kesan kilau yang tajam

Di tempat lain, desainer memasang velg 19 inci dan sistem knalpot ganda. Ada juga sejumlah komponen serat karbon termasuk splitter depan, kelambu belakang, dan side skirts. Menurut kepala desain Nissan, Alfonso Albaisa, desainer Nissan membuat studi dan sketsa yang tak terhitung jumlahnya saat meneliti setiap generasi dan apa yang harus mereka lakukan pada Nissan Z baru ini.

“Pada akhirnya, kami memutuskan Z Proto harus melakukan perjalanan antar dekade, termasuk masa depan,” ungkapnya dilansir via Carscoops.

Ilustrasi: Nissan Z Proto akhirnya diungkap. (Nissan).

Dalam hal ukuran, Z Proto memiliki dimensi panjang 172,5 inci (4.382 mm), lebar 72,8 inci (1.849 mm), dan tinggi 51,6 inci (1.311 mm). Ini membuat model 5 inci lebih panjang, 0,2 inci (5 mm) lebih lebar dan 0,2 inci (5 mm) lebih pendek dari 370Z terdahulu.

Eksteriornya bernuansa retro, namun kabinnya benar-benar modern karena dilengkapi dengan cluster instrumen digital 12,3 inci dan sistem infotainment modern. Pengemudi juga akan menemukan roda kemudi atau setir celong, aksen kuning, dan area speedometer dan panel instrumen yang familiar.

Selain mengungkapkan wujud mobil tersebut, perusahaan tidak membahas terlalu banyak detail tetapi mengatakan mereka “mencari saran dari legenda motorsports profesional untuk memberi Z Proto kabin mobil sport yang ideal, baik untuk jalan raya maupun lintasan.” Sebagai bagian dari upaya ini, tim membuat kontrol dan informasi utama yang siap diakses oleh pengemudi.

Perusahaan juga mengonfirmasi bahwa mobil tersebut akan didukung oleh mesin V6 twin-turbo yang terhubung ke transmisi manual enam kecepatan. Nissan belum siap untuk berbicara tentang angka, tetapi menunjukkan bahwa setiap Z baru memiliki kekuatan lebih dari pendahulunya.

Mesin tersebut diharapkan akan dipinjam dari Infiniti Q60 Red Sport 400 dan ini berarti kita dapat mengharapkan output sekitar 400 hp (298 kW / 406 PS) dan torsi 350 lb-ft (474 ​​Nm). Ini akan menjadi lompatan yang signifikan karena 370Z saat ini memiliki mesin V6 3,7 liter dengan 332 hp (248 kW / 337 PS) dan torsi 270 lb-ft (366 Nm).

Nissan tetap bungkam tentang spesifikasi lainnya, tetapi kepala spesialis produk Z Proto Hiroshi Tamura mengatakan, Z baru harus lebih dari sekadar bertenaga dan gesit. “Ini dirancang untuk menciptakan koneksi dengan pengemudi, agar mobil menjadi ‘pasangan dansa’ untuk petualangan di jalan mereka,” sebut Tamura.

Perusahaan tidak mengatakan kapan model produksi akan tiba, tetapi mencatat “Z Proto adalah salah satu dari 10 kendaraan baru yang ditampilkan Nissan untuk Amerika Serikat (AS) dalam 20 bulan ke depan, bersama dengan produk terlaris seperti Sentra dan Rogue, dan model baru yang inovatif seperti crossover Ariya yang serba listrik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini