Beranda Aplikasi WhatsApp Bakal Bisa Digunakan pada Banyak Perangkat

WhatsApp Bakal Bisa Digunakan pada Banyak Perangkat

1
0
WhatsApp Bisa Digunakan Lebih dari Satu Perangkat dengan Satu Akun

Royyan.net – Salah satu masalah terbesar dalam menjaga semua obrolan di WhatsApp adalah sangat sulit untuk berpindah antarperangkat dengan mulus. Tidak seperti iMessage, Facebook Messenger, atau hampir semua layanan olah pesan lainnya, berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain atau menggunakannya secara bersamaan di banyak perangkat tidak bisa dilakukan di WhatsApp.

Sementara WhatsApp memang menawarkan aplikasi desktop, ini pada dasarnya hanya portal pesan online yang dibungkus dengan jendela aplikasi Windows 10 atau macOS. Pengguna bahkan perlu memindai kode QR dari ponsel cerdas secara berkala untuk memastikan tetap masuk dan dapat mengirim atau menerima pesan. Dan jika berpikir untuk membuat atau menerima panggilan video dari PC, lupakan saja.

Semua kebiasaan layanan perpesanan milik Facebook ini adalah karena akun WhatsApp terikat dengan nomor telepon pengguna. Dan menggunakan layanan pada perangkat tanpa kartu SIM terpasang seperti laptop, PC desktop, atau tablet menjadi tidak mungkin.

Tapi itu akhirnya bisa berubah. WhatsApp dilaporkan sedang mencari cara agar akun dapat masuk dan digunakan pada banyak perangkat secara bersamaan. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi membutuhkan beberapa perubahan mendasar pada aplikasi obrolan.

Saat menerima panggilan VoIP, haruskah setiap perangkat yang masuk dengan akun WhatsApp atau hanya perangkat yang memiliki kartu SIM? Haruskah pembaruan status “Online Terakhir” mencerminkan kapan online terakhir dengan satu perangkat, atau ketika menggunakan salah satu gadget dengan aplikasi WhatsApp diinstal?

Menurut kode yang digali oleh @WABetaInfo, akun Twitter yang menelusuri kode beta untuk menemukan petunjuk tentang fitur yang akan datang, WhatsApp akan segera mengirimkan pemberitahuan kapan akun digunakan di perangkat lain. Ini kemungkinan akan bertindak sebagai keamanan untuk memastikan seseorang tidak mengirim pesan teks dari akun di perangkat lain tanpa sepengetahuan pengguna.

Penting untuk diingat bahwa fitur ini sedang dalam tahap pengembangan. Jadi, WahatsApp mungkin tidak akan meluncurkan pembaruan tersebut dalam waktu dekat.

Pengguna WhatsApp akan dapat mengambil panggilan, menerima panggilan video dan mengirim gambar saat bergerak antara iPhone, handset Android, iPad dan Windows 10 atau PC macOS dalam waktu bersamaan. Selain itu, bisa jadi WhatsApp bakal segera merilis sebuah aplikasi khusus untuk iPad.

Pasalnya saat ini, satu-satunya cara menggunakan WhatsApp di iPad adalah dengan menggunakan bersamaan dengan iPhone dan meluncurkan layanan WhatsApp di browser, seperti WhatsApp Web.

Sebagai informasi juga, saat ini aplikasi pesan terpopuler di dunia ini hanya mengizinkan pengguna untuk login satu akun di satu perangkat saja. Jika pengguna melakukan login di smartphone lain, secara otomatis akun di smartphone lama akan terputus. Kehadiran fitur multiperangkat ini jelas sudah ditunggu-tunggu oleh para pengguna WhatsApp.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini