Beranda Otomotif Tips Klaim Asuransi Kendaraan dengan Mudah

Tips Klaim Asuransi Kendaraan dengan Mudah

2
0
Jawapos

Royyan.net – Dampak pandemi Covid-19 pada sektor otomotif lambat laun mulai berkurang. Hal ini terlihat dari penjualan mobil mulai Juli atau awal semester kedua 2020 mengalami peningkatan 100,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), peningkatan tajam itu dari 12.623 unit pada Juni, menjadi 25.283 pada Juli 2020. Rismauli Silaban, Chief Technical Officer PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance), mengatakan, hal ini tentunya berdampak positif pada industri asuransi umum.

“Pertumbuhan asuransi mobil memang berkaitan erat dengan pergerakan penjualan mobil di Indonesia, karena kontribusi terbesar asuransi mobil masih berasal dari lini bisnis Multifinance atau leasing,” ujarnya yang karib disapa Uli itu di acara Ngobrol Virtual Dulu (Ngovid) dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) Indonesia pada Rabu (12/10).

Dia melanjutkan, pandemi rupanya telah mengubah kebiasaan banyak orang. Contohnya, dengan imbauan jaga jarak fisik (physical distancing), banyak masyarakat kini memilih untuk berkendara pribadi.

“Selain itu, masyarakat juga semakin menyadari pentingnya proteksi, menurut riset dari Universitas Temple di Amerika Serikat, sekitar 58 persen warga AS berpikir bahwa asuransi jadi penting di era pandemi ini. Hal ini membuat kami semakin optimis akan pertumbuhan bisnis asuransi mobil,” ungkap Uli.

Melihat tren tersebut, Adira Insurance juga berinovasi untuk meningkatkan bisnis asuransi mobil yang terimbas pandemi Covid-19. Digitalisasi dikatakan adalah cara terbaik untuk tetap berkembang saat ini.

“Kami bekerja sama dengan Traveloka Protect untuk memberikan perlindungan mudah untuk mobil Anda. Tidak hanya itu, pelaporan klaim asuransi mobil pun juga bisa dilakukan dari rumah dengan aplikasi Autocillin Mobile Claim (AMC),” tambah Uli.

Pelanggan Adira Insurance dapat melakukan pengajuan klaim dari rumah. Pelanggan cukup mengisi kelengkapan data di AMC, upload foto-foto kerusakan mobil yang ingin diklaim, pilih tanggal dan jam kendaraan masuk bengkel, setelah itu Adira Insurance akan menghubungi Pelanggan.

Disebutkannya, bahkan AMC telah terhubung langsung dengan Autocillin Garage, bengkel rekanan yang telah terstandarisasi sehingga Pelanggan merasakan pengalaman yang sama saat ke Adira Insurance. Pelanggan disebut tidak perlu khawatir akan kebersihan dari bengkel rekanan Adira Insurance.

Uli pun memberikan tips agar klaim asuransi mobil dapat diterima oleh pihak asuransi antara lain:

Pertama, pelanggan harus menghindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis seperti telat melapor klaim dari batas waktu pelaporan. Kemudian, pengemudi tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis, klaim yang dilaporkan termasuk dalam klausula pengecualian dalam polis.

Selanjutnya, dia menyebut buat para pemegang polis asuransi kendaraan untuk melengkapi dokumen klaim, seperti formulir klaim yang telah diisi, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian.

Kendaraan milik tertanggung tidak digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum juga mempengaruhi cairnya klaim atau tidak. Jika Anda mengalami kecelakaan, jangan lupa memberikan bukti dengan mendokumentasikan terlebih dahulu keadaan kendaraan Anda pasca kecelakaan dan memahami penyebab kecelakaan yang ditanggung sebelum mengajukan klaim secara langsung.

Perhatikan terkait wilayah pertanggungan apakah sesuai dengan isi polis. Jangan membuat kerusakan yang disengaja oleh tertanggung. Pahami polis Anda, baca dan pelajari dengan jelas polis-polis yang diberikan pihak asuransi, terutama klaim yang dijamin dalam polis atau termasuk dalam klausul pengecualian dalam polis

“Adira Insurance selalu berkomitmen menjalankan kewajibannya agar seluruh fasilitas pengajuan klaim dapat tingkatkan lagi kualitasnya untuk memberikan memuaskan,” tutup Uli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini