Beranda Gadget Teknologi Ini Bikin Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra Kian Canggih

Teknologi Ini Bikin Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra Kian Canggih

3
0
Teknologi Ini Bikin Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra Kian Canggih

Royyan.net – Persaingan kamera di segmen smartphone kelas atas semakin menarik. Beberapa merek menawarkan fitur kamera mumpuni dengan megapiksel (MP) besar dan sensor yang canggih-canggih di dalamnya membuat konsumen mampu menjepret gambar bak fotografer profesional.

Salah satu yang menonjol di sektor kamera pada smartphone kelas atas tahun ini adalah Galaxy S20 Ultra. Betapa tidak, handset tersebut menawarkan besaran kamera 108 MP dan kemampuan zooming hingga 100 kali.

Terkait Samsung Galaxy S20 Ultra, handset ini sebelumnya sudah pernah diulas di Royyan.net. Namun masih ada yang mengganjal yakni teknologi di balik kameranya yang sangat mengagumkan sekaligus penasaran mengapa sebuah smartphone bisa menghasilkan gambar yang sedemikan imersif.

Lucky Sebastian, pemerhati sekaligus reviewer senior mengatakan bahwa yang membuat Galaxy S20 Ultra di sektor kamera bisa sangat menonjol adalah berkat adanya teknologi Nona-binning. Teknologi ini dijabarkan Lucky mampu membuat perangkat mengambil gambar resolusi tinggi yang lebih jernih.

“Dibandingkan dengan teknologi sensor sebelumnya yakni Tetracell, Nona-binning mampu menggabungkan lebih banyak piksel untuk mengambil gambar yang lebih jernih. Kalau Tetracell menggabungkan pixel (pixel binning) dengan susunan 2 x 2 yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan untuk bekerja sebagai satu piksel besar, nona-binning lebih banyak lagi,” ujar Lucky.

Teknologi sensor kamera Nonacell terbaru versus Tetracell sebelumnya. (Samsung).

Lucky melanjutkan, Nona-binning atau juga Nonacell adalah versi Tetracell yang disempurnakan dengan struktur piksel 3×3. Di dalam sensor HM1, Nonacell menggabungkan sembilan piksel berdekatan yang besarnya 0,8 mikron untuk menjadi sebuah piksel berukuran 2,4 mikron, dengan lebih dari dua kali lipat penyerapan cahaya milik Tetracell.

Kamera 108 MP yang digunakan pada Galaxy S20 Ultra sendiri menggunakan sensor ISOCELL Bright HM1 bikinan Samsung. Berbekal teknologi yang bisa meningkatkan spektrum cahaya mulai dari Nonacell dan Smart-ISO hingga HDR real-time, sensor ISOCELL Bright HM1 ini memungkinkan menghasilkan foto 108 MP yang lebih kaya cahaya dan lebih detail.

Tak hanya andal di sektor foto, kamera 108 MP dengan sensor ISOCELL Bright HM1 pada S20 Ultra juga memungkinkan pengguna mengambil gambar video yang tak kalah memukau. Teknologi ini bahkan diamini juga oleh sutradara kondang Joko Anwar yang memuji kualitas kamera video Samsung S20 Ultra. Betapa tidak, perangkat ini mampu membuat video beresolusi 8K dengan 24 frame per detik (fps) yang tak dimiliki kompetitornya.

Hasil jepretan dalam berbagai kondisi pencahayaan bisa langsung dilihat hasilnya oleh pengguna. Menggunakan sensor kamera ini dan dilengkapi dengan Nonacell dengan beberapa teknologi piksel canggih lainnya semisal teknologi Smart-ISO, menjepret gambar dalam berbagai situasi dan kondisi bisa sangat mudah dan tidak repot.

Hasil jepretan Samsung Galaxy S20 Ultra. (RianAlfianto/Royyan.net).

Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki empat susunan kamera di bagian belakang. Ke semua kameranya terdiri dari ultra wide sensor 12 MP, sensor wide angle 108 MP, sensor telephoto 48 MP dan sensor DepthVision.

Senor kamera ISOCELL Bright HM1 juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pratinjau dan menangkap bidikan penuh dan close-up subjek hingga 3x zoom tanpa penurunan kualitas atau loseless zoom.

Ini dimungkinkan oleh sensor yang secara langsung mengkonversi piksel menggunakan Image Processor (IP) perangkat keras tertanam, daripada mendelegasikan tugas ke prosesor seluler. Dengan 108 juta piksel, sensor ini juga dapat menghasilkan gambar hingga 3x zoom pada resolusi 12 MP dengan baik.

Pengalaman kami menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra, khususnya untuk sektor kamera, handset ini memang terbukti mumpuni. Siang dan malam hari, jepretan kamera Samsung Galaxy S20 Ultra bisa diacungi jempol.

Lihat pada gambar bunga yang kami jepret di bawah. Percaya atau tidak, gambar yang sedemikian jernih kami jepret saat malam hari di halaman rumah. Detail pada bunga matahari yang kami jepret seperti bisa dilihat menampilkan detail yang tajam. Gambar bunga lainnya yang berwarna ungu juga demikian, menggunakan mode malam, performa kamera S20 Ultra tak turun dan tak menampakan noise yang signifikan.

Hasil jepretan Samsung Galaxy S20 Ultra. (RianAlfianto/Royyan.net).

Hasil jepretan Samsung Galaxy S20 Ultra. (RianAlfianto/Royyan.net).

Pada siang hari apa lagi. Semua gambar yang kami bidik benar-benar tajam di semua sisi. Untuk kemampuan zoom-nya, seperti juga sudah kami ulas, perangkat Galaxy S20 untuk kemampuan zoomnya tak boleh diremehkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini