Beranda Otomotif Tampang Polos, Nggak Tahunya Jeep Grand Cherokee Ini Kebal Peluru

Tampang Polos, Nggak Tahunya Jeep Grand Cherokee Ini Kebal Peluru

3
0
Jawapos

Royyan.net – Sekilas tampang dari mobil Jeep Grand Cherokee ini tampak biasa saja. Namun jika ditelisik lebih jauh, tak ada yang mengira bahwa Jeep Grand Cherokee ini memiliki kekuatan layaknya tank lapis baja atau kendaraan taktis tahan peluru, yang biasa digunakan untuk berperang atau standar pengamanan tingkat tinggi.

Ini karena Jeep diketahui menjual versi lapis baja dari Grand Cherokee di Meksiko. Dan kini perusahaan tersebut sedang mencari pembeli yang mencari perlindungan SUV tersebut.

Pada 2 Oktober 2020, pembuat mobil itu juga telah mencapai tonggak sejarah dengan tercatat membangun 1.000 unit Jeep Grand Cherokee tahan peluru di Meksiko. Pelindung bodi untuk Grand Cherokee ini mencakup elemen seperti cover perimeter baja balistik yang melindungi bagian atas kendaraan.

Baca juga: Komunitas Offroad Evakuasi Jeep Wrangler yang Terjebak di Bukit

Kaca kendaraan hilang digantikan oleh banyak lapisan polivinil dengan ketebalan total 0,75 inci (19 milimeter). Ada banyak perubahan lain, seperti panel bawah anti granat, pelindung mesin, bala bantuan jendela dan rangka, suspensi yang diperkuat, dan ban run-flat anti pecah.

Grand Cherokee lapis baja Jeep mematuhi tingkat perlindungan NIJ-IIIA Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS). Untuk mencapai peringkat ini, pelindung balistik harus mampu menahan lima peluru 44 Magnum dari setidaknya laras 5,5 inci dan lima peluru dari senapan mesin ringan 9 milimeter dengan panjang laras setidaknya 9,5 inci.

Spesifikasi tersebut digambarkan cukup untuk menjaga dari kebanyakan ancaman senjata api. Jeep memproduksi Grand Cherokee ini di Pabrik Perakitan Jefferson North di Detroit. Mereka kemudian pergi ke Meksiko di mana SUV tersebut menjalani proses lapis baja.

Departemen Teknik FCA dan German Shields mengembangkan dan mensertifikasi perlindungan balistik. Harga untuk Jeep Grand Cherokee lapis baja di Meksiko ini ditawarkan mulai dari USD 86.514 atau berkisar Rp 1,2 miliaran lebih.

Di sisi dapur pacu, Grand Cherokee ini menggunakan mesin V8 5,7 liter yang menghasilkan 360 tenaga kuda (268 kilowatt) dan torsi 390 pound-feet (520 Newton-meter). Gearbox satu-satunya adalah otomatis delapan kecepatan dan menggunakan sistem Quadra-Trac II aktif, full-time 4×4, menunjukkan SUV ini harus tetap menjadi mobil off-road yang sangat berkelas.

Di dalam, terdapat fasilitas seperti layar infotainment 8,4 inci. Membuat pengemudi dan penumpang tetap nyaman, di area kabin juga tersedia pengatur suhu otomatis dual zone.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini