Beranda Otomotif Studi Ungkap Tingkat Risiko Akibat Kecelakaan Mobil Kecil Lebih Tinggi

Studi Ungkap Tingkat Risiko Akibat Kecelakaan Mobil Kecil Lebih Tinggi

2
0
Studi Ungkap Tingkat Risiko Akibat Kecelakaan Mobil Kecil Lebih Tinggi

Royyan.net – Sebuah studi baru-baru ini mengungkap bahwa risiko kematian atau tingkat fatalitas akibat kecelakaan mobil berukuran kecil masih lebih tinggi jika dibandingkan mobil berukuran lebih besar. Studi tersebut diungkapkan oleh Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya (IIHS) yang dikenal karena peringkat uji kecelakaan pada mobil-mobil yang akan dipasarkan di seluruh dunia.

Organisasi tersebut juga mengkompilasi data untuk penyelaman mendalam ke berbagai statistik terkait mengemudi. Setiap tiga tahun, IIHS melihat tingkat kematian dibandingkan dengan kendaraan terdaftar di jalan dan daftar terbaru menunjukkan bahwa mobil kecil ketika kecelakaan masih menyebabkan risiko korban jiwa lebih besar dibandingkan dengan kendaraan yang lebih besar.

Laporan tersebut memperhitungkan tingkat kematian pengemudi per tahun kendaraan terdaftar. Dalam hal ini, tahun kendaraan terdaftar mengacu pada mobil 2017 dan lebih lama dengan model yang lebih tua adalah generasi kendaraan yang sama dengan desain yang setara.

Sampel data untuk kematian mencakup tahun 2015 hingga 2018, yang merupakan data terbaru yang saat ini tersedia. Seperti halnya set data yang cukup besar, ada berbagai cara angka-angka dapat diartikan.

IIHS menjelaskan hal ini dalam laporan dan variabel seperti total jarak tempuh, lokasi kecelakaan, dan kecepatan sebagai beberapa faktor yang dapat memengaruhi hasil. Laporan itu menyimpulkan bahwa mobil subkompak (terdaftar sebagai mobil kecil dalam data) mengalami rata-rata 108 kematian per tahun kendaraan terdaftar untuk periode tiga tahun ini sementara mobil berukuran lebih besar dengan 52 kematian.

Laporan itu juga mencantumkan model-model spesifik dalam temuannya, dengan Ford Fiesta jauh melampaui mobil lain dengan 141 kematian pengemudi per tahun kendaraan terdaftar. Meski demikian, di sisi lain daftar tersebut juga menunjukkan bahwa tak semua mobil kecil memiliki risiko ‘membunuh’ yang tinggi. Volkswagen Golf yang jelas kecil juga tidak menunjukkan kematian pengemudi, menunjukkan tidak semua mobil kecil diciptakan sama.

Dalam data tersebut juga menunjukkan bahwa kendaraan yang lebih besar terutama yang memiliki sistem keselamatan aktif diinstal dapat menawarkan pengemudi kesempatan yang lebih baik untuk selamat dari kecelakaan. Beberapa mobil besar yang aman dan tidak memiliki record kematian saat terjadi kecelakaan antara lain Infiniti QX60, Porsche Cayenne, dan Mercedes-Benz C Class.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini