Beranda Aplikasi Simak Tips Aman Berbelanja Lewat Platform Online

Simak Tips Aman Berbelanja Lewat Platform Online

3
0
Simak Tips Aman Berbelanja Lewat Platform Online

Royyan.net – Tokopedia dilaporkan mengalami peretasan data pengguna. Sebelumnya dikabarkan 15 juta akun dan terbaru disebut 91 juta akun pengguna serta 7 juta akun merchant dilaporkan diumbar dan diperjualbelikan di darkweb.

Pelaku menjual data di darkweb berupa user ID, email, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor handphone, dan password yang masih ter-hash atau tersandi. Dilaporkan semua dijual dengan harga USD 5.000 atau sekitar Rp 74 juta. Bahkan ada 14.999.896 akun Tokopedia yang datanya saat ini bisa diunduh.

Munculnya isu peretasan dan kebocoran data di Tokopedia, membuat ketakutan di sebagian warga untuk berbelanja di marketplace, terutama yang menggunakan kartu kredit dan debit, juga dompet digital. Mereka khawatir datanya ikut diretas dan diperjualbelikan.

Terkait dengan hal tersebut, pakar keamanan siber Pratama Persadha menilai masyarakat tak perlu terlalu khawatir melakukan kegiatan berbelanja secara online baik lewat platform belanja online atau marketplace. Transaksi dikatakan bisa dilakukan seperti biasa namun perlu memperhatikan beberapa hal.

“Transaksi bisa dilakukan seperti biasa, namun memang minimal diperlukan penggantian password dan buat pasword setiap platform berbeda. Karena bila password email dan Tokopedia sama, kemungkinan terburuk email kita diambil alih dan semua akun-akun kita lumpuh, baik media sosial (medsos) maupun marketplace,” jelas Pratama kepada Royyan.net.

Tips yang bisa dilakukan untuk bertransaksi aman di internet adalah sebagai berikut:

1. Amankan akun dengan mengganti password secara rutin.

2. Jangan menggunakan kartu debit atau kredit secara langsung, gunakan dompet digital.

3. Aktifkan verifikasi dua langkah atau Two-factor authentication (2FA).

4. Jangan menggunakan WiFi publik atau gratisan.

5. Biasakan bertanya terlebih dahulu stok barang sebelum membeli dan jangan lupa melihat juga reputasi seller.

6. Pasang antivirus yang ter-update, untuk berjaga-jaga jika terdapat malware.

7. Bertransaksi hanya pada platform E-Commerce terpercaya.

8. Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun online kita, termasuk E-Commerce dan media sosial.

9. Jangan mengklik link asing secara sembarangan, ditakutkan adanya phising dan jangan membagikan kode OTP yang kita dapatkan kepada siapapun.

10. Bila tidak yakin dengan keamanan atau potensi peretasan atau tidak, bisa menggunakan link berikut. Hasil penelusuran juga menghasilkan data platform kita yang lain, yang berhasil diretas. https://monitor.firefox.com/?breach=Tokopedia

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini