Beranda Gadget Serunya Multitasking dengan Samsung Dex Baru di Galaxy Note 20 Series

Serunya Multitasking dengan Samsung Dex Baru di Galaxy Note 20 Series

2
0
Serunya Multitasking dengan Samsung Dex Baru di Galaxy Note 20 Series

Royyan.net – Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra secara resmi hadir di pasar tanah air. Seperti perangkat yang sudah-sudah, Note Series terkenal sebagai perangkat penunjang produktivitas dengan kehadiran pena stylus S Pen dan platform Samsung Dex.

Buat yang belum tahu atau kurang familiar, Samsung Dex adalah fitur yang disertakan pada beberapa perangkat genggam Samsung kelas atas, yang memungkinkan pengguna untuk memperluas perangkat mereka menjadi pengalaman seperti desktop. Pengguna bisa dengan mudah menghubungkan keyboard, mouse, dan monitor. Adapun nama ‘Dex’ sendiri adalah kependekan dari ‘Desktop eXperience’.

Nah, untuk Galaxy Note 20 Series baru kali ini, Samsung menyebut Dex telah diperbarui. Sejumlah fungsi dan alat penunjang produktivitas dikatakan telah ditingkatkan. Sehingga pengguna dapat semakin mudah menjalani kesehariannya yang multitasking.

Terkait dengan Samsung Dex di Galaxy Note 20 Series, Denny Galant, Head of Product, IT and Mobile Samsung Electronics Indonesia menjelaskan, perangkat ini memang dirancang khusus untuk memberikan Power To Work dan Power To Play dalam mendukung berbagai produktivitas pengguna. Tentunya dengan memikirkan kebutuhannya akan menikmati hiburan terdepan dari sebuah smartphone.

“Beragam kemungkinan yang dihadirkan oleh Galaxy Note 20 Series dapat memberikan kesenangan tersendiri pengguna karena ini menjadi pengalaman unik tersendiri bagi mereka dalam memaksimalkan produktivitas melalui integrasi antar perangkat yang begitu seamless,” ungkap Denny belum lama ini di Jakarta.

Samsung Dex sendiri telah mendapat pembaruan fitur. Adapun pembaruan yang dilakukan dan telah kami jajal antara lain sebagai berikut:

Dua (Layar) Lebih Baik

Kenapa hanya menikmati satu layar jika kita memiliki kemampuan lebih dari itu? Terlebih, kini Samsung Dex memberikan kemudahan lebih bagi pengguna dalam menyambungkan perangkatnya ke layar yang lebih besar. Untuk pertama kalinya, melalui Galaxy Note 20 Series, Samsung Dex mampu mengintegrasikan smartphone Samsung ke layar yang lebih besar secara nirkabel.

Pengguna bisa menikmati fitur ini dengan menghubungkan Galaxy Note 20 Series ke Samsung Smart TV ataupun Smart TV merk lain yang mendukung teknologi miracast.

Pertama, pengguna bisa meneruskan tampilan pada Galaxy Note 20 Series ke Smart TV yang sudah terhubung. Kedua, pengguna bisa menggunakan Galaxy Note 20 Series sebagai touchpad maupun keyboard. Lantas, apa kegunaan dari kedua fungsi tersebut?

Pada opsi pertama, pengguna bisa menjalankan multitasking dengan menonton film atau menampilkan foto-foto di Smart TV sembari berkirim pesan atau berselancar menggunakan Galaxy Note 20 Series secara simultan tanpa mengganggu tampilan pada masing-masing perangkat. Sedangkan pada opsi kedua, pengguna bisa menikmati kemudahan lebih dalam menavigasikan tampilan pada Smart TV dengan menggunakan Galaxy Note 20 Series sebagai touchpad. Baik itu mengoperasikannya dengan jari maupun S Pen, serta mengetik yang akan tampil pada layar Smart TV.

Lebih dari Sekadar Screen Mirroring

Walau sepintas fungsinya terlihat sama, namun Samsung Dex kini memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan screen mirroring atau Samsung Smart View. Pembeda utamanya adalah, Samsung Dex menghadirkan pengalaman menggunakan desktop. Sedangkan screen mirroring hanya sekadar menduplikasi tampilan smartphone ke layar yang lebih besar tanpa ada fungsi tambahan.

Dengan Samsung Dex juga, pengguna bisa membuka berbagai aplikasi hingga mengatur ukuran tampilan aplikasi yang dibuka. Hal tersebut pun membuat pengguna bisa melakukan lebih dengan menggunakan Samsung Dex, misalnya melakukan presentasi.

Pengguna bisa membuka aplikasi Microsoft Office pada Galaxy Note 20 Series, lalu memaksimalkan tampilannya pada Smart TV. Kemudian, cukup buka file yang telah disiapkan, dan pilih ke mode presentasi. Untuk menavigasikan presentasinya, pengguna bisa mengoperasikannya dari Galaxy Note 20 Series menggunakan jari maupun S Pen. L ebih lanjut, S Pen juga bisa berfungsi untuk menandai maupun memberikan sorotan tertentu pada slide dalam presentasi.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini