Beranda Otomotif Seperti Earphone, Jaguar Land Rover Kenalkan Teknologi ANC di Mobilnya

Seperti Earphone, Jaguar Land Rover Kenalkan Teknologi ANC di Mobilnya

2
0
Seperti Earphone, Jaguar Land Rover Kenalkan Teknologi ANC di Mobilnya

Royyan.net – Teknologi Active Noise Canceling (ANC) atau peredam kebisingan aktif selama beberapa tahun terakhir banyak diadopsi oleh para pabrikan teknologi untuk perangkat ponsel dan earphone. Teknologi tersebut seperti namanya mampu secara aktif menangkal suara bising sekitar untuk menciptakan keheningan bagi pemakainya dan bisa fokus mendengar suara yang ingin mereka dengar atau alunan musik melalui perangkat earphone yang dikenalkan.

Namun saat ini, adopsi teknologi ANC nyatanya tak hanya terbatas pada penggunaan di perangkat earphone dan ponsel saja. Lebih jauh, Jaguar Land Rover melihat teknologi tersebut punya potensi untuk dikembangkan pada kendaraan dalam hal ini mobil mewah besutannya.

Sebagaimana diketahui, selama bertahun-tahun juga banyak orang mendambakan suara kabin mobilnya sesenyap mungkin dan tak ingin mendengar suara sekitar, suara mesin atau suara tapak ban saat mobil melaju. Hal tersebut bisa dilakukan dengan pemasangan aksesori peredam kabin yang banyak dijual di pasaran dengan macam-macam bentuk dan material serta harganya.

Kembali ke teknologi ANC di mobil, Jaguar Land Rover baru-baru ini telah merinci teknologi peredam bising canggih yang ditampilkan dalam Jaguar F-Pace, Jaguar XF, dan Range Rover Velar yang diperbarui.

Sistem ANC perusahaan menggunakan teknologi Akustik Aktif Silentium yang menampilkan sensor di setiap roda.

Sensor ini secara konstan memantau getaran dari permukaan jalan dan menghitung gelombang fase suara berlawanan yang diperlukan untuk menghilangkan suara bising yang didengar oleh pengemudi atau penumpang di dalam mobil. Sistem seperti itu juga memungkinkan suara yang timbul akibat jalan rusak dan permukaan kasar diisolasi dan dihilangkan.

Teknologi ANC ini kemudian diputar melalui sound system Meridian high-end. Teknologi ini juga memiliki kemampuan untuk memantau kursi mana yang digunakan untuk mengoptimalkan peredam bising untuk semua penumpang.

Dilansir via Carscoops, Jaguar Land Rover mengatakan teknologi ini dapat menurunkan puncak kebisingan yang tidak diinginkan sebesar 10 dB dan tingkat kebisingan keseluruhan sebesar 3-4dB. Selain membuat kabin lebih senyap, pada akhirnya teknologi ini juga diharapkan mampu membantu mengurangi kelelahan pengemudi.

“Kami berkomitmen untuk menciptakan tempat berlindung bagi pelanggan kami dan teknologi baru ini memungkinkan kami menghilangkan suara bising yang tidak diinginkan dari kabin,” kata spesialis Jaguar Land Rover Refinement Advanced Technologies Suffield dalam sebuah pernyataan.  “Itu membuat pengalaman lebih tenang, meningkatkan kesejahteraan penumpang dan membantu mengurangi beban kognitif dan waktu reaksi. Riset ini adalah bagian dari perjalanan menuju Destination Zero,” tandasnya. (*)

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini