Beranda Gadget Samsung Patenkan Layar Quad-Curved Baru, Layarnya Hampir Penuh

Samsung Patenkan Layar Quad-Curved Baru, Layarnya Hampir Penuh

10
0
Samsung Patenkan Layar Quad-Curved Baru, Layarnya Hampir Penuh

Royyan.net – Samsung merilis paten baru yang membuatnya akan semakin menonjol sebagai pembuat smartphone. Yang terbaru yang dipatenkannya terkait dengan teknologi layar.

Dikutip LetsGoDigital, Minggu (12/4), Samsung baru saja merilis paten untuk desain layar quad-curved. Dari paten tersebut, Samsung menampilkan smartphone di mana sisi kiri dan kanan serta sisi atas dan bawahnya melengkung, hanya menyisakan bezel di sudut-sudut telepon.

Paten ini diajukan di Tiongkok pada Juli tahun lalu dan ditambahkan ke Kantor Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) Maret ini. Seperti bisa dilihat pada gambar, render desain yang dibuat LetsGoDigital mengacu pada paten desain, tampak smartphone tersebut nantinya akan menampilkan desain layar yang benar-benar penuh.

Bezel di sudut-sudut kemungkinan akan tetap ada bahkan di desain masa depan. Area sudut-sudut adalah yang paling rentan jika terjatuh, sehingga Samsung memberikan logam pelindung tambahan.

Namun, tampilan quad-curved juga menyulitkan penempatan berbagai komponen, bahkan port USB pun diperas. LetsGoDigital bekerja sama dengan Concept Creator untuk membuat render 3D ini berdasarkan paten. Paten tak menampilkan kamera selfie. Tapi opsi yang mungkin dilakukan yakni membuat kamera selfie di balik layar atau menggunakan konsep punch hole display.

Samsung sendiri bukan satu-satunya merek yang concern terhadap layar melengkung. Merek lain semisal Huawei juga demikian pada handset P40 Pro yang secara teknis memiliki layar melengkung, tetapi hanya di sisi atas dan bawah saja.

Untuk sisi kiri dan kanan, perusahaan mundur dari kurva hampir 90 derajat dari atau waterfall display yang sebelumnya hadir pada Mate 30 untuk membuat lebih banyak ruang untuk tombol-tombol di samping.

Tetapi jika layar quad-curved menjadi populer, kita mungkin melihat pembuat smartphone mulai berbicara tentang ponsel tanpa tombol, tanpa port lagi. Dan jika mereka terus menyusuri jalan itu, nantinya smartphone akan diisi oleh sepenuhnya layar.

Soal layar quad-curved, melengkung, waterfall display atau apapun penamaannya, Xiaomi juga seperti sudah kami beritakan sebelumnya sudah mematenkan hal serupa. Mirip-mirip, Xiaomi lewat patennya yang juga diungkap oleh LetsGoDigital menampilkan smartphone yang sepenuhnya diisi oleh layar.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini