Beranda Gadget Samsung Mulai Gandeng Pengembang Cloud Gaming, Apple Justru Ogah

Samsung Mulai Gandeng Pengembang Cloud Gaming, Apple Justru Ogah

1
0
Samsung Mulai Gandeng Pengembang Cloud Gaming, Apple Justru Ogah

Royyan.net – Layanan streaming untuk memainkan game video seperti Microsoft xCloud dan Google Stadia, tidak akan berfungsi di iPhone. Hal tersebut telah dikonfirmasi Apple belum lama ini menyusul peluncuran Galaxy Note 20 Series, yang hadir dengan bundling layanan cloud gaming Microsoft xCloud.

Apple mengatakan bahwa layanan streaming game ini melanggar syarat dan ketentuan App Store-nya. Sebab akses ke game yang tidak dapat ditinjau secara individual oleh perusahaan.

Raksasa teknologi itu mengatakan semua aplikasi harus ditinjau berdasarkan pedoman yang sama. Yakni untuk melindungi pelanggan dan memberikan pengalaman bermain yang setara bagi pengembang.

“Pelanggan kami menikmati aplikasi dan game hebat dari jutaan pengembang, dan layanan game benar-benar dapat diluncurkan di App Store selama mereka mengikuti pedoman yang sama yang berlaku untuk semua pengembang,” kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Ini mengharuskan pengembang untuk mengirimkan game satu per satu untuk ditinjau, agar game tersebut muncul di bagan dan pencarian App Store.  “Selain App Store, pengembang dapat memilih untuk menjangkau semua pengguna iPhone dan iPad melalui web melalui Safari dan browser lain di App Store,” kata Apple sebagaimana dilansir dari Ubergizmo, Selasa (11/8).

Apple memang memiliki layanan langganan game-nya sendiri yakni Apple Arcade. Tetapi tidak seperti xCloud dan Stadia, game tersebut harus diunduh ke perangkat sehingga ini bukan layanan streaming.

Microsoft sendiri diharapkan meluncurkan layanan game xCloud untuk Android pada 15 September mendatang dan mengumumkan telah mengakhiri pengujian untuk versi iOS dari aplikasi seluler. Stadia milik Google, yang diluncurkan ke masyarakat umum pada November 2019, juga hanya tersedia di perangkat Android.

Layanan cloud gaming ini, yang juga mencakup Nvidia GeForce Now, memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai game termasuk game kelas atas. Microsoft xCloud menawarkan akses kepada pelanggan ke lebih dari 100 game untuk smartphone dan tablet melalui perpustakaan built-in. Seperti Netflix, dengan biaya berlangganan USD 15 atau setara dengan Rp 220 ribuan perbulan.

Sementara di tempat lain, Microsoft memberi tahu The Verge bahwa mereka belum menemukan solusi agar layanan xCloud-nya ke iOS melalui App Store. Karena Apple telah menentukan. “Semua game yang tersedia di katalog Xbox Game Pass dinilai kontennya oleh badan pemeringkat industri independen,” kata Microsoft dalam sebuah pernyataan.

“Kami berkomitmen untuk menemukan jalan untuk menghadirkan game cloud dengan Xbox Game Pass Ultimate ke platform iOS,” imbuh Microsoft.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini