Beranda Review Samsung Galaxy Buds Plus, Pilihan Pas untuk Segmen Premium

Samsung Galaxy Buds Plus, Pilihan Pas untuk Segmen Premium

2
0
Samsung Galaxy Buds Plus, Pilihan Pas untuk Segmen Premium

Royyan.net – Dewasa ini semakin banyak bermunculan perangkat earphone nirkabel dengan konsep True Wireles Stereo (TWS). Selain merek-merek besar seperti Sony, JBL, Jabra, dan Samsung, kini mulai banyak merek-merek smartphone lainnya juga menghadirkan TWS sendiri dengan harga yang terjangkau.

Oppo, Realme, Xiaomi dan Huawei misalnya. Merek teknologi Tiongkok itu kini mulai menawarkan TWS-TWS ekonomis kepada konsumen di tanah air dengan harga ratusan ribu rupiah. Selain itu, di pasaran juga banyak ditemui merek lainnya yang menawarkan perangkat earphone TWS dengan harga yang tak kalah menarik.

Untuk Samsung, produsen perangkat teknologi Korea Selatan (Korsel) itu konsisten menghadirkan earphone TWS dengan segmen premium sejak beberapa tahun ke belakang lewat Galaxy Buds. Belum lama hadir adalah Galaxy Buds Plus, earphone TWS premium yang diboyong Samsung bersamaan dengan hadirnya seri Galaxy S20 awal tahun lalu. Galaxy Buds Plus juga tampil segar dengan hadirnya edisi khusus dan terbatas BTS Edition.

Soal earphone TWS premium Samsung Galaxy Buds Plus sudah Royyan.net coba. Perangkat ini kami jajal untuk beberapa waktu dan menemani keseharian kami menjalankan beragam aktivitas. Berikut ulasannya.

Kelengkapan
Pada paket penjualan earphone TWS juga kerap dilengkapi dengan beberapa aksesori tambahan meski kotak penjualannya tak lebih besar dari ukuran boks penjualan smartphone.

Untuk Samsung Galaxy Buds Plus, kotak penjualan perangkat earphone TWS ini hadir dengan kemasan atau boks penjualan berwarna putih. Tampil ringkas dengan kemasan tak terlalu tebal. Pada bagian muka terdapat tampilan Galaxy Buds Plus dan identitas penjualan bertuliskan ‘Buds+’.

Perangkat Galaxy Buds Plus dan paket penjualannya (Rian Alfianto/Royyan.net)

Ketika membuka kemasan, langsung dijumpai perangkat Galaxy Buds Buds Plus berwarna hitam. Perangkat earphone TWS yang kini ditawarkan dengan harga Rp 2,1 jutaan ini selain warna hitam hadir juga dengan warna biru muda dan putih. Warna ini mewakili casing penyimpanan buds-nya hingga isi buds yang bersangkutan.

Di bawah sekat penyimpanan Galaxy Buds Plus di kotak penjualan, ada kotak lagi yang berisi buku aksesori kabel daya untuk fungsi pengecasan perangkat ini yang sudah Type-C. Selain kabel daya, di kotak tersebut berisi aksesori karet in-ear cadangan yang bisa mengganti atau untuk menyesuaikan lubang telinga pemiliknya.

Selain yang disebutkan di atas, tidak ada lagi aksesori lain seperti cover casing yang ada pada Galaxy Buds BTS Edition.

Desain
Galaxy Buds Plus masih mirip dengan Galaxy Buds sebelumnya yakni membawa desain yang ikonik dengan casing buds berbentuk memanjang dengan ujung-ujungnya yang setengah lingkaran. Pada perangkat kali ini detailnya mewah, apa lagi jika membeli varian berwarna biru muda atau putih.

Samsung Galaxy Buds Plus di dalam cangkang yang berfungsi sebagai charger buds ini memiliki bentuk kuncup kecil yang ramping dengan ukuran 17,5 x 22,5 x 19.2 mm. Ukurannya memudahkan memasukkan ke kotak pengisian dan cukup nyaman kala ditancapkan ke telinga.

Perangkat Galaxy Buds Plus dan paket penjualannya (Rian Alfianto/Royyan.net)

Saat dibuka, cangkang atau casing bagian dalam juga tampil mewah. Detailnya diperhatikan betul oleh Samsung. Baik di luar atau bagian dalam cangkangnya terdapat lampu LED sebagai indikator daya sekaligus koneksi.

Galaxy Buds Plus sendiri sudah dibekali ketahanan IPX2. Sertifikasi demikian berarti perangkat ini sudah tahan percikan air. Jadi, bagi yang gemar berolahraga sembari mendengarkan musik, perangkat ini sudah aman untuk digunakan.

Untuk casing cukup ringan dan halus dengan ujung yang membulat. Cukup ergonomis untuk disimpan di saku atau tas kecil lainnya, tidak terlalu memakan tempat. Casing pengisi daya Galaxy Buds Plus menggunakan USB-C, seperti kepunyaan ponsel Samsung, yang berarti Anda tidak perlu membawa kabel terpisah dan menariknya lagi, earphone TWS premium ini sudah dibekali teknologi pengecasan nirkabel alias wireless charging.

Pengalaman Penggunaan
Earphone TWS premium Samsung ini menawarkan cukup banyak fitur yang memudahkan penggunanya. Misalnya saja di bagian luar buds, ada tombol sentuh kapasitif untuk bebera fungsi seperti bass, treble atau mengaktifkan asisten virtual Anda, menurunkan volume serta mengaktifkan amplifikasi suara ambient.

Galaxy Buds Plus memiliki daya tahan baterai yang jauh lebih lama daripada Galaxy Buds sebelumnya. Saat ini, Samsung Galaxy Buds Plus bisa tahan hingga 11 jam, sementara casingnya memberikan 11 jam tambahan, menjadikan masa pakai baterai total menjadi 22 jam.

Dalam hal konektivitas nirkabel, Samsung Galaxy Buds Plus sudah membawa teknologi nirkabel Bluetooth 5.0 yang menyediakan koneksi nirkabel yang stabil dan sangat bisa diandalkan. Untuk penyambungan earbud dapat dilakukan melalui Bluetooth atau dengan mengunduh aplikasi Galaxy Wearable atau Samsung Galaxy Buds Plus dari Google Play dan Apple App Store.

Aplikasi tersebut sangat membantu untuk memudahkan setelan perangkat Buds Plus. Di dalam aplikasi tersebut, kita juga bisa mengatur atau mengkonfigurasi ulang perangkat sesuai keinginan kita semisal mengatur fungsi sentuhan, jenis dan karakter suara yang diinginkan, asisten virtual dan banyak lagi. Buds Plus kini juga mendukung untuk digunakan perangkat iPhone, menarik bukan.

Fitur lainnya yang memudahkan pengguna adalah bahwa jika Anda memiliki banyak perangkat, Galaxy Buds Plus kini mendukung multi-pairing. Fitur tersebut memungkinkan mereka untuk terhubung ke beberapa perangkat tanpa harus memasangkannya kembali setiap kali Anda menggunakannya.

Bicara kualitas suara, Galaxy Buds Plus hadir dengan sistem dual-driver baru yang digunakan Samsung merupakan keunggulan pada Galaxy Buds Plus ini. Terdapat juga woofer dan tweeter yang berguna untuk memperkaya suara yang dihasilkan dan meningkatkan performa secara keseluruhan.

DSP milik Samsung mampu memutar bass serta meningkatkannya pada mid dan high untuk mencapai level audio yang kaya, hangat, dan dapat didengarkan dalam waktu yang lama. Samsung menyebutnya kualitas suara studio yang didengarkan di luar studio.

Selain itu, Samsung juga meningkatkan jumlah mikrofon internalnya guna meningkatkan kualitas suara panggilan yang lebih baik. Memiliki mic tambahan juga berarti meningkatkan kemampuan noise cancelling yang lebih baik meski ditempat yang paling bising sekalipun saat melakukan panggilan suara dengan jernih kepada lawan bicara.

Aplikasi Samsung Galaxy Buds Plus dan Samsung Wear dapat menyesuaikan suara earbud (ada pilihan Soft, Dynamic, Clear, Treble dan Bass Boost). Selain itu aplikasi itu juga bisa membantu pengguna menemukan perangkat jika terselip dengan memilih “Find My Earbud”.

Kesimpulan
Galaxy Buds Plus konsisten mewakili Samsung dalam segmen earphone premium dengan kualitas terbaik. Tak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada earphone premium Galaxy Buds Plus jika punya uang lebih. Karena faktor nama, di pasaran juga tersedia beragam aksesori tambahan yang lucu-lucu jika konsumen ingin mengkostumisasi Galaxy Buds Plus.

Selain aspek desain, soal kualitas suara, fitur dan teknologi yang ada pada Galaxy Buds Plus kali ini juga menjadi kebanggan tersendiri jika dibandingkan dengan merek lain. Tuning berkualitas hadir di setiap perangkat audio premium mereka termasuk Galaxy Buds Plus ini.

Samsung Galaxy Buds Plus sangat pas untuk memenuhi kebutuhan earbud nirkabel premium dengan baterai tahan lama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini