Beranda Otomotif Resiko Malas Mengganti Oli Mesin Kendaraan Bermotor

Resiko Malas Mengganti Oli Mesin Kendaraan Bermotor

1
0
Jawapos

Royyan.net – Bagi Anda yang mempunyai motor sudah menjadi kewajiban merawat secara rutin. Meskipun hanyalah benda mati, tapi kendaraan roda dua tersebut akan banyak masalah bila tidak dirawat dengan baik. Misalnya saja malas untuk mengganti oli mesin motor, padahal sebenarnya ada banyak efek buruk yang terjadi pada kendaraan kalau jarang sekali mengganti oli.

Keberadaan oli mempunyai peran yang sangat penting, di antaranya adalah berfungsi untuk pelumas, pelindung, pembersih dan pendingin mesin. Jadi, bisa dibayangkan akibatnya kalau cairan tersebut tidak diganti secara teratur.

Oli merupakan pelumas komponen mesin, dengan adanya oli maka kendaraan bermotor Anda akan nyaman dan lamcar pada saat digunakan. Lalu bagaimana bila Anda sering lupa atau terlambat mengganti oli, apa akbibatnya?

Komponen mesin menjadi cepat rusak dan biaya perawatan mahal

Komponen dalam mesin yang saling bergesekan akan cepat mengalami keausan, karena kekentalan oli tidak mampu lagi meminimalisir gesekan komponen. Maka akan terjadi kerusakan komponen, sehingga Sobat harus mengeluarkan biaya perbaikan yang lumayan besar.

Mesin menjadi cepat panas (overheating)

Terlambat mengganti oli akan menyebabkan mesin menjadi cepat panas karena oli tidak dapat mendinginkan mesin dengan baik. Hal ini jangan dibiarkan terus-menerus, karena komponen mesin bisa rusak. Salah satu contohnya kerusakan pada kepala silinder yang akan melengkung, dan kalau sudah begini, lagi-lagi Sobat harus mengeluarkan biaya untuk menggantinya.

Bahan bakar jadi boros

Gesekan pada mesin yang kasar dan performa kendaraan menjadi berat karena kurangnya pelumasan, efeknya mesin membutuhkan banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga.

Kurang nyaman pada saat perjalanan jauh

Telat mengganti oli, akan jelas getaran kasar pada mesin. Getaran tersebut terjadi terus-menerus sehingga meninbulkan ketidaknyamanan sekaligus kekhawatiran kerusakan mesin lebih parah ketika dikendarai apalagi kalau menempuh jarak jauh.

Usia mesin jadi lebih pendek

Bla Anda rutin mengganti oli, maka usia pakai mesin akan bisa lebih lama dibandingkan dengan mesin yang olinya sering terlambat diganti atau bahkan tidak pernah diganti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini