Beranda Otomotif Reflektor Belakang Bermasalah, Puluhan Ribu Motor Yamaha Kena Recall

Reflektor Belakang Bermasalah, Puluhan Ribu Motor Yamaha Kena Recall

5
0
Reflektor Belakang Bermasalah, Puluhan Ribu Motor Yamaha Kena Recall

Royyan.net – Yamaha Motor Corporation USA mengeluarkan pengumuman penarikan kembali (recall) sepeda motor 300 cc dan skuter matiknya. Hal itu dikarenakan adanya masalah manufaktur dengan reflektor lampu bagian belakang.

Menurut dokumen yang diterbitkan oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), Yamaha memperkirakan bahwa 50 persen dari 31.000 unit terpengaruh oleh penarikan ini dan diproduksi antara 2 Maret 2015 hingga 30 Maret 2020 menunjukkan cacat tersebut. Model yang termasuk dalam penarikan ini adalah YXF-R3 (2015–2020), Yamaha Xmax (2018–2020) dan Yamaha MT-03 (2020).

Dalam laporan pemberitahuan cacat produksi itu, Yamaha menjelaskan bahwa pada model yang terpengaruh, unit reflektor belakang mungkin cacat dan tidak memenuhi standar keselamatan kendaraan bermotor di pasar Amerika.

Pada reflektor bagian belakang itu disebutkan ada kondensasi yang mungkin telah melekat pada jamur selama proses pembuatan lensa reflektor. Ini pada akhirnya dapat membahayakan kemampuannya untuk memantulkan cahaya dengan benar dan menerangi secara efisien atau cahaya dilaporkan tidak fokus atau kabur.

Hal ini dapat menyebabkan kendaraan menjadi kurang terlihat, khususnya pada malam hari. Dalam kasus yang paling ekstrem, kurangnya pencahayaan yang tepat dapat menyebabkan kecelakaan. Selain itu, hal itu membuat komponen dan kendaraan tidak sesuai dengan standar keselamatan wajib kendaraan bermotor.

Yamaha menyebut telah menghubungi pemilik kendaraan yang terkena dampak melalui surat antara 16 dan 19 Oktober 2020 dan memberi tahu dealer. Penarikan kembali nomor 990139 dimulai pada bulan Oktober (tanpa tanggal yang ditentukan) di mana pemilik tempat akan diundang untuk membuat janji dengan dealer Yamaha mereka. Dealer kemudian akan mengganti reflektor yang bermasalah secara gratis. (*)

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini