Beranda Tips Praktis dan Mudah! Cara Menyatukan File PDF Jadi Satu Agar Hemat Tempat

Praktis dan Mudah! Cara Menyatukan File PDF Jadi Satu Agar Hemat Tempat

2
0
Gadgetren

Royyan.net – File berformat PDF memungkinkan kamu membawa berbagai data dan informasi secara praktis. Kamu pun bisa menyimpannya dengan mudah dalam smartphone maupun laptop.

Sesuai kepanjangannya, Portable Document File bersifat ringan sehingga sering kali digunakan untuk berbagai sebuah naskah, buku, atau lainnya. Bahkan ukuran file bisa dikompres lebih padat agar tidak memakan memori penyimpanan.

Dengan populernya format yang satu ini di berbagai bidang komputasi, cara menyatukan file PDF jadi keterampilan penting yang perlu kamu kuasai, khususnya jika sering berurusan dengan dokumen elektronik.

Ada beberapa cara praktis menggabungkan PDF ke dalam satu file yang bisa kamu lakukan dan berikut di antaranya.

Pakai Adobe Reader

Pengembang asli file berformat PDF ini juga memiliki fitur untuk menggabungkan beberapa dokumen sekaligus dengan cara yang cukup mudah. Buka Adobe Reader yang telah terpasang di laptop, klik tab Tools, dan pilih Combine Files.

Klik Add Files yang berwarna biru dan tambahkan dokumen yang ingin digabung. Selanjutnya klik Combine, lalu simpan file hasil penggabungan pada folder dengan memilih tab File > Save As.

Mudah dengan Foxit Reader

Aplikasi PDF gratis ini punya beragam fitur menarik untuk mempermudah kamu utak-atik dokumen. Jika hendak menyatukan banyak file, kamu bisa klik File > Create > From Multiple Files. Setelah window baru muncul, centang opsi Merge Multiple Files into A Single PDF File.

Unggah semua file yang ingin digabungkan sekaligus. Bahkan kamu juga bisa mengurutkan atau menghapus dokumen sesuai dengan yang diinginkan. Setelah semua telah selesai, klik Convert dan simpan file ke dalam folder.

Bagi kamu yang tidak ingin repot, ada juga cara menggabungkan beberapa file PDPF secara online sehingga tidak perlu pasang aplikasi di laptop. Banyak website yang menawarkan kemudahan ini seperti berikut ini.

Combinepdf.com

Salah satu keunggulan web ini adalah sudah memakai bahasa Indonesia. Cara pengoperasian pun tegolong mudah dimana kamu tinggal unggah semua file yang hendak digabungkan dengan jumlah maksimal mencapai 20 file dan tekan tombol Gabungkan.

Tunggu hingga proses selesai dan file yang telah digabungkan akan diunduh kembali secaraotomatis.

Pdfmerge.com

Cukup dua langkah untuk menyatukan beberapa file PDF dengan layanan yang satu ini. Pertama, unggah file milikmu dengan klik Choose File (klik More Files jika jumlah dokumen lebih dari empat). Setelah proses pengunggahan selesai, klik Merge Files dan tak lama kemudian file PDF gabungan siap diunduh.

Smallpdf.com

Pilih kotak bertuliskan Merge PDF pada halaman depan web ini. Tekan Choose Files untuk unggah dokumen milikmu. Lanjutkan proses penyatuan dengan klik Merge File untuk mengatur dan menggabungkan seluruh halaman file kamu. Setelah proses selesai, tinggal unduh dan simpan.

Meski alternatif penggabungan file PDF online terbilang praktis, tetapi perhatikan ketentuan yang disediakan web. Beberapa web membatasi jumlah penggabungan yang bisa dilakukan dalam satu hari, kecuali kamu berlangganan atau membeli versi berbayar.

Dengan Aplikasi PDF Element di Android

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store untuk handphone berbasi Android ini cocok untuk kamu yang punya mobilitas tinggi. Untuk menggabungkna file PDF pun tidak kalah mudahnya dimana kamu tingga unggah file yang diinginkan, klik ikon di pojok kanan untuk masuk mode Edit, dan pilih file yang diinginkan.

Tekan Combine untuk melakukan penggabungan dan kemudian dokumen akhir akan langsung tersimpan di penyimpanan untuk kamu bagikan.

Setelah mengetahui cara menyatukan file PDF, kamu bisa mengakses berbagai dokumen penting dengan mudah. Selamat mencoba!

Baca lebih lanjut seputar gadget di royyan.net

The post Praktis dan Mudah! Cara Menyatukan File PDF Jadi Satu Agar Hemat Tempat first appeared on Royyan.net.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini