Beranda Otomotif Populer Pada 60-an, Mobil Moke Kembali dengan Lebih Modern

Populer Pada 60-an, Mobil Moke Kembali dengan Lebih Modern

0
0
Populer Pada 60-an, Mobil Moke Kembali dengan Lebih Modern

Royyan.net – Beberapa orang pernah melihat mobil Morris Mini Moke atau Austin Mini Moke. Sempat populer pada 60-an silam, Moke kini comeback alias kembali sebagai mobil modern. Namun tetap membawa desain klasik jadul khasnya yang dikenal sebagai mobil buggy.

Didesain pada akhir 1950-an oleh arsitek Austin Mini, Sir Alec Issigonis yang legendaris, Moke asli pada awalnya dirancang sebagai kendaraan militer.  Namun, pejabat militer Inggris tidak terkesan dengan kemampuan Moke.

Berbagi banyak komponen dengan Mini asli, termasuk sasis dan suspensi, Moke segera menjadi salah satu simbol paling disukai pada 1960-an lalu. Itu karena ia mengubah dirinya sebagai kendaraan rekreasi ketika versi sipil diluncurkan pada 1964. Ia menjadi moda transportasi bagi penduduk resor pantai paling eksklusif di Eropa, Karibia, AS, dan Asia termasuk di Indonesia.

Sekarang, Moke kembali, menggabungkan tampilan yang sama dengan powertrain dan sasis yang ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pembeli modern. Perusahaan yang bertanggung jawab untuk itu disebut Moke International Limited dan memperoleh merek dagang asli Moke pada 2015.

Sementara Moke modern tetap sesuai dengan tampilan dan nuansa aslinya, ia sedikit lebih besar untuk menyediakan lebih banyak ruang kabin. Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang sebelumnya dianggap mewah, seperti power steering dan kaca depan berpemanas.

Moke baru yang dijadwalkan hadir secara massif di pasaran mulai 2021 juga dilengkapi pembaruan seperti mesin bensin empat silinder 1.1 liter. Di atas kertas, Moke modern diklaim mampu menghasilkan tenaga 67 HP (68 PS / 50 kW) pada 6.000 rpm dan torsi 93 Nm (68 lb-ft) pada 3.500–4.500 rpm, suspensi yang ditingkatkan dan sistem pengereman, dengan pilihan transmisi otomatis empat kecepatan atau manual lima kecepatan.

Seluruh aspek bodi Moke modern direkayasa dan dirakit di wilayah Midlands Inggris. Kemudian, mobil tersebut akan diterbangkan ke Cerizay, Prancis untuk perakitan dan sentuhan akhir sebelum akhirnya tiba ke tangan konsumen.

Mengikuti regulasi dan peraturan Inggris, Moke baru hanya dapat mencapai kecepatan tertinggi 68 mph (109 km per jam). Mobil tersebut tersedia di Inggris dan Irlandia mulai dari GBP 20.000 atau berkisar Rp 385 jutaan tidak termasuk pajak daerah serta pengiriman.

Dalam beberapa periode, pembeli Moke di Inggris juga akan dapat memesan satu dari 56 Moke edisi terbatas. Yakni edisi yang memperingati Mini Moke asli yang diluncurkan di Inggris pada 1964. Model ulang tahun Moke 56 eksklusif Inggris tersedia dalam pilihan 14 warna, grill depan chrome, rel kaca depan, emblem union jack di sayap depan, dan plakat bernomor di kap mesin.

Moke International mengatakan akan meluncurkan model tambahan di seluruh Eropa dan Amerika Serikat pada 2021. Perusahaan ini telah hadir di pasar Karibia, tempat Moke yang tampaknya populer dengan pembeli pribadi dan resor serta hotel mewah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini