Beranda Gadget Performa Setara, Benarkah Xbox Series X Lebih Murah dari PC Gaming?

Performa Setara, Benarkah Xbox Series X Lebih Murah dari PC Gaming?

4
0
Performa Setara, Benarkah Xbox Series X Lebih Murah dari PC Gaming?

Royyan.net – Buat mereka yang mulai hobi bermain game atau justru sudah kecebur di dalamnya, kerap bertanya-tanya mana yang lebih menguntungkan: konsol game atau PC gaming dengan kinerja serupa. Yang pertama adalah solusi yang sangat terspesialisasi, tetapi lebih terjangkau.

Kisaran tugas yang dilakukan pada PC jauh lebih luas. Namun, komputer gaming dengan spesifikasi yang lengkap juga lebih mahal. Kini soal pertanyaan keduanya, untuk konsol game next-gen Microsoft yakni Xbox Series X, perangkat tersebut disebut-sebut lebih murah jika dibandingkan dengan membeli atau merakit PC gaming dengan performa yang sama.

Dibandingkan PC gaming, Xbox Series X, diklaim punya kinerja serupa, namun harganya 70 persen lebih terjangkau. Hal tersebut merujuk pada hitung-hitungan untuk membangun PC dengan kinerja Microsoft Xbox Series X.

Pertama, Anda harus mengeluarkan uang untuk prosesor delapan inti yang bagus dari tingkat Ryzen 7 3700X. Untuk chip-nya saja dilaporkan membutuhkan uang setidaknya USD 300 atau berkisar Rp 4,2 jutaan di pasar Amerika Serikat (AS). Kemudian tambahkan sebuah SSD dengan PCIe 4.0 yang membutuhkan setidaknya USD 200 lagi atau berkisar Rp 2,8 jutaan dan membeli kartu grafiy seperti Radeon RX 6800 seharga USD 580 atau setara dengan Rp 8,2 jutaan.

Secara hitungan kasar, harga-harga perangkat keras untuk membangun PC gaming setara performa Xbox di atas memang jauh membengkak jika dibandingkan membeli Xbox Series X utuh yang diprediksi akan dilepas hanya di kisaran Rp 7,2 jutaan saja. Harga perangkat keras tersebut belum ditambah dengan pembelian motherboard, casing, sistem pendingin, catu daya dan perangkat keras lainnya.

Secara umum, merakit komputer yang performanya mirip dengan Xbox Series X memang lebih merepotkan dan mahal. Oleh karena itu, bagi pengguna yang hanya mengandalkan game dan tugas multimedia, ada baiknya untuk melihat lebih dekat konsol game tersebut.

Namun, jika yang mencari perangkat lebih dari sekadar gaming, perbandingan harga tersebut di atas memang tidak sepadan. Pasalnya tetap ada hal-hal yang tidak bisa dikerjakan Xbox Series X misalnya fungsi editing kreatif jika dibandingkan dengan merakit sebuah PC dengan performa tinggi khususnya untuk bermain game.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini