Beranda Otomotif Pemicu Sepeda Motor Anda Tiba-tiba Boros Bensin

Pemicu Sepeda Motor Anda Tiba-tiba Boros Bensin

2
0
Jawapos

Royyan.net – Punya motor yang hemat bahan bakar pastinya menjadi idaman setiap orang dan ini menjadi salah satu keuntungan. Akan tetapi bila konsumsi BBM pada sepeda motor tiba-tiba boros, diperlukan pengetahuan tentang penyebab motor boros bensin.

Tidak ada salahnya bila Anda memahami apa saja penyebab motor boros bahan bakar. Karena saat ini kebanyakan motor sudah bersistem injeksi yang seharunys konsumsi bahan bakar (BBM) menjadi lebih irit.

Namun, jika masih saja boros maka ada kendala yang harus kita kenali dan pahami apa yang terjadi pada motor kita yang mulai boros bahan bakar. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab sepeda motor menjadi boros.

Filter Udara Mulai Kotor

Ini menjadi penyebab motor boros bensin karena filter udara memiliki peran penting sebagai penyaring udara yang masuk ke mesin supaya terhindar dari debu. Mekanisme filter udara pada motor bekerja dengan memblokir udara yang akan masuk.

Seiring berjalannya waktu maka akan banyak kotoran yang menumpuk di bagian permukaan filter dan berdampak pada aliran udara yang kurang lancar. Bila kondisi seperti ini dibiarkan maka akan membuat ruang setelah piston akan mengalami kevakuman. Sehingga, memicu bensin ikut terisap yang membuat bahan bakar jadi lebih cepat habis.

Sistem Pengapian Bermasalah

Perlu dipahami bahwa sistem pengapian sendiri memiliki pengaruh kuat pada proses pembakaran atau pengaktifan pada busi. Bila api yang dihasilkan busi kecil karena pengapian bermasalah maka pembakaran akan ikut terganggu. Ini akan menyebabkan mesin kurang bertenaga.

Ujung-ujungnya agar motor bisa melaju dengan kecepatan tinggi maka Anda harus menarik gas lebih dalam lagi. Bila ini terjadi secara terus menerus maka secara tak langsung akan berpengaruh pada konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Tutup Tangki  Sudah Tidak Layak

Bahan bakar merupakan cairan kimia yang mana sifatnya sangat mudah sekali menguap. Bahkan, penguapan pada bensin bisa terjadi dalam sebuah ruang tertutup. Maka bensin harus berada dalam sebuah ruang yang benar-benar tertutup rapat, seperti pada tangki pada motor.

Jika penutup tangki rusak atau tidak layak lagi, ini memberikan ruang bagi udara masuk ke tangki bahan bakar. Kondisi seperti ini akan memicu penguapan BBM lebih cepat karena mekanisme katup ventilasi yang sudah rusak.
Sebaiknya selalu cek kondisi penutup tangki bahan bakar. Ini merupakan cara sederhana dan sepele untuk mengatasi boros bensin pada sepeda motor yang Anda miliki.

Rem Cakram Terlalu Seret

Bila ini terjadi maka efeknya berdampak pada kinerja mesin yang menjadi terbebani. Mengingat harus mampu melajukan motor dengan tenaga yang lebih kuat karena sedikit tertahan oleh pengapit cakram yang membuat jalannya motor terhambat.

Rantai Motor Kendur

Ini akan berakibat pada kondisi tarikan roda yang lebih berat. Sehingga, kondisi seperti ini akan memicu mesin lebih membutuhkan tenaga yang besar supata motor bisa melaju. Kebutuhan tenaga dari mesin untuk melajukan motor seperti itu tentu akan membakar lebih banyak BBM daripada biasanya. Sehingga, konsumsi bensin pun menjadi lebih boros.

Oleh sebab itu, selalu cek kondisi rantai motor. Jika kendur maka kencangkan setelannya. Namun, jika sudah aus maka sebaiknya segera ganti yang baru agar motor bisa melaju dengan kcepatan normal tanpa terbebani sehingga konsumsi BBM-nya pun menjadi lebih efisien.

Ban Motor Kempis atau Bocor Halus

Kondisi seperti ini terkadang jarang diketahui atau disadari oleh pemilik motor. Ban yang kempis atau kekurangan angin akan berdampak pada laju motor yang lebih berat sehingga memicu tenaga lebih besar dari mesin untuk menjalankan motor.

Keadaan yang terjadi seperti itu tentu bakal memicu konsumsi bensin yang lebih banyak dari biasanya mengingat tarikan mesin ikut menjadi berat.

Kerak yang Menumpuk pada Karbon

Kerak seperti ini merupakan hasil dari sisa pembakaran pada mesin motor yang nantinya akan menghambat performa mesin. Kerak karbon yang menumpuk seperti ini umumnya dipicu atau disebabkan karena oktan bensin yang tidak sesuai dengan mesin motor.

Selain beberapa faktor di atas, penyebab motor boros bensin juga bisa dipicu karena cara berkendara yang kurang tepat. Misalnya tarikan gas yang tidak stabil dan terlalu sering menarik gas secara mendadak pun akan menjadi pemicu borosnya bensin. Ini terkadang sering tidak disadari oleh para pemilik kendaraan bermotor.

Maka dari itu, selalu rawat dan kendarai motor dengan cara yang tepat dan sesuai prosedur. Sehingga, dimungkinkan sekali jika nantinya motor menjadi jauh lebih awet dan hemat bahan bakar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini