Beranda Otomotif MV Agusta Ternyata Pernah Buat Motor Roda Tiga

MV Agusta Ternyata Pernah Buat Motor Roda Tiga

4
0
MV Agusta Ternyata Pernah Buat Motor Roda Tiga

Royyan.net – Ketika kebanyakan orang memikirkan MV Agusta saat ini, hal pertama yang terlintas dalam benak adalah sportbikes atau sepeda motor sports. Dari kemegahan balap kuno di masa lalu hingga populer dengan super bike saat ini, MV Agusta ternyata pernah memproduksi kendaraan yang unik pada masanya.

Genap berusia 75 tahun di 2020, tak banyak orang mengetahui sejarah di belakang MV Agusta. Pernahkah Anda melihat motor roda tiga MV Agusta? Jangan bayangkan skuter dengan sespan, ini benar-benar motor roda tiga yang kalau di India atau Indonesia mirip dengan Bajaj sebagai angkutan umum dan angkutan barang.

Ya, MV Agusta pernah memproduksi motor jenis tersebut. Ketika 2020 bergulir dan MV Agusta merayakan apa yang tidak diragukan lagi salah satu ulang tahun teraneh yang pernah ada, perusahaan turun ke Instagram untuk memposting tentang masa lalu kendaraan utilitarian roda tiganya.

Italia, rumah dari MV Agusta, diketahui pernah mengalami masa-masa sulit di tahun-tahun setelah Perang Dunia II. Orang Italia mencari transportasi yang murah dan dapat diandalkan untuk kebutuhan diri mereka sendiri dan barang-barang mereka ke mana mereka harus pergi.

Anda pasti mendengar kisah ini sejuta kali ketika menceritakan sejarah skuter Vespa, tetapi situasi itu juga memunculkan pengangkut tiga roda pertama MV Agusta, MV Agusta 98 ​​Motocarro yang sangat terbatas. Hanya 100 yang diproduksi antara 1946 dan 1947, mengalahkan Piaggio Ape pertama yang dipasarkan sekitar dua tahun.

MV Agusta 98 Motocarro, seperti bisa dilihat pada gambar di atas terlihat menawan saat itu. Motor roda tiga itu datang dengan mesin dan jok yang dipasang di belakang, dan flatbed untuk membawa barang-barang yang dipasang di depan.

Saat itu, kendaraan tersebut diluncurkan MV Agusta untuk mengangkut beban seberat 250 kilogram, atau sekitar 551 pound. Seluruh unit itu sendiri berbobot 160 kg, atau hanya di bawah 353 pound.

Mesin 98 Motocarro adalah unit 98 cc berpendingin udara, dua tak, silinder tunggal, yang menghasilkan 3,5 tenaga kuda pada 4.800 rpm. Bagian flat bed atau pikap di bagian depan bertumpu pada suspensi pegas daun, sedangkan bagian pengendara belakang adalah desain rangka yang kaku atau rigid dengan rem tromol atau drum brakes.

Pada 1948, versi 125 cc dengan transmisi tiga kecepatan hadir dan menghantam pasaran. Berlanjut, pada 1949, versi 125 mendapatkan pembaruan dengan memperoleh gearbox empat percepatan.

Pada tahun 1954, MV Agusta secara signifikan mendesain ulang model berikutnya, sehingga pengendara kini berada di bagian depan, bukan di bagian belakang seperti becak pada model awal. Sementara flat bed logam atau pikapnya duduk di belakang dalam konfigurasi yang jauh lebih akrab secara visual.

Bukan rahasia lagi bahwa MV Agusta dan Piaggio memiliki persaingan. Sepeda motor MV pertama yang dibangun pada tahun 1946 bahkan disebut sebagai Vespa 98, sampai mengetahui bahwa Piaggio sudah mendaftarkan nama itu. Sementara kedua perusahaan akan berakhir ke arah yang sangat berbeda seiring berjalannya waktu, sangat sulit untuk tidak melihat di mana mereka bersaing pada saat itu.

150 Centauro dan Trasporto Tevere (TT), meskipun bukan Isle of Man-terikat, tidak seperti banyak kendaraan yang menggunakan penunjukan itu) segera datang pada tahun 1958 dan 1960, masing-masing. Centauro memiliki taksi pengendara di bagian depan atau flat bed di konfigurasi belakang, dan Anda bisa mendapatkan pintu yang ditambahkan sebagai opsi.

Trasporto Tevere menampilkan mesin terkuat dari semuanya, 10-tenaga kuda, satu-silinder, empat-tak, unit 231 cc yang dapat mengangkut beban seberat 520 kg, atau 1.146 pound. Kendaraan ini memiliki gearbox empat kecepatan, serta bisa mundur juga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini