Beranda Otomotif Motor Sport Listrik Pertama yang Bisa Keluarkan Derungan Suara

Motor Sport Listrik Pertama yang Bisa Keluarkan Derungan Suara

1
0
Motor Sport Listrik Pertama yang Bisa Keluarkan Derungan Suara

Royyan.net – Pabrikan otomotif tengah berlomba ciptakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, tak terkecuali yang dilakukan Emula Electric Motorcycle yang menawarkan inovasi baru pada segmen motor listrik. Akan tetapi berbeda dengan motor listrik pada umumnya, yang satu ini belum pernah dilakukan pabrikan lainnya yaitu dengan memberikan suara pada motor listrik.

Berbeda dengan motor konvensional yang mengeluarkan suara derungan mesin lewat knalpot, motor listrik yang dibuat Emula Electric Motorcycle keluar dari speaker yang terselip pada tangki motor. Seperti diterangkan dalam laman Autoevolution, motor listrik Emula mempunyai tiga pilihan suara yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendaranya.

Pilihan pertama adalah suara mesin motor 600 cc dengan konfigurasi 4 tak, 4 silinder dimana suaranya mirip dengan Honda CBR 600 CC buatan 1999. Secara otomatis Saat menggunakan mode suara ini tenaga yang dihasilkan menjadi 100 dk pada 13 ribu rpm.

Panel spedometer layar sentuh yang bisa mengubah jenis suara yang diinginkan. (dok. Ultimate Motorcycling)

Pilihan kedua adalah suara khas motor 4 tak, 2-silinder bermesin 800 cc. Sekilas suara yang dihasilkan mirip dengan Ducati Supersport 800 cc keluaran 2004. Bila menggunakan mode suara ini maka tenaga maksimal mencapai 77 dk pada 9 ribu rpm.

Sementara pilihan suara ketiga cukup menarik, karena saat menggunakan mode ini, suara secara otomatis berubah menjadi motor 2-Tak, 2-silinder bermesin 250 cc. Suara yang dihasilkan mirip dengan Yamaha TZR250 buatan 1989. Sedangkan tenaga maksimalnya menjadi 60 dk pada 12.500 rpm.

Tak ketinggalan motor listrik Emula juga dilengkapi kopling imitasi agar menecerminkan motor konvensional pada umumnya. Bukan hanya sekedar hiasan kopling ini karena dapat bekerja sesuai dengan putaran mesin bersama dengan perpindahan pedal.

Motor yang masih berupa konsep ini juga memasangkan knalpot imitasi guna mencerminkan tampilan layaknya sport bike konvensional. Sayangnya pihak Emula tidak meberikan informasi tentang ketangguhan jarak yang dapat ditempuh motor listrik ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini