Beranda Otomotif Modifikasi Ekstrem, Harley-Davidson jadi Penarik Kereta Jenazah

Modifikasi Ekstrem, Harley-Davidson jadi Penarik Kereta Jenazah

4
0
Modifikasi Ekstrem, Harley-Davidson jadi Penarik Kereta Jenazah

Royyan.net – Harley-Davidson menjadi salah satu merek sepeda motor yang produknya paling banyak dimodifikasi di seluruh dunia. Berbagai jenis aliran dan konsep modifikasi motor Harley-Davidson bisa dijumpai dan banyak digeluti oleh para builder dan modifikator sepeda motor.

Konsep kustom semisal low rider, chopper, bobber, trike dan banyak lagi yang berbasis dari motor gede (moge) Harley-Davidson kerap dipilih para pengguna yang ingin tampil beda. Soal modifikasi Harley-Davidson, kali ini ada satu yang paling unik.

Di Amerika Serikat (AS), seorang pemilik Harley-Davidson memodifikasi motornya menjadi penarik kereta jenazah. Dilansir dari AutoEvolution, Selasa (9/6), gagasan tersebut dimulai dengan memasang trailer atau kereta jenazah tambahan seperti sespan ke sepeda motor untuk memberikan layanan pemakaman dan itu dikatakan sudah sangat populer di AS terutama di kalangan komunitas pengendara sepeda motor di sana.

Terdapat beberapa layanan jenis ini di seluruh AS. Layanan Pemakaman Terakhir Ron Roach di Mount Greenwood di Chicago, Illinois tampil menonjol. Ron muncul dengan gagasan itu hampir 17 tahun yang lalu, dan dia sudah menjalankan bisnis lebih dari 15 tahun, yang mungkin salah satu yang tertua dari jenis yang ada.

Gagasan mengubah HD menjadi penarik kereta pengangkut jenazah datang setelah dia dan teman-temannya menghadiri pemakaman sesama pengendara sepeda motor dan harus naik di belakang mobil pemakaman Cadillac biasa. Ron menjelaskan kepada DNAInfo dalam wawancara, semula dia membayangkan seperti apa motor yang tepat yang dapat menarik kereta jenazah. Dia kemudian menggambar desainnya dan kemudian mengubah gagasan itu menjadi kenyataan.

Ron adalah pensiunan petugas pemadam kebakaran Chicago dan anggota klub motor Harley-Davidson lokal. Dia ingin menciptakan sesuatu yang akan membuat perjalanan terakhir siapa pun menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi pelayat dan, pada saat yang sama, mengubahnya menjadi sebuah perayaan kehidupan bagi keluarga yang ditinggalkannya.

Harley-Davidson yang dimodifikasi jadi penarik kereta jenazah. (AutoEvolution)

Pada moge Harley-Davidson miliknya ada semacam trailer yang melekat pada bagian belakang. Moge yang dia gunakan dan dimodifikasi jadi penarik kereta jenazah adalah Harley-Davidson lansiran tahun 2002.

Agar memiliki stabilitas lebih, motor itu dilengkapi dengan satu set roda tambahan, yang membuatnya menyerupai sepeda motor roda tiga atau berkonsep Trike. Baik roda belakang dan trailernya dapat dengan mudah dilepaskan sehingga Ron dapat pergi mengendarai mogenya mana kala sedang tak ada pesanan mengantarkan jenazah dan berkumpul bersama teman-temannya kapan pun dia mau.

Pengerjaan trailer atau kereta jenazah miliknya saat itu membutuhkan waktu sekitar empat hari. Kereta jenazah atau trailer tambahan itu dia bangun bersama teman-temannya sesama anggota komunitas motor.

Saat sedang bertugas mengantarkan jenazah, Ron akan mengenakan kemeja jenis tuksedo putih, celana hitam, dan rompi dengan sepatu bot berkilau. Itu bertujuan untuk memastikan semua detail upacara pemakaman ditangani dengan cara yang paling profesional.

Ron mengatakan bahwa dia hampir tidak menghasilkan uang dari layanan pemakaman ini yang unik dan menarik perhatian. Awalnya dia mematok biaya sekitar USD 700 atau berkisar Rp 9,8 jutaan untuk sekali perjalanan dan mengantarkan jenazah.

Untuk menyiasatinya, Ron membeli truk towing untuk mengangkut kereta jenazah Harley-Davidson-nya ke kota-kota terpencil. Kemudian, dia tidak mengkomersilkan kereta jenazah Harley-Davidson-nya karena hanya ingin menemukan cara untuk membantu sesama pengendara motor, tidak peduli siapa atau dari mana mereka berasal.

Tak berhenti di situ, dia juga berpikir untuk mengubah moge Harley-Davidson yang lain menjadi limusin yang dapat mengantar empat atau lima orang ke pesta dan pernikahan.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini