Beranda Otomotif Mobil Masa Depan Toyota Diharapkan jadi Sumber Energi Listrik Rumah

Mobil Masa Depan Toyota Diharapkan jadi Sumber Energi Listrik Rumah

2
0
Mobil Masa Depan Toyota Diharapkan jadi Sumber Energi Listrik Rumah

Royyan.net – Toyota diketahui memiliki salah satu mobil konsep masa depan bernama FCV Plus. Kendaraan masa depan ramah lingkungan dari Toyota ini memiliki segudang fitur tambahan yang membuatnya pantas disebut lebih dari sekadar mobil.

Dilansir Royyan.net dari AutoEvolution, Selasa (14/7), mobil tersebut bertenaga hidrogen. Hal itu menjadikannya 100 persen ramah lingkungan. Itu karena satu-satunya produk limbah memanfaatkan hidrogen adalah H2O yang memberi kehidupan bagi banyak aspek kehidupan lainnya.

Hal pertama yang mencolok pada mobil tersebut adalah bentuk dan eksterior kaca yang besar. Bentuk dibuat sedemikian rupa untuk memaksimalkan aerodinamika dan menawarkan efisiensi setinggi mungkin dengan teknologi yang digunakannya.

Salah satu karakteristik aerodinamis kendaraan adalah juga memungkinkan udara mengalir di bawahnya dan dirancang untuk memanfaatkan aliran udara. Ini sesuatu yang sebagian besar kendaraan lain menghindarinya.

FCV Plus dirancang sedemikian rupa untuk meminimalkan bobot dan dimensi mobil, sekaligus memaksimalkan ruang interior. Apa yang telah dilakukan Toyota adalah sepenuhnya menghilangkan segala yang tidak perlu.

Dengan demikian, orang tidak akan melihat ruang engine, karena sel hidrogen dan drivetrain berada di bawah kendaraan. Juga, tidak ada dasbor, karena dia dapat menampilkan semua informasi di kaca depan dan jendela belakang, sehingga hanya menyisakan pedal dan kolom kemudi untuk digunakan. Bentuk tubuh keseluruhan dibuat dengan daya tahan dan visibilitas dalam pikiran.

Yang menarik lainnya pada mobil ini adalah bahan bakar hidrogen yang telah dirancang dan didesain ulang lagi untuk melayani lebih dari satu tujuan. Salah satu fitur dari FCV Plus adalah bahwa sel hidrogen dapat dihilangkan dan dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk keperluan lain seperti memberi daya pada rumah atau bahkan gedung kantor Anda.

Ilustrasi: Mobil masa depan Toyota FCV Plus, berbahan bakar hidrogen dan mampu menjadi sumber listrik rumah. (AutoEvolution)

Ini bukan lelucon. Itu benar-benar salah satu rencana yang dimiliki Toyota dalam mendesain mobil ini yang dimaksudkan untuk memberi daya pada kendaraan terdekat lainnya dengan teknologi serupa dan bahkan gedung perkantoran atau rumah tinggal.

Konsep mobil ini dapat melakukan ini karena dia dilengkapi dengan panel pengisian baterai nirkabel di roda belakang dan di bawah lantai depan, yang memungkinkan pengisian daya perangkat dan infrastruktur luar.

Agar fitur tersebut dapat bekerja dengan atau sebagai stasiun pengisian daya, karena FCV Plus dapat berfungsi seperti itu, infrastruktur sekelilingnya harus memiliki teknologi nirkabel seperti Bluetooth, NFC atau teknologi baru lainnya.

Ini menjadi tantangan Toyota untuk menemukan atau membuat infrastruktur penunjang lain dalam hal ini solusi rumah atau gedung perkantoran pintar yang bisa menampung manfaat mobil masa depannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini