Beranda Otomotif Mobil Bertenaga Hidrogen Meluncur, Mampu Melesat  354 Km Per Jam

Mobil Bertenaga Hidrogen Meluncur, Mampu Melesat  354 Km Per Jam

1
0
Mobil Bertenaga Hidrogen Meluncur, Mampu Melesat  354 Km Per Jam

Royyan.net – Produsen otomotif asal Amerika Serikat (AS) bernama Hyperion baru-baru ini meluncurkan supercar bertenaga hidrogen baru yang memiliki performa luar biasa. Betapa tidak, mobil hidrogen tersebut diklaim dapat menempuh jarak lebih dari 1.000 mil atau 1.600 Km lebih tanpa perlu mengisi bahan bakar.

Bukan itu saja, yang membuat mobil ini sangat menarik sebagai mobil hidrogen adalah mampu melesat hingga kecepatan tinggi. Mobil yang diberi nama XP-1 ini juga mampu melesat dengan kecepatan tertinggi hingga 355 Km per jam.

XP-1 dari Hyperion juga miliki akselerasi yang luar biasa dimana dari kecepatan nol hingga 96 Km per jam cuma butuh waktu 2,2 detik saja. Dengan kecepatan dan performa segitu, ini tentu mengejutkan mengingat mobil ini menghasilkan nol emisi dan tidak seperti mobil sport pada umumnya.

Supercar berteknologi tinggi ini dikatakan merupakan produk dari pengembangan hampir satu dekade, dengan penggerak semua roda dan transmisi tiga kecepatan. Hyperion dari XP-1 dikatakan bakal mulai masuk jalur perakitan pada tahun 2022, itu akan bergabung dengan beberapa mobil bertenaga hidrogen lainnya di pasar, termasuk Honda Clarity, Toyota Mirai, dan Hyundai Nexo.

Selain itu, elemen aerodinamis di balik pintu ayunnya dapat menghasilkan energi bersih juga dengan tersedia panel surya yang dapat mengubah posisi agar sesuai dengan lintasan matahari. Di dalam kabin, mobil ini dilengkapi dengan layar lengkung 98 inci yang menyediakan kontrol gerakan bebas sentuh dan kanopi kaca melingkar menawarkan pemandangan dunia luar 360 derajat.

Didukung oleh hidrogen, XP-1 diklaim lebih senyap dari segi suara mesin dibandingkan dengan mesin mobil sejenis lainnya yang terkenal boros bahan bakar. Selain itu, mobil ini diklaim hanya perlu beberapa menit untuk mengisi bahan bakarnya.

Mobil berbahan bakar hidrogen juga tidak terlalu rewel dalam cuaca dingin dibandingkan dengan mobil listrik. Dan XP-1 menyimpan energi dalam tangki serat karbon dari pada baterai lithium-ion yang besar dan kuat.

Hyperion belum mengungkapkan harga mobil hidrogen XP-1 ini, tetapi kemungkinan berada di enam angka tertinggi, menurut laporan Tech Xplore.

CEO Hyperion Angelo Kafantaris menegaskan bahwa perusahaan yang berbasis di California tersebut telah mengatasi masalah keamanan yang ada. “Anda bisa melempar tangki kami dari gedung atau menembaknya dengan senapan berkekuatan tinggi. Mereka tidak akan pecah,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini