Beranda Aplikasi Mitra Tokopedia Bantu Ekosistem Warung di Tengah Gempuran Pandemi

Mitra Tokopedia Bantu Ekosistem Warung di Tengah Gempuran Pandemi

2
0
Mitra Tokopedia Bantu Ekosistem Warung di Tengah Gempuran Pandemi

Royyan.net – Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia menyebut terus mengakselerasi adopsi platform digital bagi para pelaku usaha tradisional termasuk pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis. Hal tersebut ditujukan agar pelaku usaha tersebut dapat terus mengembangkan usaha di tengah pandemi Covid-19, sekaligus mendorong pemulihan perekonomian Indonesia.

Praktiknya, aplikasi Mitra Tokopedia memungkinkan pelaku usaha tradisional membeli stok untuk toko offline-nya dengan lebih mudah dan efisien, kapan pun dan di mana pun, hanya lewat telepon genggam. Hal ini membuat para pelaku usaha tradisional tetap dapat beroperasi sekaligus menerapkan physical distancing di tengah situasi pandemi.

AVP of New Retail Tokopedia, Adi Putra, mengatakan, Tokopedia percaya bahwa para pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis juga merupakan garda depan dalam melawan pandemi.
“Mereka adalah bagian dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal yang berkontribusi lebih dari 60 persen pendapatan negara dan otomatis punya dampak besar terhadap pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini terdampak pandemi,” ungkap Adi melalui keterangan tertulisnya kepada Royyan.net.

Keberadaan warung juga dikatakan mampu membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar yang dibutuhkan selama pandemi. Melalui aplikasi Mitra Tokopedia, para pelaku usaha tradisional pun bisa meningkatkan pendapatan dengan memfasilitasi penjualan berbagai produk digital, seperti pulsa, paket data, voucher game, pembayaran tagihan listrik, air, BPJS dan lainnya.

Adi menjelaskan, jumlah transaksi produk digital melalui Mitra Tokopedia mengalami kenaikan signifikan selama periode pandemi dibandingkan periode sebelumnya. “Antusiasme pengguna Mitra Tokopedia juga secara umum terus meningkat dari waktu ke waktu,” imbuh Adi.

Hingga Juni 2020, aplikasi ini diklaim telah digunakan oleh jutaan pelaku usaha tradisional untuk melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Pergeseran pola belanja dari offline ke online karena adanya pandemi juga dikatakan membuka peluang besar bagi para pelaku usaha tradisional untuk meningkatkan pendapatan. Pasalnya, kini melalui aplikasi Mitra Tokopedia, pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis bisa menjadi titik pembayaran belanja online Tokopedia sambil memperoleh penghasilan tambahan dari setiap transaksi pembayaran.

Pihaknya juga menyebut kalau mereka baru saja meluncurkan fitur pembayaran Tagihan Tokopedia di aplikasi Mitra Tokopedia. Pelaku ritel tradisional yang memanfaatkan fitur ini bisa menjadikan warung atau tokonya sebagai titik pembayaran Tokopedia untuk berbagai kebutuhan masyarakat.

“Dengan bertambahnya pilihan metode pembayaran ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan kemudahan bertransaksi online untuk pertama kalinya,” terang Adi.

Caranya juga sangat mudah. Pembeli cukup memilih metode pembayaran Mitra Tokopedia ketika menyelesaikan transaksi, lalu melakukan pembayaran di warung atau toko kelontong terdekat yang sudah bergabung menjadi Mitra Tokopedia, yang berjumlah jutaan dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, pandemi juga mendorong pemilik warung mulai menjual produk kesehatan, seperti masker dan vitamin. Kerja sama Tokopedia dengan sejumlah produsen masker membuat para pemilik warung bisa mendapatkan masker dengan harga terjangkau untuk diperjualbelikan.

Para pemilik warung ini akhirnya bisa membantu mengatasi kelangkaan masker yang terjadi, terutama di masa awal pandemi. Tokopedia di sisi lain mengaku terus mengedukasi para pelaku usaha tradisional untuk mengikuti protokol kesehatan, seperti menjaga jarak aman, serta menggunakan masker selama berjualan.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini