Beranda Otomotif Mitos Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan

Mitos Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan

6
0
Mitos Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan

Royyan.net – Bagi pemilik mobil memanaskan mesin mobil dipagi hari atau sebelum dipakai sudah menjadi kebiasaan. Ini dilakukan hingga suhu mesin ideal sebelum dikendarai. Bahkan hingga saat ini, masih banyak orang yang percaya bahwa mesin mobil wajib dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan setiap harinya.

Tak jarang mereka akan merasa resah bila harus mengendarai mobil tanpa memanaskan mesinnya terlebih dahulu, karena mereka khawatir performa mesin tidak optimal saat dikendarai.

Lalu, apakah pernyataan di atas benar adanya? Masih terjadi salah kaprah, harus diakui hal ini sudah menjadi hal yang umum di masyarakat. Tapi agar kita bisa lebih paham mengenai permasalahan ini maka berikut ini jawabannya.

Harus dipahami kalau kegiatan memanaskan mesin mobil sebelum dikendarai boleh dilakukan tetapi tidak perlu memakan waktu lama. Karena pada dasarnya mobil-mobil yang diproduksi di era sekarang sudah menggunakan teknologi canggih.

Dimana bisa mengatur kebutuhan bahan bakar dan udara untuk proses pembakaran agar lebih optimal. Untuk mesin mobil terbaru sudah didesain untuk bisa menyesuaikan suhu otomatis dengan menggunakan sistem komputer, yang kini sering disebut sebagai mesin injeksi.

Oleh karena itu, mesin jenis ini tidak lagi memerlukan waktu yang lama untuk dipanaskan sebelum digunakan berkendara. Karena mesin sudah bisa menyesuaikan suhu secara otomatis dan cepat.

Kelebihan Mobil dengan Mesin Injeksi:

  1. Kelebihan pertama adalah hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk memanaskan mesin kendaraan, karena mesin sudah memiliki kemampuan menyesuaikan suhu.
  2. Emisi dari gas buang lebih rendah karena sistem pembakarannya yang lebih sempurna, sehingga hal ini bisa berakibat positif pada kondisi lingkungan.
  3. Mesin injeksi lebih mudah dalam mengeluarkan tenaga, hal ini disebabkan karena konstruksi injektornya berada di intake manifold, sehingga pencampuran bahan bakar lebih homogen, dan kerja pembakaran di mesin bisa berjalan dengan sempurna.
  4. Perawatan yang tergolong mudah, karena tidak memerlukan pembongkaran karbu untuk melakukan servis.

Memang pada dasarnya memanaskan mesin mobil masih perlu dilakukan, namun Anda tidak perlu memanaskan mesin tersebut lebih dari 5 menit, karena dengan memanaskan mesin mobil terlalu lama atau bahkan lebih dari 5 menit, maka hal itu mampu menimbulkan emisi gas buang yang berlebih.

Hal tersebut tentu sangat berbahaya bila dilakukan di ruangan tertutup, sehingga sangat dianjurkan untuk memanaskan mobil di ruangan terbuka atau di luar ruangan. Nah, jangan salah kaprah ya, bila mobil Anda tergolong mobil keluaran baru maka memanaskan mobil tak perlu membutuhkan waktu lama. Anda pastinya sudah tahu hal ini mitos atau fakta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini