Beranda Tips Mirip WhatsApp, Apa Itu RCS Pada Aplikasi Google Message yang Sudah Bisa...

Mirip WhatsApp, Apa Itu RCS Pada Aplikasi Google Message yang Sudah Bisa Dinikmati di Indonesia?

2
0
Gadgetren

Royyan.net – Pada November 2019 silam, Google telah mengumumkan protokol online yang bernama RCS sebagai platform SMS utama Android bagi siapa saja yang menggunakan aplikasi Android Message.

Aplikasi Google Message yang menggunakan teknologi RCS ini secara resmi sudah bisa dicicipi untuk pengguna handphone Android di Indonesia.

Lalu apa itu teknologi RCS yang kini digunakan Android sebagai platform SMS?

Pengertian RCS

RCS merupakan singkatan dari Rich Communications Services (RCS) yang kini telah digunakan oleh pengguna handphone Android untuk pertama kalinya di wilayah Eropa pada awal kemunculannya, kemudian merambah ke Amerika Serikat dan menyusul ke Asia.

Layanan berkirim pesan pengganti SMS (Short Message Service) ini merupakan aplikasi buatan Google yang bisa diatur sebagai aplikasi SMS default di perangkat Android. Biasanya pengguna Android akan memiliki aplikasi SMS konvensional bawaan, namun Android Message harus diunduh terlebih dulu melalui Google Play Store jika ingin menggunakannya.

Yang membuat layanan ini berbeda dari SMS biasa, RCS bisa dinikmati layaknya aplikasi WhatsApp dengan cara mengaktifkan fitur chat di pengaturan aplikasi Android Message.

Setelah fitur ini aktif kamu bisa menggunakan Android Message untuk berkirim pesan dengan berbagai jenis multimedia mulai dari foto, video, emoticon, GIF, lokasi, kontak, file dokumen hingga Google Assistant.

Selain itu, koneksi yang digunakan berbeda dengan SMS atau MMS karena RCS membutuhkan Wi-Fi dan data seluler kamu. Kamu pun juga bisa membuat grup untuk melakukan percakapan, mengetahui saat orang sedang mengetik, dan bahkan mengetahui teman kamu sudah membaca pesan.

Untuk dapat mengakses semua itu, maka kamu dan teman yang dikirimi pesan harus mengaktifkan fitur chat lebih dulu. Berdasarkan keterangan dalam pengaturannya dijelaskan, sayangnya tidak semua perangkat handphone kompatibel.

Fitur-Chat-Google-Message

Hal ini telah tim Royyan.net buktikan ketika ingin mengaktifkan fitur chat pada handphone Samsung Galaxy A10s.  Bila teman kamu yang dikirimi pesan tidak menggunakan fitur chat ini, maka ikon pesan secara otomatis memilih koneksinya baik itu lewat SMS ataupun MMS.

Cara Menggunakan Google Message

  1. Unduh dan pasang aplikasi Message dari Google Play Store.
  2. Jadikan aplikasi Message sebagai SMS default di perangkat handphone kamu.
  3. Masuk ke Setelan yang bisa ditemukan di bagian kanan atas dengan logo tiga titik.Cara-Mengaktifkan-fitur-chat-Google-Message
  4. Masuk ke menu Umum dan klik Fitur Chat.
  5. Pilih Aktifkan fitur chat dan Tunggu hingga terhubung.
  6. Setelah itu akan muncul notifikasi Status: Terhubung Fitur Chat Siap digunakan. Cara-Mengaktifkan-fitur-chat-Google-Message-2
  7. Kamu bisa berkirim pesan lewat aplikasi Message layaknya WhatsApp kepada teman yang juga mengaktifkan fitur chat ini.

Bagaimana menurut kalian, mudah bukan? Selain lewat WhatsApp, kini kamu bisa mengajak lebih banyak teman untuk mencoba berkomunikasi lewat Google Message. Bahkan kamu juga bisa melakukan panggilan telepon hingga video call juga lho!

Baca lebih lanjut seputar gadget di royyan.net

The post Mirip WhatsApp, Apa Itu RCS Pada Aplikasi Google Message yang Sudah Bisa Dinikmati di Indonesia? first appeared on Royyan.net.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini