Beranda Teknologi Messenger Room dari Facebook Hadir, jadi Penantang Zoom

Messenger Room dari Facebook Hadir, jadi Penantang Zoom

3
0
Messenger Room dari Facebook Hadir, jadi Penantang Zoom

Royyan.net – Facebook baru saja meluncurkan platform baru untuk video conference bernama Messenger Room. Peluncuran platform tersebut diluncurkan Facebook tampaknya sebagai tanggapan raksasa media sosial itu atas pertumbuhan pengguna Zoom.

Zoom selama beberapa minggu terakhir banyak digunakan akibat pandemi Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia memaksa banyak orang untuk lebih banyak diam di rumah. Pekerjaan dan kegiatan belajar yang tadinya harus dilakukan di kantor atau di sekolah kini harus dilakukan lewat platform video conference semisal Zoom.

Messenger Room dari Facebook seperti dijabarkan di laman resminya, sebanyak 50 peserta mampu ditampung dalam satu waktu konferensi atau panggilan video. Sebelumnya, melalui Facebook Messenger sendiri sudah memiliki fungsi obrolan video, tetapi terbatas baik dalam jumlah total orang yang diizinkan untuk berpartisipasi, dan dalam persyaratan bahwa mereka semua harus memiliki akun Facebook.

Dengan Messenger Room baru, semuanya berubah. Pertama, Anda dapat meng-host obrolan video hingga 50 orang dan mereka yang tidak memiliki akun Facebook juga dapat bergabung dan mereka akan menerima tautan ke Room yang telah Anda buat.

Dengan satu klik, mereka kemudian dapat bergabung dengan percakapan seperti halnya Zoom. Yang menariknya lagi, Messenger Room dari Facebook tidak memiliki batas waktu.

Jika Anda bergabung dengan Messenger Room melalui aplikasi Messenger, maka Anda dapat bermain dengan efek Augmented Reality (AR) juga dan fitur baru seperti latar belakang mendalam dan pencahayaan sesuai suasana hati juga mungkin dibuat.

Pembuat Room memilih siapa yang dapat melihat dan bergabung, dan dapat menghapus siapa saja dari panggilan kapan saja. Serta mengunci ruang konferensi jika mereka tidak ingin orang lain masuk. Dan tentu saja Anda dapat meninggalkan Room kapan pun Anda mau.

Room yang Anda buat melalui grup Facebook juga terbuka secara default untuk anggota grup itu. Namun sayang, di tengah isu keamanan terkait platform video conference seperti Zoom, Facebook dengan Messenger Room juga demikian, aplikasi tersebut tidak dienkripsi ujung ke ujung, karena ada tantangan signifikan menyediakan enkripsi semacam itu untuk panggilan video dengan sekelompok besar orang.

Hanya saja, Facebook mengklaim sedang aktif bekerja menuju hal ini untuk masa depan. Sementara itu, konten Room dienkripsi antara peserta dan server Facebook, yang ditempatkan hanya di beberapa negara yang memiliki aturan hukum yang kuat.

Perusahaan juga berjanji tidak menonton atau mendengarkan panggilan audio atau video pengguna. Messenger Room sendiri telah diluncurkan di beberapa negara minggu ini, dan akan berkembang secara global dalam beberapa minggu mendatang.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini