Beranda Teknologi Memprediksi Harga Sony PlayStation 5, Benarkah Tak Akan Murah?

Memprediksi Harga Sony PlayStation 5, Benarkah Tak Akan Murah?

3
0
Memprediksi Harga Sony PlayStation 5, Benarkah Tak Akan Murah?

Royyan.net – Para gamer sekaligus penggemar konsol game besutan Sony yakni PlayStation (PS) saat ini tampaknya sedang senang-senangnya. Sebab, pada Jumat (12/6) dini hari lalu, Sony akhirnya secara resmi mengungkap wujud konsol game PS5 terbaru.

Melalui acara tersebut, Sony juga mengumumkan jajaran game-game yang akan hadir bersamaan dengan peluncuran PS5, yang rencananya berlangsung akhir 2020 ini. Dalam game yang dipamerkan, ada beberapa game dengan judul familiar. Sedangkan judul-judul game terbaru dibuat oleh pengembang besar atau studio game indie.

Soal PS5, detail mengenai spesifikasi juga pernah sedikit disinggung Sony. Secara mengejutkan, Sony mengumumkan perangkat PS5 akan datang dalam dua varian. Yakni PS5 reguler dan PS5 Digital Edition, yang hadir tanpa slot optic atau drive fisik untuk memutar Blu-ray.

Kini misteri yang tersisa dari PS5 adalah kapasitas penyimpanan dan tentunya harga dari perangkat tersebut. Wujud sudah diungkapkan. Game-game yang akan hadir juga diberitahukan. Beberapa spesifikasi pun demikian, lantas berapa harga konsol tersebut nantinya saat hadir di pasaran?

Banyak pihak memprediksi bahwa PS5 tak akan hadir dengan harga yang terjangkau. Sony pun demikian, mengamini bahwa aspek spesifikasi perangkat pada akhirnya memengaruhi harga konsol PS5.

Dilansir dari TechRadar, Minggu (14/6), sejumlah penggemar, para pemerhati industri game, dan analis memprediksi kalau harga perangkat PS5 akan berada di atas USD 499 atau sekitar Rp 6,9 jutaan lebih. Harga tersebut jelas lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga PS4 saat pertama kali dirilis.

Para pemerhati game menilai, harga yang lebih tinggi itu masuk akal mengingat lompatan generasi dan spesifikasi yang dibawa Sony. Sementara untuk harga dari PS5 Digital Edition diprediksi akan lebih murah dari PS5 reguler yang hadir dengan pemutar cakram digital Blu-ray fisik.

Untuk harga PS5 Digital Edition, analis memperkirakan bahwa varian ini akan lebih murah dibanding 4K Blu-ray. Sebab Sony tidak menyematkan drive (hard disk) di dalam perangkat tersebut, meskipun dari segi spesifikasi tetap sama yakni didukung komponen-komponen yang mumpuni. Seperti SSD 852GB dan CPU AMD Zen 2 core delapan serta GPU AMD RDNA 2. Harga PS5 Digital Edition diprediksi akan mencapai atau justru lebih dari USD 399 atau sekitar Rp 5,5 jutaan.

Seperti sudah berkali-kali disebut di atas, harga tersebut adalah prediksi, dari hasil menaksir spesifikasi yang ada dan membandingkannya dengan generasi sebelumnya. Untuk harga pastinya, tentu kita mesti harus menunggu sampai Sony benar-benar meluncurkan PS5 pada musim liburan akhir tahun 2020 mendatang.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini