Beranda Otomotif Meluncur Tanpa Lawan SUV Kia Sonet Dibaderol Mulai Harga Rp193 Juta

Meluncur Tanpa Lawan SUV Kia Sonet Dibaderol Mulai Harga Rp193 Juta

2
0
Jawapos

Royyan.net – Lama menjadi perbincangan akhirnya Kia Sonet resmi meluncur dan siap dipasarkan untuk pasar Indonesia. Mobil yang di impor utuh dari India oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) akan bermain di segmen compact sport utility vehicle (SUV).

Peluncuran dilakukan secara virtual dari akun resmi Youtube Kia Indonesia (11/11). Sementara ini Kia Sonet belum mendapat lawan yang sepadan di pasar otomotif Indonesia, ini akan membuat Kia Sonet cukup leluasa dalam memasarkan. Apalagi mobil merek Korea Selatan ini dibanderol mulai Rp 193 jutaan hingga.

Menurut Presiden Direktur KIA Andrew Nasuri mengatakan, kalau kehadiran Sonet selain menambah jajaran line-up produk Kia di Indonesia juga menjadi negara kedua setelah India dalam hal peluncuran.

Sedangkan Global Vice President Brand & Marketing Kia Motors Corporation Artur Martins mengungkapkan kalau Kia Sonet merupakan SUV dengan konsep baru untuk pasar global. “Model ini memiliki desain modern dengan teknologi terkini, yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi muda,” kata Artur Martins.

SUV kompak Kia Sonet di Indonesia menggunakan mesin bensin Gamma II DOHC, Dual CVVT berkubikasi 1.497 cc. Mampu menyemburkan tenaganya mencapai 115 ps atau 113 tk pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm.

Pengendara bisa menikmati enam mode berkendara yang ditawarkan Sonet melalui sistem transmisi 8 percepatan Intelligent Variable Transmission (IVT). Kia mengklaim trasmisi ini memiliki rasio chain pulley lebih lebar di kelasnya yang menghasilkan tenaga lebih besar di rpm rendah. Kia juga mengklaim konsumsi bahan bakar lebih efisien di rpm tinggi.

Kia Sonet resmi meluncur dan Indonesia menjadi negara kedua setelah India. (Istimewa)

Di sektor keselamatan, Kia Sonet sudah dibekali dengan 6 airbags, Anti Lock Brake System (ASB), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist Control (HAC).

Walaupun dipasarkan di bawah Rp 300 jutaan, namun fitur yang diberikan untuk yang berkaitan dengan sistem hiburan bisa dibilang setara dengan mobil premium. Diantaranya penggunaan LCD 8,8 inci yang terintegrasi dengan Bose System with Multiple Bluetooth connection, voice recognition, USB and Auxiliary, dan sudah mendukung Apple CarPlay serta Android Auto.

Dua perangkat terakhir ini dapat diaktifkan melalui konektivitas Bluetooth maupun WiFi. Jadi tidak perlu repot-repot menggunakan kabel data.

Tampilan eksterior sangat mempunyai karakter sebagai sebuah SUV, ditampakkan dengan adanya hadirnya guratan kuat pada bagian depan yang melebur dengan ciri khas Kia, yakni Tiger Nose. Pada varian tertingi, sudah dihadirkan dengan sun roof dan beberapa fitur unggulan lainnya.

Ada beberapa varian yang dipasarkan dengan harga yang berbeda yaitu untuk Sonet 1.5 iVT Premiere dibanderol Rp 289 juta, Sonet 1.5 iVT Dynamic dibanderol Rp 265 juta. Sedangkan untuk Kia Sonet 1.5 iVT Smart dibanderol Rp 251,500,000, Sonet 1.5 M/T Smart Rp238,500,000, Sonet 1.5 M/T Active Rp204,500,000. dan Sonet 1.5 M/T Standard Rp193 juta.

PT Kreta Indo Artha (KIA) memberikan garansi 7 tahun atau 200 ribu kilometer kepada konsumen di Indonesia agar mereka tidak perlu khawatir saat membeli Kia Sonet

Kia Sonet belum memiliki lawan yang benar-benar setara. Lawan yang pantas sebenarnya adalah Nissan Magnite, Toyota Raize, Renault Kiger, Daihatsu Rocky. Namun mereka belum masuk Indonesia. Sementara ini lawan yang paling mendekati adalah MG ZS, Suzuki S-Cross, Honda HR-V dengan acuan berdasar ukuran bodi serta mampu menampung lima penumpang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini