Beranda Otomotif Mazda Bongo Buatan Daihatsu Indonesia Sempat Dianggap Sebelah Mata

Mazda Bongo Buatan Daihatsu Indonesia Sempat Dianggap Sebelah Mata

2
0
Jawapos

Royyan.net – Seperti diketahui belum lama ini Mazda Bongo rebadge Daihatsu Gran Max telah diluncurkan di Jepang yang merupakan buatan Indonesia. Mobil komersial terbaru Mazda ini ada dua varian yaitu Bongo Van dan pick-up. Meskipun telah diluncurkan sejak Juli, rencananya Mazda Bongo akan mulai dipasarkan pada 11 September 2020.

Bukan hal mudah untuk melakukan ekspor mobil buatan Indonesia ke Jepang. Hal itu dialami langsung oleh PT Astra Daihatsu motor saat mengekspor Gran Max. Hal ini diungkapakn langsung Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT ADM. Menurut Amelia ada kerja sama antara Daihatsu dan Mazda untuk pasar Jepang.

“Sebenarnya kita ambil dari basis GranMax yang 1,5 liter. Namun di Jepang mempunyai standar keselamatan yang berbeda dengan Indonesia. Khusus untuk ekspor ke Jepang, spesifikasinya mengikuti negara tujuan,” ujar Amelia saat tanya jawab di acara digital press conference.

Saat ini GranMax dipasarkan oleh tiga merek yaitu selain Daihatsu juga ada Toyota dan Mazda. Menurut Amelia kalau produk Indonesia yang masuk ke negara Jepang itu basisnya adalah GranMax, dijual brand Toyota berlebel TownAce, LiteAce, Daihatsu berlebel GranMax dan brand Mazada berlebel Bongo.

“Sebagai orang Indonesia semestinya bangga, karena mbahnya kualitas itu Jepang. Kalau sampai sebuah negara bisa mengekspor ke Jepang, itu adalah pencapaian bagi negara tersebut,” tambahnya.

Namun disisi lain mobil buatan Daihatsu Indonesia sempat dianggap sebelah mata. Menurut Amelia awalnya pihak diler Daihatsu di Jepang meragukan soal kualitas produk asal Indonesia. Mereka bahkan ingin membuktikan langsung dengan datang ke pabrik Daihatsu di Indonesia.

“Saat akan melakukan ekspor GranMax ke Jepang, para diler di Jepang tak percaya dengan kita. Mereka pun datang ke Indonesia demi melihat langsung proses produksi di pabrik Daihatsu sama seperti di Jepang,” ucap Amelia

Seperti diungkapkan di awal bila berbicara spesifikasi antara versi domestik (Daihatsu GranMax) dan versi ekspor (Mazda Bongo), perbedaannya hanyalah pada sisi kelengkapan fitur keselamatannya saja.

Sebagai informasi, Daihatsu sendiri telah melakukan ekspor mobil buatan Indonesia ke Jepang sejak tahun 2007. Bila mengutip data distribusi ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memang hanya Daihatsu yang mengirim mobilnya ke Jepang. Sementara pabrikan lain juga mengekspor namun ke negara di luar Jepang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini