Beranda Review Lenovo ThinkPad X395 dengan Ryzen Pro: Bobot Ringan untuk Profesional

Lenovo ThinkPad X395 dengan Ryzen Pro: Bobot Ringan untuk Profesional

2
0
Jawapos

Royyan.net – Pabrikan berlomba-lomba menghadirkan laptop yang ringkas dan ringan, namun tetap powerful. Lenovo tidak mau ketinggalan. Brand asal Tiongkok itu menghadirkan ThinkPad X395 yang berbobot 1,28 kg dengan AMD Ryzen 7 Pro Mobile 3700U dan AMD Radeon Vega.

Lenovo mengklaim ThinkPad X395 sebagai master of mobility. Sebab, hemat daya, namun tetap handal untuk menjalankan berbagai software karena didukung 2nd Gen AMD Ryzen Pro APU. Selain itu, bentang layar 13,3 inch membuatnya tetap enak untuk dibawa kemana saja.

Royyan.net berkesempatan untuk menjajal ThinkPad X395. Versi yang dicoba adalah non-touch screen. Berikut impresi kami setelah mencoba:

Desain

Seri X395 masih membawa desain khas ThinkPad. Dibalut warna hitam dengan aksen merah pada trackpoint serta tombol trackpad bagian atas untuk klik kiri dan kanan. Benar-benar khas. Namun, ukurannya tipis karena dimensinya 311.9mm x 217.2mm x 16.9mm.

Layar ThinkPad X395 adalah 13.3 inch FHD IPS. Pada bezel layar bagian atas, ada penutup kamera yang disebut ThinkShutter. Ini untuk memastikan kamera tidak merekam aktivitas tanpa izin. ThinkShutter bukan satu-satunya fitur keamanan, sebab ada kamera inframerah dan sidik jari untuk pilihan login biometrik.

ThinkPad X395 hadir dengan aksen merah pada trackoint dan tombol di trackpad. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Soal port konektivitas, ThinkPad X395 punya banyak. Di sisi kanan, ada USB 3.1 (Gen 2, always on), smart card reader, dan Kensington lock. Sedangkan di sisi kiri, USB 3.1, 2 x USB-C yang salah satunya untuk colokan charger, Ethernet port, HDMI 2.0, dan headphone/mic combo. Sedangkan di bagian belakang, ada satu MicroSD card reader.

Yang menarik dari proses pengisian daya tidak hanya karena sudah pakai USB type C. Tetapi juga sudah mendukung rapid charge. Dalam waktu satu jam, 80 persen baterai akan terisi. Klaimnya, dari 80 persen baterai, bisa digunakan sampai 11,5 jam. Sedangkan saat penuh 100 persen, bisa dipakai hingga 14,5 jam.

Performa

Lenovo ThinkPad X395 ditujukan untuk profesional. Itulah kenapa, menawarkan mobilitas dengan daya tahan baterai sampai 14,5 jam. Untuk mendukung para profesional, Lenovo membekali ThinkPad X395 dengan Ryzen 7 Pro Mobile 3700U.

Untuk RAM, Thinkpad X395 berkapasitas 16GB. Sedangkan ruang penyimpanan yang disediakan adalah 512GB berbasis SSD NVMe M.2. Itulah kenapa, laptop ini sangat kencang. Baik saat booting, maupun ketika menjalankan berbagai software.

Saat dicoba untuk mengukur kemampuan processor dalam melakukan aktifitas rendering gambar lewat Cinebench R15 dan R20, hasilnya lumayan. Skor untuk Cinebench R15 adalah 354 cb dan untuk CPU single core sebesar 114 cb. OenGL-nya masih bisa mendapatkan 42.71 FPS. Sedangkan Cinebench R20, CPU-nya mendapat skor 953 pts dan CPU single core sebesar 312 pts.

ThinkPad X395 sudah menggunakan USB type C untuk pengisi daya. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Lenovo Thinkpad X395 yang tidak ditujukan untuk pasar gamer terlihat dari hasil Fire Strike. Nilainya 1437. Dengan graphics test 1 sebesar 7.58 FPS dan graphics test 2 6.60 FPS. Ini menunjukkan kalau game mainstream kelas berat tidak bisa dimainkan dengan grafis rata kanan. Namun, beberapa masih bisa jalan dengan kualitas grafis rendah.

Itu terlihat dari hasil uji coba Sky Diver yang mendapat skor 4865. Detilnya, graphics test 1 mendapat 20,61 FPS dan graphics test 2 23.99 FPS. Game casual terutama yang berasal dari Microsoft Store bisa dijalankan dengan baik. Lumayan kan untuk menghilangkan penat saat bekerja.

Gaming

Sebagai laptop untuk pekerja, game sebenarnya bukan untuk penggunaan utama. Namun, APU milik AMD dikenal juga handal untuk bermain game. Oleh sebab itu, kami juga mencobanya. Siapa tahu, bisa menjadi teman untuk membuang penat saat bekerja.

Game yang dicoba adalah Resident Evil 3 Remake. Seperti yang sudah disinggung, game ini mustahil dijalankan dengan performa terbaik. Oleh sebab itu, perlu ada penyesuaian. Seperti kualitas grafis menjadi low, dan resolusi menjadi 1280×720. Dalam mode ini, game bisa berjalan dengan lancar.

ThinkPad X395 punya bobot ringan dan tipis. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Bagi yang suka DOTA 2, saat game berjalan dengan resolusi 720, rata-rata bisa mencapai 70 FPS. Skor minimalnya adalah 39 FPS. Peran konfigurasi manual sangat menentukan untuk bisa menjalankan berbagai game. Terutama, yang tidak berasal dari Microsoft Store.

Itulah kenapa, lebih aman untuk memasang permainan dari Microsoft Store. Berbagai game bisa dijalankan dengan lancar. Seperti Asphalt, hingga berbagai game first person shooter. Banyaknya casual gaming bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan penat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini