Beranda Otomotif Lawan Royal Enfield Classic, Honda Bakal Rilis H’ness CB350

Lawan Royal Enfield Classic, Honda Bakal Rilis H’ness CB350

1
0
Lawan Royal Enfield Classic, Honda Bakal Rilis H’ness CB350

Royyan.net – Seri Honda CB adalah salah satu lini produk sepeda motor Honda yang paling terkenal. Honda terus membuat CB hingga hari ini namun model klasik yang debut antara decade 1960-an dan 1970-an juga tetap masih dicari banyak kolektor.

Sementara CB terus berevolusi, sayangnya saat ini tak ada satupun model Honda CB baru yang hadir sebagai trah klasik model tersebut. Honda juga tercatat sebagai satu-satunya pabrikan sepeda motor yang tidak memainkan produk nostalgia atau “yang klasik-klasik” seperti yang banyak dimainkan pabrikan saat ini termasuk yang konsisten menghadirkan motor klasik adalah Royal Enfield.

Namun tampaknya hal tersebut kini telah berakhir. Dalam upaya mengikuti tren dan melawan dominasi Royal Enfield untuk sepeda motor klasik, Honda kini membesut motor klasik yang dinamakan H’ness CB350 yang serba baru di pasar India.

Untuk diketahui juga, pasar tersebut merupakan basis dari Royal Enfield. Selain itu, seperti sudah disinggung di atas, hal tersebut sekaligus upaya Honda untuk mengejar Royal Enfield di segmen neo-klasik.

Untuk motor H’ness CB350, seperti bisa dilihat pada gambar, motor tersebut desainnya memiliki semua gaya klasik yang diperlukan untuk mencoba menguasai pangsa pasar Enfield. Hal tersebut seolah menyiratkan bahwa CB350 asli tidak pernah dihentikan dan berevolusi selama beberapa dekade, yang hampir sama dengan Enfield.

Di sektor mesin, motor klasik Honda itu hadir dengan mesin silinder tunggal berkubikasi 348 cc baru. Mesin dikawinkan dengan gearbox lima kecepatan dan diklaim memiliki tenaga 20 tenaga kuda dan torsi 22 lb-ft.

Motor baru ini juga dilengkapi dengan lampu depan LED, konektivitas Bluetooth, cluster instrumen digital atau analog, garpu teleskopik di depan, shockbreaker ganda di belakang, dan kontrol traksi. Fitur-fitur tersebut merupakan fitur yang terbilang canggih dan boleh dikatakan berani untuk segmen motor gede (moge) pemula.

Untuk harganya sendiri, motor ini dibanderol dengan harga yang terbilang menggoda. Harga dari moge entry level ini hadir mulai dari INR 190.000 atau sekitar Rp 38,5 jutaan di pasar India. Bila motor tersebut bakal masuk ke Indonesia, diperkirakan harganya bakal tidak jauh dari Royal Enfield Classic (sekitar Rp 100 jutaan), mengingat tingginya pajak. (*)

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini