Ketentuan Pengguna

Last Updated: 12 Juni 2022

Syarat dan Ketentuan Pemakaian ini berisi ketentuan-ketentuan yang mengatur hubungan antara Kediri Service, Pengguna, Penyedia Jasa dan Pelanggan atas penggunaan Layanan di aplikasi Kediri Service. Pengguna diwajibkan untuk membaca, mempelajari dan memahami dengan teliti Syarat dan Ketentuan Pemakaian ini. Dengan melakukan pendaftaran (sign up) dan/atau menggunakan aplikasi Kediri Service, maka Pengguna dianggap telah membaca, mempelajari, memahami dan menyetujui semua Syarat dan Ketentuan Pemakaian ini dan karenanya secara hukum terikat pada hubungan hukum berdasarkan Syarat dan Ketentuan Pemakaian ini. Dalam hal Pengguna tidak menyetujui baik sebagian maupun seluruh Syarat dan ketentuan Pemakaian ini, maka Pengguna tidak diperkenankan untuk melakukan pendaftaran (sign up) dan menggunakan Layanan. Kediri Service berhak, pada setiap waktu dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pelanggan, untuk memperbaiki, menghilangkan, atau merubah Layanan dan/atau halaman apapun pada Platform dan/atau Syarat dan Ketentuan Pemakaian, termasuk perubahan atas kebijakan data pribadi dan segala hal yang terkait dengan Ketentuan ini.

Pasal 1

Ruang Lingkup

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, Kediri Service menyediakan platform sistem elektronik dalam bidang marketplace layanan jasa pada aplikasi Kediri Service yang terkoneksi dengan internet, dengan ruang lingkup usaha mempertemukan Penyedia Jasa dan Pelanggan untuk melakukan Pekerjaan Jasa. Dalam Layanan ini baik Kediri Service, Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat untuk saling mengikatkan diri berdasarkan Syarat Dan Ketentuan Pemakaian ini untuk mempertemukan Penyedia Jasa dan Pelanggan guna melakukan Pekerjaan Jasa dan membayar Harga Jasa, termasuk tapi tidak terbatas pada penyediaan fasilitas promosi dan sistem pembayaran dengan menggunakan uang tunai.

Pasal 2

Definisi

Istilah-istilah berikut ini akan memiliki pengertian sebagai berikut kecuali secara tegas ditentukan lain:

  1. “Kediri Service” adalah nama merek.
  2. “Layanan” adalah kegiatan usaha yang dilakukan oleh Kediri Service untuk mempertemukan Penyedia Jasa dan Pelanggan untuk melakukan Pekerjaan Jasa dengan menggunakan Platform.
  3. “Platform” adalah sistem elektronik yang terhubung dengan internet yang dioperasionalkan pada aplikasi Kediri Service dan dapat diakses di seluruh dunia serta berada di bawah kepemilikan dan penguasaan Kediri Service.
  4. “Pengguna” adalah setiap orang yang mengunjungi Platform, baik yang tidak terdaftar maupun yang terdaftar sebagai Pelanggan, Penyedia Jasa, dan lainnya.
  5. “Pelanggan” adalah setiap orang yang melakukan pendaftaran (sign up) dan memiliki Akun pada Platform.
  6. “Penyedia Jasa” adalah Pelanggan yang menyediakan Pekerjaan Jasa.
  7. “Harga Jasa” adalah harga yang wajib dibayar oleh Pelanggan kepada Penyedia Jasa atas telah dilaksanakannya Pekerjaan Jasa.

Pasal 3

Kesepakatan Para Pihak

Kediri Service sepakat untuk menyediakan Layanan sebagaimana Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat untuk menggunakan Layanan. Penyediaan dan penggunaan Layanan ini dilakukan dengan ketentuan, Pemberi Jasa dan Pelanggan dengan ini memberikan kuasa kepada Kediri Service untuk:

  1. Mempertemukan, merekomendasikan dan/atau Permintaan Pekerjaan Jasa di antara Pelanggan dan Penyedia Jasa.
  2. Melakukan promosi Pekerjaan Jasa di antara Penyedia Jasa dan Pelanggan dan di dalam sistem elektronik lainnya baik yang terafiliasi maupun yang tidak terafiliasi dengan Kediri Service.

Pasal 4

Hak Dan Kewajiban Para Pihak

  1. Kediri Service
    1. Kediri Service berkewajiban untuk memberikan Layanan kepada Penyedia Jasa dan Pelanggan.
    2. Kediri Service berhak untuk menerima pembayaran Marketing Fee dari Penyedia Jasa.
  2. Penyedia Jasa
    1. Penyedia Jasa berhak untuk menggunakan Layanan dan menerima pembayaran Harga Jasa dari Pelanggan.
    2. Penyedia Jasa berkewajiban untuk melakukan Pekerjaan Jasa untuk pelanggan dan membayar Marketing Fee atau membayar Credit Point kepada Kediri Service.
  3. Pelanggan
    1. Pelanggan berhak untuk menggunakan Layanan dan menerima hasil Pekerjaan Jasa dari Penyedia Jasa.
    2. Pelanggan berkewajiban untuk melakukan pembayaran Harga Jasa kepada Penyedia Jasa.

Pasal 5

Ketentuan Umum

  1. Materi dan konten yang terdapat dalam Platform tersedia dan disediakan dengan tanpa jaminan keakuratannya, kecuali secara tegas disebutkan sebaliknya oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku dan oleh Kediri Service, pihak ketiga, penyedia konten dan/atau pemasang Iklan.
  2. Dalam menggunakan Layanan, Pelanggan wajib untuk melakukan pemeriksaan dan peninjauan terhadap segala informasi yang diterima oleh Pelanggan terkait penggunaan Layanan tersebut dan membuat pilihan yang tepat. Dalam hal Pelanggan mengajukan komplain atas penggunaan Layanan atau atas penerimaan hasil Pekerjaan Jasa dari Penyedia Jasa, maka Kediri Service akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan mediasi permasalahan di antara Pelanggan dan Penyedia Jasa, dan bila permasalahan tersebut tetap tidak dapat diselesaikan atau meningkat menjadi sengketa hukum, Kediri Service berhak untuk membekukan sementara waktu Akun dari Penyedia Jasa, termasuk menghilangkan status “Verified Professional” ataupun “Validated” beserta keuntungannya.
  3. Dalam memberikan Layanan, Kediri Service akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghubungkan Pelanggan dan Penyedia Jasa yang direkomendasikan, namun demikian Kediri Service tidak bertanggung jawab atas semua tindakan Penyedia Jasa yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, baik berupa pelanggaran peraturan perundang-undangan maupun pelanggaran perjanjian.
  4. Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat untuk membebaskan Kediri Service dari segala bentuk tanggung jawab dan tuntutan hukum, sampai batas yang diperbolehkan, atas setiap tindakan dan/atau perbuatan yang dilakukan oleh Penyedia Jasa dan/atau Pelanggan dalam menggunakan Layanan.
  5. Dalam memberikan Layanan, Kediri Service berhak untuk menggunakan pemasok pihak ketiga dalam menyediakan sebagian peralatan, sistem dan/atau jasa yang mendukung sistem Layanan, yaitu yang meliputi namun tidak terbatas pada penggunaan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan, koneksi, server dan konsultan, dan Kediri Service tidak bertanggung jawab atas segala kegagalan dan/atau kerusakan sistem Layanan yang disebabkan oleh penyediaan sebagian peralatan, sistem dan/atau jasa yang mendukung Sistem Layanan tersebut sepanjang kegagalan dan/atau kerusakan tersebut disebabkan karena hal-hal yang berada di luar kendali Kediri Service.
  6. Dalam menggunakan Layanan, Pelanggan dilarang untuk:
    1. Menyebarkan segala bentuk informasi yang dapat menimbulkan konflik antar suku, ras, agama dan antar golongan.
    2. Melakukan transaksi yang bersifat pencucian uang (money laundering), pendanaan bagi kegiatan terorisme, transaksi narkotika dan obat-obatan terlarang dan/atau kegiatan lainnya yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan.
    3. Melakukan aktivitas yang dapat menyebarkan atau mendistribusikan virus atau material teknologi berbahaya lainnya, termasuk meretas bagian apapun dari Platform, merusak data, mengirimkan Iklan yang tidak diinginkan atau mencoba mempengaruhi kelangsungan dan fungsi dari Platform atau sistem elektronik dari mitra Kediri Service.

Pasal 6

Akun

  1. Untuk dapat menggunakan Layanan, setiap Pengguna wajib untuk menjadi Pelanggan dengan cara melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan memiliki Akun pada Platform. Pendaftaran tersebut dapat dilakukan dengan cara:
    1. Pendaftaran secara mandiri dengan cara mengisi formulir yang telah disediakan oleh Kediri Service pada Platform berdasarkan inisiatif dari Pengguna sendiri.
    2. Pendaftaran yang dilakukan dengan bantuan Kediri Service berdasarkan persetujuan dan konfirmasi dari Pengguna dengan menggunakan sarana komunikasi apapun (telepon, email, dll).
  2. Dalam melakukan pendaftaran, Pengguna wajib untuk menyerahkan data pribadi yang meliputi tapi tidak terbatas pada nama, domisili, alamat email dan nomor telepon. Dalam hal Pengguna memberikan informasi dan data Pribadi yang tidak benar atau tidak sesuai, baik disengaja maupun tidak disengaja dan hal tersebut menimbulkan atau dapat menimbulkan kerugian pada Pelanggan lain atau pihak manapun, maka Kediri Service tidak bertanggung jawab atas kerugian tersebut dan Pengguna dengan ini membebaskan Kediri Service dari tuntutan pihak manapun yang disebabkan kerugian karena ketidakbenaran informasi dan data tersebut.
  3. Setelah melakukan pendaftaran (sign up), Pelanggan berhak untuk menerima Akun dalam Platform beserta username dan password dari Kediri Service, yang dapat digunakan oleh Pelanggan untuk menggunakan Layanan. Pelanggan wajib untuk menjaga dan merahasiakan serta bertanggung jawab terhadap username dan password tersebut, tidak menyerahkannya kepada pihak manapun, dan Kediri Service tidak bertanggungjawab atas penggunaan username dan password tersebut oleh Pelanggan.
  4. Pelanggan yang telah melakukan pendaftaran (sign up) berhak untuk menjadi Penyedia Jasa dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran sebagai Penyedia Jasa. Untuk menjadi Penyedia Jasa, Pelanggan wajib untuk memberikan informasi dan data mengenai Pekerjaan Jasa yang akan ditawarkan oleh Pelanggan dengan cara mengisi formulir yang telah disediakan oleh Kediri Service dan, termasuk tapi tidak terbatas pada melakukan upload logo usaha, mengisi informasi nama usaha, deskripsi usaha, kategori jasa, sub-kategori jasa, lokasi jangkauan layanan, nomor handphone, alamat email, alamat lengkap, portofolio bisnis dan informasi tambahan, dan Kediri Service berhak untuk melakukan validasi atas informasi dan data mengenai Pekerjaan Jasa tersebut dengan ketentuan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Kediri Service dengan tidak mengurangi hak Kediri Service untuk menolak pengajuan pendaftaran sebagai Penyedia Jasa tersebut.
  5. Segala informasi dan data yang diserahkan oleh Pelanggan dan Penyedia Jasa dalam proses pendaftaran dan/atau Layanan dapat digunakan oleh Kediri Service untuk menyediakan, memperbaharui dan mengembangkan Layanan, dan Pelanggan atau Penyedia Jasa dapat tetap memiliki hak atas data yang diserahkan dan meminta penghapusan informasi dan data yang diinginkan. Dengan menyerahkan informasi dan data kepada Kediri Service melalui Platform, Pelanggan dan Penyedia Jasa memberikan kepada Kediri Service izin non-eksklusif, bebas dari royalti, meliputi seluruh dunia, lisensi terbatas yang dapat digunakan, untuk memodifikasi, menghapus, menambahkan, ditampilkan secara publik, memperbanyak dan menerjemahkan, termasuk mendistribusikannya tanpa batas di semua format media melalui saluran media apapun. Dalam hal Pelanggan dan/atau Penyedia Jasa membagikan informasi dan data di situs atau aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan Youtube, Pelanggan dan Penyedia Jasa akan mengikuti kebijakan privasi, ketentuan, dan hak untuk berbagi data dari pihak ketiga tersebut.
  6. Kediri Service berhak untuk melakukan pemblokiran Akun Pelanggan dengan ketentuan, dengan dilakukannya pemblokiran Akun Pelanggan, maka Pelanggan yang bersangkutan menjadi berada dalam status tidak terdaftar dalam Platform dan karenanya tidak berhak untuk menggunakan Layanan. Pemblokiran Akun Pelanggan dapat terjadi dengan alasan:
    1. Pelanggan melakukan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Pemakaian.
    2. Pelanggan memberikan data Pribadi, data Pekerjaan Jasa dan/atau data-data lainnya yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
    3. Pelanggan memiliki lebih dari 1 (satu) Akun, baik yang terdaftar atas nama Pelanggan sendiri maupun yang terdaftar atas nama afiliasi dari Pelanggan, yaitu yang meliputi tapi tidak terbatas pada karyawan, anggota keluarga dan/atau anak perusahaan dari Pelanggan.
  7. Pelanggan dengan ini menyatakan bahwa Kediri Service tidak bertanggung jawab atas kerusakan akun Pelanggan yang disebabkan karena penggunaan secara tidak bertanggung jawab baik oleh Pelanggan sendiri maupun oleh pihak lain.

Pasal 7

Pekerjaan Jasa

  1. Ruang Lingkup Pekerjaan Jasa meliputi Pekerjaan Jasa dengan deskripsi sebagaimana yang telah ditentukan oleh Kediri Service. Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat, bahwa masing-masing hanya menawarkan dan menerima penawaran Pekerjaan Jasa terbatas pada ruang lingkup Pekerjaan Jasa tersebut.
  2. Penyedia Jasa dan Pelanggan setuju bahwa Kediri Service berhak, tanpa kewajiban untuk memberitahukan atau mendapat persetujuan terlebih dahulu dari Penyedia Jasa dan Pelanggan, untuk melakukan perubahan termasuk pengurangan atau penambahan ruang lingkup Pekerjaan Jasa.
  3. Dalam menggunakan Layanan, Penyedia Jasa wajib untuk memberikan informasi mengenai Pekerjaan Jasa yang ditawarkannya dengan sebenar-benarnya, yaitu yang meliputi tapi tidak terbatas pada deskripsi lengkap Pekerjaan Jasa, portofolio, foto dan/atau gambar hasil Pekerjaan Jasa yang pernah dilakukan dan perizinan yang masih berlaku, baik dalam bentuk kode, audio, video, teks maupun gambar. Penyedia Jasa dengan ini memberikan kuasa dan wewenang kepada Kediri Service untuk mengumumkan dan/atau mempublikasikan informasi tersebut baik melalui Platform, sistem elektronik yang menjadi rekanan Kediri Service, social media dimana Kediri Service terdaftar maupun sistem elektronik lainnya.

Pasal 8

Layanan

  1. Ruang Lingkup Layanan meliputi Layanan dengan deskripsi sebagaimana yang telah ditentukan oleh Kediri Service.
  2. Untuk dapat menerima Pekerjaan Jasa, Pelanggan wajib untuk mengajukan permintaan penawaran Pekerjaan Jasa terlebih dahulu melalui Platform dan Kediri Service akan mempertemukan Pelanggan dengan Penyedia Jasa yang relevan berdasarkan permintaan tersebut.
  3. Untuk dapat memberikan Pekerjaan Jasa, Penyedia Jasa wajib untuk mengajukan penawaran Pekerjaan Jasa terlebih dahulu melalui Platform dan Kediri Service akan mempertemukan Pelanggan dengan Penyedia Jasa berdasarkan permintaan penawaran Pekerjaan jasa dari Pelanggan.
  4. Kediri Service tidak bertanggung jawab atas segala kesepakatan yang dibuat oleh Pelanggan dan Penyedia Jasa diluar Syarat dan Ketentuan Pemakaian ini dan/atau yang dibuat di luar Platform. Dengan demikian, maka Pelanggan dan Penyedia Jasa dengan ini membebaskan Kediri Service dari tuntutan dan/atau ganti rugi pihak manapun dalam hal pelaksanaan Pekerjaan Jasa tersebut dilakukan berdasarkan kesepakatan yang dibuat di luar Syarat dan Ketentuan Pemakaian ini dan/atau yang dibuat di luar Platform.
  5. Dalam menggunakan Layanan, Kediri Service menganjurkan agar Penyedia Jasa dan Pelanggan melakukan komunikasi melalui sistem pesan yang tersedia pada Platform dan melakukan pembayaran melalui uang tunai demi keamanan. Perlu diingat bahwa Kediri Service memiliki akses kepada sistem pesan dan informasi di dalamnya, dan semua komunikasi yang terjadi dalam sistem pesan tersebut tidak bersifat pribadi dan dirahasiakan, tetapi komunikasi tersebut tidak dapat diakses oleh publik.

Pasal 9

Pelaksanaan Pekerjaan Jasa

Penyedia Jasa wajib untuk melaksanakan sendiri Pekerjaan Jasa dan bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan Pekerjaan Jasa tersebut. Penyedia Jasa dapat menggunakan pihak ketiga untuk melaksanakan Pekerjaan Jasa dengan ketentuan, penggunaan pihak ketiga tersebut hanya untuk sebagian Pekerjaan Jasa yang bersifat mendukung pelaksanaan Pekerjaan Jasa. Dalam hal Penyedia Jasa menggunakan pihak ketiga dalam pelaksanaan Pekerjaan Jasa, maka Penyedia Jasa wajib untuk bertanggung jawab penuh atas segala hasil dari Pekerjaan Jasa yang dilakukan oleh pihak ketiga tersebut.

Pasal 10

Penerimaan Hasil Pekerjaan Jasa

  1. Pelanggan wajib untuk melakukan konfirmasi penerimaan hasil dari Pekerjaan Jasa sesuai dengan tata cara dan jangka waktu yang berlaku di dalam Platform. Dalam hal Pelanggan tidak memberikan konfirmasi penerimaannya sesuai jangka waktu yang ditentukan dalam Platform dan tidak mengajukan komplain dan/atau tidak mengajukan klaim yang berkaitan dengan tidak sesuainya Pekerjaan Jasa yang disepakati, maka Pelanggan dianggap telah memberikan hak dan wewenang kepada Kediri Service untuk melakukan konfirmasi otomatis atas penerimaan hasil Pekerjaan Jasa tersebut melalui sistem dalam Platform. Dengan dilakukannya konfirmasi otomatis tersebut, maka pelanggan dianggap telah menerima hasil Pekerjaan Jasa.
  2. Dengan dilakukannya konfirmasi atau konfirmasi otomatis atas penerimaan hasil Pekerjaan Jasa, Pelanggan setuju bahwa Pelanggan telah menerima hasil Pekerjaan Jasa tersebut dan karenanya segala keadaan yang terjadi setelah dilakukannya konfirmasi atau konfirmasi otomatis tersebut merupakan tanggung jawab dari Pelanggan. Dengan dilakukannya konfirmasi atau konfirmasi otomatis tersebut, Pelanggan dengan ini membebaskan Kediri Service dari segala beban tanggung jawab dan kewajiban apapun terkait dengan Pekerjaan Jasa, dan karenanya membebaskan Kediri Service dari segala tuntutan dan beban ganti rugi atas kerugian yang ditimbulkan karena dilakukannya Pekerjaan Jasa tersebut.
  3. Setelah menerima hasil Pekerjaan Jasa, Pelanggan berhak untuk memberikan Review atas Pekerjaan Jasa tersebut, dan Penyedia Jasa serta Pelanggan dengan ini memberikan hak dan wewenang kepada Kediri Service untuk mempublikasikan dan/atau mengumumkan Review tersebut di dalam Platform.

Pasal 11

Marketing Fee

  1. Penyedia Jasa sepakat bahwa Kediri Service berhak untuk memperoleh Marketing Fee dari Penyedia Jasa dalam setiap kali Penyedia Jasa sukses melakukan Pekerjaan Jasa dengan Layanan tertentu dan menerima pembayaran Harga Jasanya. Besarnya nilai Marketing Fee yaitu 5% dari setiap nilai transaksi.
  2. Pembayaran Marketing Fee dari Penyedia Jasa kepada Kediri Service dilakukan dengan ketentuan, Kediri Service berhak untuk melakukan pemotongan Marketing Fee secara langsung dari setiap pembayaran Harga Jasa yang dilakukan oleh Pelanggan kepada Penyedia Jasa melalui Platform.
  3. Kediri Service berhak, dari waktu ke waktu berdasarkan pertimbangan Kediri Service Sendiri, untuk melakukan perubahan, termasuk penambahan maupun pengurangan, atas ketentuan mengenai Marketing Fee.

Pasal 12

Hak Kekayaan Intelektual

  1. Segala hak kekayaan intelektual yang terdapat dan/atau melekat pada semua perangkat lunak dan konten yang terdapat dalam Platform merupakan milik dari Kediri Service atau pihak terkait yang dilindungi oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengguna berhak untuk menyimpan, mencetak dan menampilkan konten yang terdapat dalam Platform hanya untuk kepentingan Pribadi Pengguna, dan Pengguna dilarang untuk mengakui dan memperbanyak, menerbitkan, mendistribusikan dan/atau mengumumkan dalam bentuk apapun semua konten atau kopi dari konten selain untuk kepentingan Layanan.
  2. Dalam menggunakan Layanan, Pengguna dilarang untuk menggunakan hak kekayaan intelektual milik pihak lain atau yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektual milik pihak lain tanpa izin dari pihak yang bersangkutan, termasuk penggunaan gambar atau foto orang tanpa seizin dari orang tersebut.
  3. Setiap pelanggaran hak kekayaan intelektual yang dilakukan oleh Pengguna dalam menggunakan Layanan merupakan tanggung jawab dari pengguna sendiri, dan Pengguna dengan ini membebaskan Kediri Service dari tuntutan pihak lain manapun yang disebabkan karena pelanggaran hak kekayaan intelektual tersebut.

Pasal 13

Pilihan Hukum

Syarat dan Ketentuan Pemakaian ini dibuat dan harus ditafsirkan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia. Dalam hal terjadi perselisihan atau sengketa yang berhubungan dengan Syarat dan Ketentuan Pemakaian ini, penyelesaiannya wajib dilakukan berdasarkan ketentuan hukum Negara Republik Indonesia.