Beranda Otomotif Kesandung Regulasi Emisi, Suzuki Jimny Jadi Mobil Niaga di Eropa

Kesandung Regulasi Emisi, Suzuki Jimny Jadi Mobil Niaga di Eropa

1
0
Kesandung Regulasi Emisi, Suzuki Jimny Jadi Mobil Niaga di Eropa

Royyan.net – Siapa yang tak tahu dengan Suzuki Jimny? Mobil legenda besutan pabrikan Jepang berlogo S ini menjadi fenomenal di Indonesia. Karena untuk mendapatkan mobil yang masuk dalam segmen SUV ini harus “ngantri” hingga 1 tahun.

Namun berbeda yang terjadi di Inggris, di negara Ratu Elizabeth ini sekarang tak lagi dijual sebagai kendaraan penumpang, tapi beralih segmen sebagai kendaraan komersal alias kendaraan niaga ringan (LCV). Lho, kok bisa seperti itu? Bisa saja, karena menyangkut dengan emisi gas buang yang tak sesuai dengan aturan angka yang sudah ditetapkan otoritas Uni Eropa termasuk Inggris.

Dengan menjadi kendaraan niaga, maka Jimny masih bisa dipasarkan di Inggris. Namun dengan catatan bangku belakang juga harus dilepas agar bobot berkurang sekaligus memperbesar kapasitas bagasi hingga menjadi 863 liter. Hal ini seperti dikutip laman Carscoops.

Interior Suzuki Jimny saat berubah sebagai mobil niaga. (Motor1)

Sebagai informasi kalau otoritas Uni Eropa dan Inggris telah menetapkan standar emisi gas buang yang mulai berlaku pada 2021 nanti, maksimal 95 gram per kilometer. Sedangka emisi CO2 yang dihasilkan Suzuki Jimny saat ini masih sebesar 154 – 170 gram per kilometer.

Ini artinya Suzuki Jimny akan terhapus dari daftar penjualan mobil penumpang Suzuki di Eropa termasuk Inggris, pada tahun 2021 nanti. Meskipun begitu akan muncul versi kendaraan komersial dengan perubahan interior kecil dan tidak ada kursi belakang akan muncul pada 2021 nanti. Karena kendaraan komersial tidak mengacu pada standar emisi yang ada tersebut.

Masalah dapurpacu Suzuki Jimny tak mengalami perubahan, masih menggunakan mesin bensin 1,5 liter yang mampu mengelurakan tenaga 101 hp di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Lalu dilanjutkan ke roda menggunakan transmisi manual lima tingkat percepatan.

Untuk Jimny versi ini memiliki ground clearance sekitar 210 mm, radius putar 4,9 meter dengan sudut 37 dan 49 derajat, serta ramp breakover 28 derajat. Dimensi ukurannya pun masih sama yakni panjang 3.480 milimeter (mm), lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, serta wheelbase 2.250 mm.

Hingga kini Suzuki di Inggris maupun Eropa belum memberikan informasi soal harga. Meski ada perkiraan yang menyebut 15.370 euro. Atau sekitar Rp 273,7 juta (kurs 1 euro = 17.807).

Di Indonesia sendiri Suzuki Jimny hadir dalam empat varian yaitu Jimny MT (Single Tone) Rp382,5 juta, AT (Single Tone) Rp395 juta, MT (Two Tone) Rp385,5 juta, dan Jimny AT (Two Tone) dijual Rp398 juta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini