Beranda Otomotif Kebiasaan Mengemudi yang Bisa Bikin Kopling Cepat Rusak

Kebiasaan Mengemudi yang Bisa Bikin Kopling Cepat Rusak

2
0
Jawapos

Royyan.net – Bagi pemilik mobil manual pastinya sudah tahu apa itu kopling. Ya, satu komponen mobil yang sangat penting untuk mengatur permindahan gigi agar bisa berjalan dengan mulus.

Bila tak ada kopling maka mobil tidak akan bisa berjalan dengan baik. Anda harus tahu kalau kopling sendiri memiliki komponen khusus yang melengkapinya.

Diantaranya kabel kopling, pedal kopling, kampas kopling, matahari, dan druk leher. Bagi Anda pengguna mobil manual, sebaiknya  perhatikan betul kualitas dan memastikan kopling Anda masih berada dalam keadaan baik.

Akan tetapi tak jarang ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang bisa mengakibatkan kopling cepat rusak. Salah satunya adalah menginjak kopling dengan sangat kasar.

Sebenarnya banyak sekali kebiasaan-kebiasaan buruk yang mengakibatkan kopling cepat rusak. Namun kebiasaan buruk paling banyak dilakukan pengendara adalah melepas dan menginjak kopling dengan cara yang sangat kasar. Hal ini sangat sering dilakukan oleh pengemudi mobil manual.

Saat melepaskan pedal kopling transmisi mobil belum berpindah dan terdengar bunyi kasar pada kopling ini mempercepat kerusakan. Oleh karena itu Anda sebagai pengendara harus memperhatikan keselarasan pedal kopling dengan perpindahan transmisi mobil.

Penyebab lain yang bisa menyebabkan kopling mudah rusak adalah terlalu sering menginjak pedal kopling. Menginjak kopling mobil (setengah kopling) di sepanjang perjalanan adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan kopling cepat rusak.

Ini sangat sering terjadi bagi pengemudi yang malas mengangkat kakinya dari pedal kopling ketika sudah tidak diperlukan lagi. Akibatnya, proses aus pada bantalan rilis dan pelat kopling mobil cepat mengalami kerusakan.

Menginjak pedal kopling pada mobil setengah-setengah juga bisa merusak kopling. Karena hal tersebut bisa membuat komponen dalam sistem kopling terurai dengan cepat. Biasanya yang pertama kena imbasnya adalah pelat kopling. Bahkan yang lebih ekstrim lagi kopling bisa tercium bau terbakar.

Sebaiknya kebiasaan di atas Anda hindari sebisa mungkin, jangan lupa perlakukan dan rawatlah kopling mobil Anda dengan baik. Supaya kopling bisa awet dan gak gampang rusak. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini