Beranda Tips Ini Ukuran Foto dan Video Yang Pas Untuk Instagram Agar Terlihat Rapi

Ini Ukuran Foto dan Video Yang Pas Untuk Instagram Agar Terlihat Rapi

1
0
Instagram Grid Ukuran Foto

[ilustrasi: Pixabay]

Royyan.net – Guna menghasilkan feed Instagram yang rapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari tema, preset, resolusi citra, hingga ukuran foto Instagram. Tentunya, seluruh komponen tersebut perlu dipersiapkan dengan tepat untuk setiap unggahan sehingga hasilnya pun memuaskan.

Bicara soal ukuran pada foto Instagram, aplikasi ini telah beberapa kali melakukan perubahan. Awalnya dimulai dari 612 x 612 piksel, resolusi kemudian berubah menjadi 640 x 640 piksel sebelum akhirnya menjadi 1080 x 1080 piksel pada 2015.

Semakin meningkatnya resolusi yang dibutuhkan pun tak lain adalah untuk mengakomodasi layar retina atau layar pada perangkat pendukung seperti tablet, laptop, dan handphone pastinya. Namun, ukuran foto Instagram tak cuma soal resolusi karena rasio citra juga perlu diperhatikan untuk menghasilkan feed yang rapi.

Ukuran Foto Instagram

Seperti yang disebutkan sebelumnya, resolusi terkini yang disarankan sebagai batas ideal adalah 1080 x 1080 piksel. Jika foto yang dimiliki rupanya tak mempunyai resolusi tersebut, setidaknya jangan sampai memilih citra di bawah 320 piksel. Pasalnya, unggahan di bawah 320 piksel justru akan membuat foto jadi pecah sehingga mengurangi kecantikan feed.

Adapun dari segi rasio ukuran, kamu bisa menggunakan dimensi persegi dengan perbandingan 1:1. Ukuran ini pun merupakan ukuran yang sama seperti kali pertama Instagram muncul.

Ukuran Video Instagram

Kalau kamu juga ingin mengabadikan video dalam feed Instagram, maka gunakan resolusi 1080 x 1080 piksel juga dan membuatnya dalam ukuran persegi (rasio 1:1). Sementara itu jika ingin membuat dalam ukuran lainnya (rasio 1,91:1 atau 16:9), maka gunakanlah rasio 1080 x 607 piksel.

Selain dua opsi di atas, masih ada pula pilihan lainya, yakni 1080 x 1.350 piksel untuk rasio 1:5. Ukuran ini cukup ideal pula untuk dilihat baik di handphone maupun komputer, bahkan saat diunduh sekalipun.

Untuk IGTV

Selain video dan foto standar, Instagram juga telah menghadirkan fitur IGTV yang hanya mempunyai format vertikal. Durasi waktu yang diperkenankan pun lebih panjang dibandingkan video standar di feed, yakni 10 menit hingga 60 menit.

Walaupun begitu, kamu tetap bisa memilih untuk membuat IGTV dalam model portrait atau landscape. Jika model portrait, maka siapkan video dengan resolusi 1080 x 1920 piksel dengan rasio 9:16. Jika model landscape, maka siapkan video dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dengan rasio 16:9. Adapun umumnya pengguna Instagram lebih menyukai model landscape untuk IGTV.

Untuk IG Live

Kalau kamu suka melakukan IG live dan ingin menampilkan konten yang lebih rapi, aturlah kualitas resolusi menjadi 720 x 1280 piksel dengan 30 fps. Pengaturan yang pas ini akan membuat gambar yang dihasilkan tidak pecah dan buram sehingga para follower yang mengikuti siaranmu pun jadi lebih puas.

Nah, itulah beberapa panduan tentang ukuran foto Instagram maupun video yang bisa kamu terapkan untuk membuat feed jadi lebih rapi dan menarik. Selamat mencoba!

Baca lebih lanjut seputar gadget di royyan.net

The post Ini Ukuran Foto dan Video Yang Pas Untuk Instagram Agar Terlihat Rapi first appeared on Royyan.net.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini