Beranda Tips Ini Hal Yang Menyebabkan Baterai Handphone Kamu Cepat Boros

Ini Hal Yang Menyebabkan Baterai Handphone Kamu Cepat Boros

1
0
Smartphone Baterai Habis

[ilustrasi Pixabay]

Royyan.net – Sebesar apa pun kapasitas yang diberi oleh pabrikan tetap saja tidak mengurangi keluhan pengguna mengenai borosnya baterai handphone yang digunakan.

Hal ini perlu diperhatikan lebih jauh oleh pengguna handphone itu sendiri. Pasalnya, penyebab baterai HP boros sebenarnya tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran daya yang dimiliki melainkan ada hal lainnya.

Sama halnya dengan barang elektonik lain, usia menjadi salah satu penyebab menurunnya performa baterai. Namun tentu saja, masih ada beberapa penyebab baterai handphone boros yang dipicu oleh kebiasaan pemakaian. Berikut beberapa di antaranya.

Penggunaan Aplikasi Tertentu

Ada beberapa aplikasi yang tanpa kamu sadari mengonsumsi banyak daya sehingga membuat baterai jadi cepat habis. Kamu bisa mencari apa saja aplikasi tersebut melalui fitur pengaturan baterai yang sudah tersedia dan menghapusnya jika memang tak terlalu digunakan.

Selain itu, penyebab baterai boros juga bisa berupa aplikasi yang sudah lawas. Aplikasi yang tidak di-update atau pada versi tebaru umumnya memerlukan kinerja ekstra sehingga menjadi beban penggunaan baterai.

Terlalu Banyak Notifikasi Aplikasi

Notifikasi berbagai aplikasi tanpa disadari dapat memicu seseorang menjadi lebih rentan terhadap stres. Selain itu, yang kerap tak disadari pula, hal ini dapat membuat baterai lebih boros.

Cobalah untuk lebih bijak dalam memilah notifikasi dari aplikasi mana saja yang perlu diaktifkan. Pilihlah beberapa aplikasi yang mendukung produktivitasmu. Selain lebih hemat baterai dan minim stres, notifikasi yang lebih ringkas juga akan membuat tampilan kian rapi, bukan?

Pengaturan Kecerahan Layar

Semakin terang cahaya latar, kebutuhan daya baterai pun semakin besar sehingga berdampak pula pada lebih cepat berkurangnya baterai. Aturlah kecerahan layar pada tingkat yang rendah, tetapi masih cukup nyaman untuk mata. Selain itu, menggunakan wallpaper berwarna gelap juga bisa membuat baterai lebih awet.

Tak lupa, hindari pula mengaktifkan fitur auto brightness. Meski mempermudah kamu untuk menyesuaikan tingkat kecerahan di berbagai situasi, hal ini ternyata juga menjadi penyebab baterai hp boros.

Penggunaan Fitur Kamera yang Sering

Eksistensi fitur kamera pada handphone sudah tak dapat ditinggalkan. Namun yang jarang disadari, terlalu sering mengaktifkan fitur kamera baik untuk mengambil foto maupun video membuat handphone bekerja lebih keras dengan beberapa dukungan fiturnya seperti untuk memfokuskan gambar, merekam suara, dan sebagainya.

Sebagai antisipasi, kamu bisa coba mengaktifkan mode penerbangan jika memang melakukan banyak aktivitas dengan kamera. Dengan begitu, setidaknya beban baterai untuk menemukan sinyal dan mengambil gambar pada waktu bersamaan dapat berkurang.

Membiarkan Baterai Sampai Habis

Jenis baterai Li-ion—yang banyak digunakan pada smartphone saat ini—tidak sebaiknya dibiarkan sampai habis total sebelum kembali diisi dayanya. Lakukan proses charging saat baterai sudah mencapai batas sekitar 20 persen untuk meminimalisir penurunan masa pakai.

Hal ini memang berbeda dibandingkan handphone dengan tipe baterai lebih lawas seperti NiCd atau NiMH yang justru disarankan untuk baru dilakukan proses recharge ketika daya mencapai 0%.

Sementara itu jika kamu akan menyimpan handphone dalam kondisi mati untuk jangka waktu lama, biarkan handphone dalam kondisi baterai di rentang 30 sampai 50 persen untuk jenis Li-ion.

Nah, itulah beberapa penyebab yang membuat baterai handphone kamu lebih cepat boros. Mana yang jadi kebiasaanmu? Yuk, ubah mulai sekarang!

Baca lebih lanjut seputar gadget di royyan.net

The post Ini Hal Yang Menyebabkan Baterai Handphone Kamu Cepat Boros first appeared on Royyan.net.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini