Beranda Tips Ini 6 Fungsi NFC di Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui!

Ini 6 Fungsi NFC di Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui!

1
0
Ini 6 Fungsi NFC di Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui!

[Ilustrasi: Pixabay]

Royyan.net – Smartphone kelas menengah dan atas masa kini rata-rata sudah mulai mengadopsi sensor NFC (Near Field Communication) untuk beragam kebutuhan penggunanya.

Sebenarnya teknologi NFC sendiri sudah dikembangkan sejak lama antara era akhir tahun 1990-an hingga 2000-an. Samsung pun menjadi salah satu pionir kehadiran HP Android dengan teknologi NFC, tepatnya disematkan pada Nexus S di tahun 2010.

NFC sendiri adalah protokol untuk menghubungkan dua perangkat elektronik yang berada dalam jarak sangat dekat, maksimal 4 cm. Hal ini memungkinkan smartphone dapat terhubung dengan smartphone lain yang mempunyai sensor NFC juga.

NFC ini dikembangkan berdasarkan RFID (Radio Frequency Identification) dengan basis antena yang mampu mengizinkan komunikasi dua arah. Sementara antena yang dimiliki NFC sengaja dibuat lebih pendek untuk menghindari bentrokan dengan sinyal operator.

Dengan perkembangan smartphone di tahun 2020, tentunya sebagian orang masih bertanya-tanya apa sih kegunaan dari NFC yang hadir di perangkat kelas menengah maupun atas. Agar kamu tidak bingung, berikut fungsi-fungsi yang ditawarkan oleh NFC.

Mengecek dan Mengisi e-Money

Kini e-money (electronic money) berbentuk kartu sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk beragam transaksi hariannya mulai dari belanja di supermarket, akses jalan tol, Commuter Line (Kereta Listrik), MRT, Trans Jakarta, dan lainnya.

Beberapa bank di Indonesia pun telah mengeluarkan kartu e-money masing-masing untuk menarik banyak pelanggan mulai dari BCA Flazz, Mandiri e-money, BRI BRIZZI, BNI Tap Cash, dan masih banyak lagi.

Dengan hadirnya NFC, pengguna e-money dapat mengecek saldo langsung melalui smartphone. Bahkan pada pengguna juga dapat mengisi saldo secara langsung pada kartu e-money dari beberapa Bank tertentu seperti Mandiri, BRI, BNI, dan BCA.

Biasanya pengisian kartu e-money ini dapat menggunakan melalui aplikasi resmi dari penyedia Bank yang dituju. Namun terdapat juga kartu e-money yang saldonya dapat diisi dengan menggunakan aplikasi e-commerce. Pastinya, pengguna harus mempunyai smartphone yang dibekali dengan sensor NFC agar bisa membaca kartu e-money tersebut.

Pembayaran Digital

Dengan hadirnya NFC, pengguna smartphone dapat melakukan pembayaran digital dengan mudah dan aman. Pengguna dapat menyimpan informasi kartu debit maupun kredit melalui aplikasi Samsung Pay, Apple Pay, Paypal, atau lainnya.

Dengan kata lain, kamu hanya perlu mengaktifkan aplikasi pembayaran digital dan sensor NFC. Selanjutnya, smartphone dapat didekatkan ke mesin pembayaran untuk memulai proses transaksi.

Terakhir, kamu dapat memasukkan PIN atau melakukan tanda tangan di smartphone untuk menyelesaikan pembayaran. Tentunya melakukan pembayaran melalui NFC ini lebih praktis dibandingkan membawa banyak kartu kemana-mana.

Transportasi Umum

Di beberapa negara maju, smartphone dengan NFC dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tiket langsung. Nantinya pengguna cukup mendekatkan smartphone dengan sensor NFC yang terdapat di gate masuk dan keluar stasiun maupun terminal dari angkutan umum yang digunakan.

Menghubungkan Dua Perangkat

NFC dapat digunakan untuk membuat dua perangkat saling bertransfer data. Tidak hanya smartphone, sebenarnya banyak perangkat yang bisa terhubung dengan menggunakan sensor ini. Pengguna dapat menghubungkan smartphone dengan kamera mirrorless atau DSLR, dengan printer, dengan produk audio, dan masih banyak lagi.

Teknologi NFC ini juga memungkinkan dua perangkat dapat terhubung dengan cepat dan tidak perlu repot pairing seperti teknologi Bluetooth.

Kunci Keamanan

Selain banyak berperan dalam pembayaran digital, sensor NFC ini juga dikembangkan untuk kunci keamanan baik itu rumah atau mobil. Nantinya kunci dapat terbuka hanya dengan menempelkan smartphone ke sensor yang ada.

Informasi Produk

Sejumlah produk merek terkenal pun pernah mengembangkan teknologi NFC untuk memudahkan promosi produknya di tempat umum. Misalnya saja sebuah poster yang meminta pengguna untuk menempelkan smartphone pada area tertentu yang mempunyai sensor NFC sehingga akan muncul informasi lengkap mengenai produk yang sedang dipromosikan tersebut.

Melihat dari segala fungsinya, teknologi NFC dapat dikembangkan untuk beragam kebutuhan masyarakat sesuai dengan kreativitas masing-masing. Dengan semakin banyaknya produk yang memanfaatkan NFC, maka tidak menutup kemungkinan teknologi ini kelak akan hadir di seluruh smartphone.

Baca lebih lanjut seputar gadget di royyan.net

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini