Beranda Tips Harus Sering Isi Daya? Ini Cara Menghemat Baterai HP vivo Kamu Agar...

Harus Sering Isi Daya? Ini Cara Menghemat Baterai HP vivo Kamu Agar Lebih Tahan Lama

1
0
Gadgetren

Royyan.net – Sebagai merek asal Tiongkok, kini handphone atau HP vivo sudah sangat populer di Indonesia. Hal ini bisa terjadi berkat spesifikasi hardware dan fitur yang dihadirkan vivo pada perangkatnya bisa dibilang menarik.

Bahkan handphone vivo masa kini sudah memiliki kapasitas baterai yang besar untuk memikat lebih banyak masyarakat Indonesia. Namun sama seperti handphone pada umumnya, masih ada sebagian pengguna handphone vivo merasa daya baterai cepat habis.

Nah untuk itulah saya akan memberikan tips mengenai cara menghemat baterai HP vivo agar dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Cara Menghemat Baterai HP vivo

1. Pengaturan Tingkat Kecerahan

vivo-V20-FunTouch11

Tingkat kecerahan merupakan salah satu faktor yang dapat membuat kamu nyaman dalam melihat konten yang muncul di layar. Misalnya saja pada kondisi minim cahaya atau gelap, pastinya kamu akan mengatur kecerahan ke tingkat yang lebih rendah agar tidak terlalu memusingkan mata.

Begitu juga sebaliknya, pada saat kondisi terang atau cahaya terik biasanya kamu akan mengatur kecerahan ke tingkat yang lebih tinggi agar konten bisa terlihat. Apalagi sekarang handphone vivo sudah dilengkapi dengan fitur auto brightness yang dapat mengatur tingkat kecerahan secara otomatis sesuai dengan kondisi sekitar.

Namun perlu diketahui bahwa fitur auto brightness kerap kali membuat konsumsi daya lebih banyak karena terus mengondisikan handphone vivo agar bisa beradaptasi pada tingkat cahaya di lingkungan tertentu. Untuk itu, ada baiknya kamu mematikan fitur tersebut dan melakukan pengaturan tingkat kecerahan secara manual agar tidak terlalu memakan banyak daya baterai.

2. Pilih Wallpaper Gelap Atau Hitam

vivo-V20-DisplayHalfBottom

Apabila kamu menggunakan handphone vivo dengan layar berjenis AMOLED, sangat disarankan untuk memilih wallpaper yang cenderung gelap atau berwarna hitam. Hal ini bisa dikarenakan layar AMOLED menghadirkan teknologi dimana hanya perlu mengaktifkan lampu latar berwarna saja sementara pada hitam akan mati total.

3. Gunakan Fitur Battery Saver

Handphone vivo masa kini sudah dibekali dengan fitur Battery Saver sehingga memungkinkan kamu dapat menghemat daya baterai dari handphone tersebut dengan maksimal. Apabila fitur ini aktif, maka sistem pada handphone akan secara pintar ]melakukan prioritas untuk aplikasi yang berjalan agar tidak banyak memakan daya.

4. Kurangi Penggunaan Banyak Widget

Handphone vivo menghadirkan banyak widget yang dapat kamu simpan di halaman homescreen. Biasanya widget ini sendiri merupakan shortcut dari suatu aplikasi dengan tampilan yang menarik dan memudahkan pengguna untuk melihatnya. Misalnya widget hari, jam, cuaca, kalender, dan masih banyak lagi.

Namun tanpa kita sadari, ternyata hadirnya banyak widget di halaman homescreen justru membuat daya baterai handphone vivo terkuras lebih banyak. Untuk itu, sebaiknya kamu memprioritaskan untuk memasang widget yang penting saja.

vivo X50 Pro

5. Matikan Fitur yang Tidak Dipakai

Salah satu faktor yang membuat daya baterai handphone vivo atau lainnya cepat habis dikarenakan ada beberapa fitur yang selalu aktif padahal sedang tidak dipakai seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC, maupun GPS. Semua fitur itu akan memakan daya baterai yang cukup besar apabila aktif secara terus menerus.

Contohnya saja Bluetooth yang digunakan untuk transfer data atau tersambung dengan perangkat lain akan tetap menguras daya baterai walaupun dalam kondisi tidak digunakan. Untuk itu, sebaiknya kamu mematikan fitur tersebut apabila sedang tidak menggunakannya.

6. Uninstall Aplikasi Penyedot Daya Baterai

Satu hal lainnya yang membuat baterai cepat habis di handphone vivo adalah kamu memasang aplikasi yang memakan daya baterai cukup banyak seperti Facebook, Instagram, Pokemon Go, Telegram, dan lainnya.

Untuk mengurangi beban tersebut, sebaiknya kamu menghapus atau uninstall aplikasi tersebut dari handphone vivo. Sejatinya aplikasi-aplikasi seperti Facebook, Instagram, Twitter, maupun Telegram masih dapat diakses menggunakan browser ketika dibutuhkan.

Baca lebih lanjut seputar gadget di royyan.net

The post Harus Sering Isi Daya? Ini Cara Menghemat Baterai HP vivo Kamu Agar Lebih Tahan Lama first appeared on Royyan.net.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini