Beranda Otomotif Ferrari Pernah Buat Mobil Hanya dengan Mesin Tiga Silinder

Ferrari Pernah Buat Mobil Hanya dengan Mesin Tiga Silinder

2
0
Ferrari Pernah Buat Mobil Hanya dengan Mesin Tiga Silinder

Royyan.net – Ferrari menjadi salah satu pabrikan otomotif dunia yang terkenal membesut mobil-mobil super dengan performa tinggi. Sebagai mobil dengan performa mumpuni, mesin-mesin yang dihadirkan di balik setiap kap Ferrari tentunya sangat buas dan bertenaga besar. Setidaknya lebih dari enam silinder.

Namun tak banyak yang tahu kalau merek dengan logo kuda jingkrak itu dulu pernah membuat sebuah mesin dan jumlah silinder yang terbilang sedikit. Jika Anda mengetahui atau pernah berkunjung ke Museum Ferrari di Maranello, Italia, Anda mungkin menemukan mesin yang berbeda dari sejarah Ferrari.

Dilansir dari Carscoops, Senin (13/7), Ferrari diketahui pernah membuat sebuah mesin dua langkah atau two stroke tiga silinder 1,3 liter supercharged. Ya, tiga silinder, tidak seperti V8 dan V12 yang dibuat Ferrari secara eksklusif saat ini untuk mobilnya dan ini tak diketahui oleh banyak orang.

Melalui sebuah video dari Drive Tribe, diketahui bahwa Ferrari membangun kembali tiga silinder kompak ini di awal 1990-an sebagai mesin riset untuk mesin enam silinder dua stroke. Mereka saat itu mengira bahwa jika berhasil mengembangkan tiga silinder, pada dasarnya bisa menggabungkan dua bersama-sama untuk membuat dua-stroke supercharged.

Meskipun mesin dua langkah sebagian besar tidak disukai karena ketidakefisienan dan kekuatan mereka yang kecil, Ferrari sedikit berbeda. Ini menggunakan injeksi bahan bakar twin-port dari pada karburator seperti dua stroke normal, serta katup buang dikendalikan oleh camshaft.

Adapun supercharger, itu membantu mengatasi beberapa jebakan dari dua-stroke dengan memompa lebih banyak udara ke dalam silinder. Sambil juga membantu mengeluarkan gas buang dan meningkatkan efisiensi pembakaran. Masih belum jelas mengapa mesin Ferrari ini tidak pernah diproduksi.

Namun diyakini bahwa pada saat itu, tidak ada teknologi yang tepat untuk memastikan mesin seperti itu akan cukup bersih. Itu juga tidak akan memiliki daya yang cukup untuk Ferrari karena, dalam bentuk tiga silinder, dilaporkan hanya menghasilkan 130 hp.

Meski demikian, berangkat dari mesin tersebut, pembuat mobil Italia itu akhirnya mempertimbangkan turbocharging.  Sehingga dapat menghasilkan hingga 216 hp, yang akan berlipat ganda menjadi 432 hp sebagai enam silinder di mobil-mobil selanjutnya.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini