Beranda Review EZVIZ C6N, Kamera Surveilans Rumah Bisa Dilihat dengan Smartphone

EZVIZ C6N, Kamera Surveilans Rumah Bisa Dilihat dengan Smartphone

1
0
EZVIZ C6N, Kamera Surveilans Rumah Bisa Dilihat dengan Smartphone

Royyan.net – Bicara soal perangkat elektronik untuk keamanan rumah dalam hal ini kamera surveilans atau kamera CCTV, memang bukan hal baru. Namun jika kita bicara perangkat kamera keamanan yang pintar, tidak semua bisa melakukannya. Oleh karenanya, kita perlu hati-hati sebelum membeli perangkat kamera keamanan.

Soal kamera CCTV, Royyan.net berkesempatan menjajal salah satu model kamera pengaman terbaru dari Ezviz. Kamera tersebut adalah Ezviz C6N yang dapat menjadi tambahan pilihan yang menarik. Berikut ulasannya.

Desain
Ezviz C6N memiliki desain yang simpel. Hadir dengan warna putih, kamera Ezviz C6N ini memperlihat kesan modern namun minimalis sekaligus futuristik. Hadir dengan bentuk kepala bulat, membuat kamera ini terlihat lebih seperti pajangan rumah, bukan kamera pengawas.

Wujud perangkat kamera CCTV Ezviz C6N. (Rian Alfianto/Royyan.net)

Pada bagian bawah kamera juga unik. Jika pada umumnya kamera CCTV di bagian bawah atau kakinya terdapat semacam tatakan untuk mempermudah proses pemasangan, Ezviz C6N justru tampil berbeda dengan desain bagian bawah yang membulat. Ini jika digabungkan dengan area kepalanya justru tampak seperti bentuk robot berukuran mini, makanya kami sebut futuristik.

Instalasi
Banyak yang berpikir bahwa proses pemasangan kamera surveilans sangat sulit dengan diletakkan di area-area yang susah dijangkau seperti tinggi, sudut tajam atau kemiringan yang ekstrem.

Namun kini, dengan semakin canggih-canggihnya kamera CCTV yang ada di pasaran, termasuk Ezviz C6N, proses pemasangan kamera surveilans jadi semakin mudah. Hal tersebut lantaran faktor bentuknya yang semakin beragam namun tak mencolok sebagai kamera CCTV sehingga tidak perlu dipasang di tempat tersembunyi yang sulit dijangkau.

Untuk instalasi, Ezviz C6N ini memiliki instalasi yang berbeda dengan kamera pengaman lainnya. Tak membutuhkan waktu lama dalam proses pemasangan. Bisa tanpa perlu melihat manual, pengguna sudah bisa langsung menginstall perangkat ini bahkan untuk kaum hawa sekalipun.

Proses memasang dan menggunakan kamera ini juga mudah. Salah satunya di permukaan datar yakni di atas meja. Begitu aktif, kami tinggal menyambungkan perangkat dengan ponsel lewat aplikasi Ezviz.

Hasil kamera surveilans Ezviz C6N yang tampil di layar smartphone dan beberapa fitur yang ada seperti pan and tilt. (Rian Alfianto/Royyan.net)

Perangkat ini dibekali dengan beragam fitur yang cerdas dan modern. Pengguna tidak hanya dapat melihat rekaman video dari perangkat ini, pun bisa melihatnya melalui smartphone. Tidak hanya dari segi fitur, EZVIZ C6N juga tampak mudah di proses instalasi.

Pengguna hanya perlu menyambungkan perangkat EZVIZ C6N ke sumber daya terdekat. Selanjutnya, lampu LED akan berubah warna biru sebagai indikator jika EZVIZ C6N sudah dapat diaktifkan disambungkan dengan smartphone yang sudah menggunakan aplikasi EZVIZ yang dapat diinstall di Google Play Store ataupun Apple App Store.

Namun sebelumnya, Anda harus memindai barcode yang ada di bawah perangkat dengan proses pairing. Setelahnya, kamera pengawas ini bisa langsung digunakan.

Fitur dan Performa
Ezviz C6N berdasarkan pengujian kami hadir dengan fitur dan aplikasi pendukung yang compact dan sangat mudah untuk dioperasikan. Fitur unik yang ada pada kamera surveilans ini antara lain adalah adanya motor penggerak.

Hal menarik dan mungkin jarang terdapat di perangkat kamera pengaman lainnya yaitu motor penggerak yang memungkinkan kameranya bergerak secara pan (gerak atas-bawah) atau tilt (gerak kanan-kiri). Hal tersebut membuat pengguna dapat memantau rumah lebih jelas dan luas dengan fitur tersebut.

Soal fitur, kamera surveilans ini juga dapat bergerak secara pintar berkat adanya fitur Smart Tracking di mana Ezviz C6N akan merespon gerakan yang terjadi sekelilingnya secara otomatis dan selalu mengikuti jika ada gerakan yang tertangkap di kamera (motion detection).

Fitur lainnya yang menarik adalah kemampuan untuk berkomunikasi (two-way-talk). Bisa dibilang, fitur ini adalah ciri khas perangkat EZVIZ. Dengan fitur ini, pengguna dapat saling berkomunikasi dengan anak-anak ataupun orangtua di dalam rumah dalam kondisi darurat dari jarak jauh.

Kemudian ada fitur Sleep Mode. Saat Anda butuh privasi, Anda bisa mengaktifkan fitur unggulan ini melalui smartphone. Sebab, seluruh aktivitas perangkat hanya bisa diaktifkan melalui smartphone yang terhubung dengan aplikasi EZVIZ.

Kualitas rekaman yang ditangkap oleh kamera ini sangat baik, Ezviz C6N mampu menghasilkan video dengan kualitas 1080 piksel atau berkualitas HD. Dalam pengujian, hasil video tampak baik tanpa noise berarti. Sekadar informasi saja, Ezviz C6N hanya memiliki varian 1080 p yang menandakan bahwa perangkat ini cukup spesial.

Bagaimana dengan kualitas rekaman di tempat gelap? Ezviz C6N hadir dengan fungsi Smart IR (Infrared) yang menggunakan pencahayaan Inframerah untuk menangkap lebih detail dalam cahaya redup. Artinya, pengguna dapat menerima video dengan hasil yang baik di kondisi yang terang mupun gelap.

Kesimpulan
Ezviz C6N berdasarkan pengujian kami, perangkat ini cukup bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengamankan kondisi di dalam rumah dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pengguna dapat memonitor dari jarak jauh bahkan berkomunikasi livestreaming menggunakan kamera ini sebagai alternative penggunaan video call dari smartphone.

Kemampuan perangkat ini cukup bisa diandalkan karena utilitas dan kualitas rekamannya. Proses pemasangannya juga mudah dan memiliki kapasitas penyimpanan dengan micro-SD sampai 256 MB.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini