Beranda Otomotif Enam Langkah Mudah Melihat Busi Asli atau Palsu

Enam Langkah Mudah Melihat Busi Asli atau Palsu

4
0
Jawapos

Royyan.net –  Urusan palsu memalsu bukan hal tabu saat ini, banyak berbagai produk dipalsukan hanya untuk mengejar keuntungan belaka. Termasuk diantaranya saat ini banyak beredar busi palsu sepeda motor, yang bisa mengelabuhi konsumen.

Ya, peluang ini didasari dengan makin banyaknya populasi kendaraan roda dua di Indonesia. Tidak sedikit oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat busi palsu.

Pemalsuan busi yang hanya mengejar keuntungan tanpa memikirkan resiko kerusakan motor konsumen yang membelinya. Dalam menghindari pembelian busi palsu, ada beberapa tips agar Anda tidak terkecoh membeli busi palsu.

Pertama ada perbedaan mendasar antara busi asli dan palsu yang bisa dilihat dari kode di busi. Kode tersebut menunjukkan kode produksi yang artinya cuma diketahui oleh produsen pembuat. Pada busi palsu, cetakan kode umumnya tampak tidak rapi.

Kedua perhatikan ulir atau biasa juga disebut drat, pada busi asli lebih rapi dan halus. Anda bisa memperhatikannya ketika memilih busi dan minta penjual untuk memperlihatkan merk busi lain supaya bisa lebih mudah untuk membandingkan.

Langkah ketiga, pada busi ada keramik sebagai isolator. Pada busi palsu keramik tersebut biasanya terlihat terlalu cerah sedangkan sebaliknya pada busi asli warna keramik terlihat sedikit tidak cerah.

Keempat, pada plating metal shell busi asli memakai bahan baja yang kuat dan tidak mudah berkarat, sedangkan busi palsu umumnya mudah berkarat bahkan saat baru Anda buka dari kardusnya sudah terlihat titik-titik karat yang terdapat pada plating metal shell-nya.

Kelima perhatikan pada bagian elektroda busi asli yang berfungsi untuk memercikkan bunga api tampak lebih rapi. Untuk yang palsu penempatan part-nya biasanya kurang presisi dan setiap busi kadang-kadang tidak sama, baik itu gap atau sambungannya.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah gasket (ring) pada busi asli tampak lebih halus dan tidak mudah dilepas walau Anda putar mengikuti alur. Meski nanti akhirnya bisa dilepas akan sangat sulit. Sedangkan busi palsu bentuk gasket umumnya tidak rapi bekas potongannya dan mudah dilepas.

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara membedakan busi palsu dan asli maka jangan terkecoh, sekalipun mendapat tawaran harga murah. Dengan menggunakan busi palsu, bisa jadi performa kendaraan tidak bisa nyaman. Bahkan tak menutup kemungkinan Anda akan mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk berikutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini