Beranda Otomotif Electrovair, Cikal Bakal Mobil Listrik GM Yang Tak Banyak Diketahui

Electrovair, Cikal Bakal Mobil Listrik GM Yang Tak Banyak Diketahui

1
0
Electrovair, Cikal Bakal Mobil Listrik GM Yang Tak Banyak Diketahui

Royyan.net – Banyak merek otomotif dunia saat ini memulai masa depan kendaraan yang serba listrik, tak terkecuali General Motors (GM). Seiring dengan banyak kendaraan listrik sudah mulai hadir di jalanan saat ini, masih tidak banyak yang tahu kalau perjalanan tersebut tidak akan terjadi dalam semalam.

Dengan tren yang mulai berkembang kini, banyak merek otomotif juga pada akhirnya terkuak mereka rupanya sudah mengembangkan mobil listrik puluhan tahun silam. Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka sudah bekerja pada teknologi tersebut saat semuanya masih dianggap mimpi.

GM sendiri telah berkutat menciptakan kendaraan listrik selama lebih dari satu abad. Ada model XP 512E beberapa bulan yang lalu yang terungkap, dan sekarang ada lagi mobil 1964 Electrovair yang tak banyak diketahui orang bahwa mobil tersebut juga merupakan salah satu cikal bakal mobil listrik GM.

Seperti namanya, mobil ini didasarkan pada Corvair yang desainnya sendiri cukup menarik karena bermesin belakang dan berpendingin udara. Dilansir dari Carscoops, Selasa (21/7), Electrovair mengambil langkah lebih jauh karena mesin konvensional digantikan oleh motor listrik 90 hp (67 kW / 91) yang ditenagai oleh baterai perak-seng 450 volt.

Teknologi tersebut merupakan teknologi yang terbilang mutakhir dan modern di era terdahulu. Mobil ini dikembangkan untuk menguji kelayakan kendaraan listrik dan kemampuan baterai, khususnya yang sedang dikembangkan GM saat itu.

Dua tahun kemudian, GM menindaklanjuti dengan Electrovair II, yang membanggakan sejumlah perbaikan. Salah satu yang terbesar adalah motor listrik yang lebih kuat yang mengembangkan 115 hp (85 kW / 117 PS). Ini hampir peningkatan 28 persen dari motor asli dan itu membantu Electrovair II untuk mencapai kecepatan tertinggi 80 mph (129 km / jam).

Itu bukan satu-satunya perubahan, karena model ini menampilkan baterai perak-seng 532 volt yang lebih kuat yang menyediakan jangkauan 40-80 mil (64-129 km).
Beberapa tahun kemudian, teknologi kendaraan listrik GM ditunjukkan kepada dunia ketika Lunar Roving Vehicle mendarat di bulan pada tahun 1971.

GM bermitra dengan Boeing pada proyek tersebut dan tampaknya acara tersebut akan diperingati pada kehadiran GMC Hummer EV. Electrovair sendiri tidak pernah dimaksudkan untuk produksi massal karena teknologinya saat itu tidak memungkinkan untuk melakukan hal itu.

Meski demikian, hal ini dapat dilihat sebagai membuka jalan bagi EV modern GM seperti Chevrolet Bolt dan Cadillac Lyriq yang akan datang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini