Beranda Otomotif Electric Starter Mati Lama Tak Dipakai Belum Tentu Aki yang Soak

Electric Starter Mati Lama Tak Dipakai Belum Tentu Aki yang Soak

2
0
Electric Starter Mati Lama Tak Dipakai Belum Tentu Aki yang Soak

Royyan.net – Keberadaan electric starter sangat memudahkan pengguna tanpa susah payah melakukan kick starter. Saat menghidupkan motor, hanya menekan tombol starter motor akan menyala dan siap dikendarai.

Akan tetapi ada kalanya pengendara merasa kesal bila electric starter ngadat alias tak mau berfungsi. Kebanyakan kita terfokus pada aki yang soak atau mulai aus, namun hal ini tak selalu benar.

Ada beberapa penyebab electric starter tidak berfungsi, aki soak hanyalah satu di antara beberapa komponen lain yang bermasalah.

Bila aki yang soak, bisa disebabkan karena cairan elektrolit sudah menguap, bila menggunakan aki basah. Bila menggunakan aki kering bisa juga memang sudah waktunya untuk melakukan penggantian.

Berikut beberapa komponen yang menyebabkan electric starter tak mau berfungsi dengan normal:

Switch Starter
Ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambung arus listrik. Saat electric starter tidak berfungsi, sebaiknya periksa dulu bila komponen ini benar-benar berfungsi.

Caranya cukup mudah yaitu sambungkan kabel antara switch starter tersebut, bila terdengar bunyi krek-krek-krek itu tandanya switch starter sudah rusak atau kotor dan perlu dibersihkan.

Bendik
Komponen ini berguna untuk memicu aliran listrik dari api yang nanti akan diumpankan ke dynamo starter. Bila bendik mengalami masalah kerusakan, pasti arus listrik tidak akan mampu melewati dynamo starter, dan mesin pasti tak mau menyala.

Cara memastikannya, coba dengarkan jika switch starter ditekan dan bendik tidak merespon/tidak ada suara apapun, maka Anda patut curiga masalahnya pada bendik.

Dynamo Starter
Biasanya kerusakan dynamo starter sangat jarang karena komponen ini tergolong aman. Kerusakan dynamo starter disebabkan karena arang kumparannya (brush) terputus atau gosong karena konslet atau sebab lainnya.

Untuk kerusakan dynamo starter bisa dicek dengan cara, jika bendik bereaksi saat switch starter ditekan (dalam kondisi on), Anda patut curiga kerusakannya di bagian komponen ini.

Nah, bila Anda mengalami maslah dengan electrick starter coba periksa beberapa komponen yang sudah dijelaskan di atas. Jangan sampai Anda asal mengganti komponen padahal tidak rusak, ini bisa sedikit menguras kantong bila tidak tahu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini