Beranda Gadget Dynamic AMOLED 2X Hadirkan Layar Untuk Penikmat Konten Video dan Game

Dynamic AMOLED 2X Hadirkan Layar Untuk Penikmat Konten Video dan Game

3
0
Dynamic AMOLED 2X Hadirkan Layar Untuk Penikmat Konten Video dan Game

Royyan.net – Selain kamera, perang kecanggihan layar dengan tawaran masing-masing fiturnya juga kini lumrah dilakukan par pembuat smartphone. Tak hanya resolusi tinggi, refresh rate cepat dan ketajaman serta akurasi warna sesuai kenyataan juga banyak dicari konsumen.

Soal smartphone dengan teknologi layar mumpuni, yang terbaru ada Samsung Galaxy S20 Ultra. Sebagai smartphone papan atas dengan harga tak murah, teknologi layar yang ditawarkan tentu tak bisa biasa saja bersanding dengan banyak fitur canggih lainnya.

Di sisi layar, S20 Ultra tampil dengan teknologi layar yang disebut sebagai Dynamic AMOLED 2X. Dynamic AMOLED adalah teknologi layar baru yang membawa pandangan Anda ke level ketinggian baru. Awalnya, teknologi layar ini oleh Samsung tersedia di Layar Infinity-O Galaxy S10 dan Layar Infinity Flex Galaxy Fold.

Layar AMOLED generasi berikutnya ini mencakup sertifikasi HDR10 Plus untuk warna dan kontras tingkat bioskop. Aspek tampilan kenyamanan mata dari Dynamic AMOLED mengurangi cahaya biru berbahaya yang dipancarkan dari layar, yang membantu mengurangi ketegangan mata dan membantu mengurangi gangguan tidur jika Anda menggunakan ponsel di malam hari.

Menikmati konten video dengan kualitas grafis tinggi di S20 Ultra. (RianAlfianto/Royyan.net).

Sebelumnya, untuk teknologi layar Dynamic AMOLED pada layar Galaxy Note10, Note10 Plus, S10e, S10, S10 Plus, dan S10 5G juga telah menerima sertifikasi untuk Mobile Color Volume 100 persen dari cakupan DCI-P3 (Digital Cinema Initiatives) dengan rasio kontras 2.000.000: 1 oleh VDE Germany.

Lembaga sertifikasi resmi TUV Rheinland yang diakui secara global juga mengganjar teknologi layar Dynamic AMOLED pada Galaxy Note10, Note10 Plus, S10e, S10, dan S10 Plus dengan menampilkan Eye Comfort Certification berdasarkan kemampuannya untuk secara drastis mengurangi efek berbahaya dari cahaya biru.

Selanjutnya, untuk Dynamic AMOLED 2X, pihak Samsung Indonesia juga pernah memaparkan kalau Dynamic AMOLED 2X memiliki lantensi yang jauh lebih baik dan membuat perangkat memiliki respon yang lebih optimal. Product Marketing Manager Samsung Mobile SEIN Taufiq Furqan pernah mengatakan kalau dengan teknologi Dynamic AMOLED 2X punya sensitivitas sentuhan diklaim dua kali lebih baik dari Galaxy S10. Selain itu membuat pengguna bisa mengatur refresh rate sesuai kebutuhan.

Secara default layar diatur dalam refresh rate 60 Hz dengan resolusi QHD Plus. Tapi pengguna bisa mengubah menjadi 120 Hz di resolusi Full HD Plus.

“Dynamic AMOLED 2X membawa kenaikan refresh rate menjadi 120 Hz. Touch sensitivity menjadi 240 Hz, ini naik dua kali (2X) lipat dari sebelumnya. Response time menjadi 46,6 ms, naik 45 persen dari 83,4 ms di Galaxy S10 ataupun Note 10,” jelas Taufiq belum lama ini saat membeberkan teknologi di balik S20 Series.

Secara terpisah, Royyan.net meminta penjelasan kepada pakar sekaligus pengulas gadget senior Lucky Sebastian. Dalam sebuah kesempatan, Lucky memaparkan bahwa teknologi layar Dynamic AMOLED 2X akan membawa pengguna pada pengalaman layar yang menawarkan tampilan ala bioskop dengan resolusi tinggi, begitu juga untuk bermain game.

“Dynamic AMOLED 2X ini cocok buat pengguna yang menginginkan kualitas tampilan dengan resolusi tinggi dan akurasi warna yang tepat. Misalnya dia datang ke bioskop apa yang dicari? Pengalaman menontonnya kan, kualitas tampilannya. Nah kini kualitas tersebut hadir di smartphone,” ujar Lucky demikian.

Dia lebih jauh menyebut dengan kualitas layar Dynamic AMOLED 2X pada S20 Ultra, perangkat ini cocok untuk penikmat konten video. “Film yang diputar di bioskop saat diputar ulang di TV akan beda feelnya, karena mungkin resolusinya turun. Tapi dengan Dynamic AMOLED 2X, pengalamannya tak akan berubah, malah akan ditingkatkan dengan perangkat keras yang bisa mengenhanced kualitas warnanya,” tandas Lucky.

Refresh rate layar hingga 120 Hz pada Samsung Galaxy S20 Ultra bisa ditemukan dengan mudah. Umumnya, untuk perangkat smartphone, refresh rate setinggi ini biasa ditemukan pada smartphone gaming.

Setting layar hingga refresh rate dan kualitas grafis tertinggi pada S20 Ultra. (RianAlfianto/Royyan.net).

Istilah refresh rate sendiri merujuk pada performa layar untuk menyegarkan (refresh) gambar yang ditampilkan layar. Semakin tinggi refresh rate layar, semakin banyak gambar atau dalam hal ini frame yang dapat diproses per detiknya.

Oleh sebab itu, performa refresh rate suatu layar juga bertalian dengan frame rate suatu konten tak hanya video tapi juga game dan sebagainya. Refresh rate tinggi memungkinkan lebih sedikit jeda atau lag pada tampilan dan layar pun semakin responsif.

Untuk Galaxy S20 Ultra, setelan khusus untuk mengaktifkan dynamic refresh rate dapat ditemukan di menu Settings > Display > Motion smoothness > High refresh rate. Setelahnya, Anda akan mendapati pilihan refresh rate 120 Hz dan 60 Hz.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini