Beranda Otomotif Diumumkan Bakal Disuntik Mati, Ini BMW i8 Terakhir yang Diproduksi

Diumumkan Bakal Disuntik Mati, Ini BMW i8 Terakhir yang Diproduksi

2
0
Diumumkan Bakal Disuntik Mati, Ini BMW i8 Terakhir yang Diproduksi

Royyan.net – Pada Maret lalu, pabrikan mobil mewah kenamaan asal Jerman, BMW, mengumumkan secara resmi bakal menyuntik mati mobil listrik BMW i8. Kabar tersebut berembus setelah BMW global membuat pengumuman resmi bahwa perakitan i8 akan berakhir pada pertengahan April 2020.

Namun, karena pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia, plug-in hybrid sports car BMW i8 yang seharusnya mencapai akhir jalur (assembly) pada April jadi tertunda. Perusahaan harus menekan tombol pause pada operasinya di pabrik Leipzig di Jerman, dan sekarang setelah beroperasi kembali, i8 terakhir yang diproduksi akhirnya benar-benar muncul.

Mobil tersebut jelas menjadi mobil i8 edisi terakhir yang diproduksi BMW setelah sebelumnya diumumkan bakal disuntik mati. Mobil BMW i8 generasi terakhir itu hadir dengan kelir warna biru yang disebut sebagai Portimao Blue.

BMW i8 generasi terakhir yang meluncur dari pabrik BMW di Jerman setelah resmi diumumkan disuntik mati. (BMW)

Menurut BMWBlog, dikutip Royyan.net via Motor1, Rabu (17/6), mobil edisi terakhir itu merupakan satu-satunya unit BMW i8 yang pernah dibuat dari pabrik tersebut. Mesin berlistrik BMW i8 dibangun selama sekitar enam tahun. Sebanyak 20.500 mobil telah meluncur dari jalur perakitan.

Kendati bukan merupakan kesuksesan komersial yang besar, duet coupe dan roadster yang beraliran listrik berada di garis depan dari kemajuan teknologi perusahaan. BMW i8 tidak diragukan lagi merupakan produk dengan teknologi tinggi yang pernah dibesut BMW. Meski pengganti i8 langsung tidak diumumkan secara resmi oleh BMW, namun diyakini bahwa berhenti diproduksinya i8 adalah salah satu upaya BMW mempersiapkan mobil dengan teknologi yang lebih tinggi lagi di kemudian hari.

BMW dalam beberapa waktu ke depan diketahui memiliki rencana untuk memiliki setidaknya 25 model berlistrik yang dijual pada pertengahan dekade ini, dengan minimal 12 unit di antaranya mulai menjauhi mesin pembakaran internal. Pertama meluncurkan iX3 sebagai nol-emisi X3, dengan iNext pada 2021 sebagai portofolio EV BMW.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini