Beranda Otomotif Cek Kualitas Cat Mobil, Ford Gunakan Kotoran Burung Buatan

Cek Kualitas Cat Mobil, Ford Gunakan Kotoran Burung Buatan

2
0
Cek Kualitas Cat Mobil, Ford Gunakan Kotoran Burung Buatan

Royyan.net – Selain cuaca, iklim dan kondisi lingkungan serta gaya berkendara, keawetan cat mobil juga dipengaruhi faktor lain seperti getah atau kotoran hewan. Umumnya, kotoran hewan yang paling sering menempel di cat mobil adalah kotoran burung.

Sering dianggap remeh, kotoran burung yang melekat pada mobil rupanya juga memiliki dampak negatif. Jangka panjang, kotoran burung dapat membuat kualitas cat mobil menurun dan menjadi kusam bahkan mengelupas.

Masalah ini yang tampaknya coba diatasi Ford. Perusahaan otomotif Amerika Serikat (AS) itu dikabarkan menciptakan kotoran burung artificial atau buatan untuk keperluan riset.

Ford dan para pembuat mobil lainnya telah menggunakan kotoran burung buatan untuk menguji cat bereaksi terhadapnya dalam skenario yang berbeda. Ford membuat beberapa jenis kotoran karena komposisi bervariasi dari satu negara ke negara lain. Itu karena tergantung apa yang dimakan burung dan mempengaruhi komposisi kotoran yang dihasilkan.

Dalam video yang dibagikannya, Ford menjelaskannya dengan detail. “Menggunakan kotoran burung buatan, yang dapat mereplikasi keasaman kotoran dari berbagai burung di Eropa, teknisi cat kami memastikan lapisan pelindung pada kendaraan kami dapat menahan kotoran burung dalam jumlah berapa pun,” ujar Ford.

Kotoran burung sebenarnya adalah campuran yang merupakan bagian dari asam urat. Ini adalah yang pertama yang membuktikan tantangan nyata bagi cat mobil. Kini, sangat penting untuk berhati-hati saat memarkirkan mobil.

Sebaikya mobil diparkir dalam ruangan yang teduh dan tertutup. Parkir dalam ruangan akan menjadi solusi yang ideal. Tetapi mereka yang tidak memiliki opsi ini harus mencari tanda-tanda bahwa mobil jauh dari pohon yang terdapat banyak burung.

Tim insinyur cat sedang mempelajari bagaimana kotoran buatan mempengaruhi cat dengan mensimulasikan berbagai skenario. Sebagian besar riset melibatkan berbagai tingkat suhu panas.

Sebaiknya juga kotoran burung yang melekat di mobil harus segera dibersihkan. “Adalah bijaksana untuk membersihkan kotoran burung sebelum terlalu lama di permukaan cat mobil. Kami juga melakukan untuk menjaga cat mobil pelanggan terlindungi,” jelas Andre Thierig, manajer teknik cat untuk Ford Eropa

Pada dasarnya ketika mobil terdapat kotoran burung, segera bersihkan dengan menggunakan air hangat dan sampo yang netral-pH. Seperti yang dikatakan Thierig, jangan tinggalkan kotoran sampai mengering di mobil. Hal itu akan lebih sulit untuk dihilangkan.

~

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini