Beranda Otomotif Cara Praktis Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Cara Praktis Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

5
0
Cara Praktis Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Royyan.net – Salah satu komponen pendukung keselamatan pada kendaraan adalah lampu, bila kondisinya buram akan mengganggu jarak pandang. Lampu menjadi bagian cukup penting, khususnya saat berkendara di malam hari maupun dalam kondisi cuaca hujan.

Kondisi mika lampu mobil yang buram akan membuat lampu mobil tidak dapat berfungsi secara maksimal. Buramnya lampu bisa disebabkan beberapa hal seperti penggunaan lampu dengan tegangan listrik yang terlalu besar. Bisa juga sering memarkir di bawah terik matahari, serta jarang melakukan perawatan pada mika lampu.

Nah, bila ini terjadi pada mobil Anda, ada trik dan tips untuk membersihkan mika lampu mobil sendiri dirumah. Namun sebelumnya diperlukan beberapa alat pendukung untuk membersihkannya diantaranya amplas kertas, pasta gigi berwarna putih, kompon merah dan putih untuk memoles cat, sampo khusus mobil, Wax mobil serta kain yang berbahan halus.

Setelah Anda menyiapkan semua bahan yang diperlukan, berikut tahapan untuk membersihkannya:

Langkah pertama, agar memudahkan pengerjaan sebaiknya Anda melepas mika lampu mobil yang akan dibersihkan. Jika tidak dilepaskan, maka lindungi badan mobil khususnya pada sekitar bagian mika lampu mobil yang akan dibersihkan dengan menggunakan masking tape.

Lalu gosok mika lampu dengan menggunakan amplas yang sudah dicelupkan pada air dan sampo mobil. Anda bisa menggosok secara perlahan hingga rata dan kemudian bilas menggunakan air bersih yang dikeringkan dengan lap kering atau lap kanebo.

Langkah kedua, poleskan pasta gigi pada mika lampu dan gosok secara merata dengan arah memutar menggunakan kain yang memiliki tekstur lembut. Campurkan kompon merah dan putih dan oleskan pada permukaan lampu dan gosok dengan kain halus secara perlahan. Sebagai informasi, kompon memiliki fungsi untuk mencegah rusaknya coating di mika lampu.

Jangan lupa gunakan cairan khusus untuk membantu menjaga agar mika lampu tetap awet. Anda tetap bisa melakukannya di waktu luang karena bahan dan alat yang digunakan pun mudah ditemukan. (Ilustrasi)

Langkah terakhir, lapiskan mika lampu mobil dengan wax mobil yang mengandung zat untuk mengilapkan mobil. Lapisi lampu mobil dengan wax secara merata, lalu lap dengan gerakan memutar hingga benar-benar bersih.

Cara membersihkan mika lampu mobil memang cukup mudah namun, apakah Anda mengetahui cara merawat mika lampu mobil agar tidak cepat buram? Sebaiknya parkir di tempat yang teduh agar mika lampu mobil tidak cepat berubah warna. Gunakan cairan anti sinar UV atau Wax yang berfungsi untuk melindungi mika lampu.

Selain itu gunakan lampu sesuai dengan spesifikasi mobil dan hindari penggunaan lampu yang memiliki watt terlalu besar agar tidak merusak mika lampu mobil. Lalu cucilah mika lampu setelah terkena hujan untuk membersihkannya, jangan lupa gunakan cairan khusus untuk membantu menjaga agar mika lampu tetap awet. Anda tetap bisa melakukannya di waktu luang karena bahan dan alat yang digunakan pun mudah ditemukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini